BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Mobil Listrik Mungil Wuling versi Indonesia Diperkenalkan, Pre-Launch Wuling EV

Mobil Listrik Wuling versi Indonesia resmi diperkenalkan - 1 Juni 2022

Share

CaruserMagz.comMobil Listrik Mungil Wuling Indonesia – Rabu, 1 Juni 2022, Wuling Indonesia menggelar pre-launch Wuling EV dengan tajuk “Electrify Your World: Shaping the new era of EV” bertempat di Laguna Atrium, Central Park Mall, Jakarta.

Ini adalah event bersejarah bagi Wuling, karena merupakan seremoni pengenalan wujud sebenarnya dari mobil listrik mungil Wuling versi Indonesia.

Namun ini bukanlah peluncuran resmi, melainkan pengenal wujud eksteriornya saja, tanpa pengumuman resmi lebih lanjut mengenai spesifikasi dan harga kendaraan listrik mungil tersebut.

Sesuai pengenalan pada event-event otomotif sebelumnya, Wuling Mini EV versi Indonesia ini menggunakan platform GSEV sebagaimana versi China-nya.

Flatform tersebut memungkinkan struktur modular untuk baterainya, sehingga baterai tersebut dikabarkan memiliki kapasitas yang bisa ditambah atau dikurangi, untuk disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Pihak Wuling mengabarkan bahwa mobil mungil ini akan memiliki jarak tempuh bervariasi, yaitu dari 200 hingga 300-an km, sesuai kapasitas baterainya.

Pre-launch Wuling EV Indonesia - 1 Juni 2022
Pre-launch Wuling EV Indonesia – 1 Juni 2022

Sesuai janjinya, mobil listrik ini akan diproduksi di Indonesia, yakni di fasilitas perakitan Wuling di Cikarang, Jawa Barat. Jadi ini adalah mobil listrik kedua yang diproduksi di dalam negeri setelah Hyundai Ioniq 5.

Sementara kita akan datangkan secara CKD dan secara bertahap akan kami tambah kandungan lokalnya,” kata Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, saat pengenalan Wuling EV ini.

Beberapa hal yang disampaikan pihak Wuling Indonesia pada peluncuran ini adalah bahwa Desain Wuling EV ini diberi judul “Future Tech“, yaitu untuk menghadirkan wujud mobil masa depan di masa kini.

Menurut Li Mu, SGMW Exterior Design Manager, Inspirasi desain dari mobil listrik mungil ini adalah bentuk Kacamata Visual Reality (VR), yang terlihat saat dilihat dari depan. Nuansa futuristis ditampilkan pada LED horizontal dan Logo Wuling dengan iluminating LED.

Mobil Listrik Mungil Wuling EV Indonesia - Tampilan Eksterior
Mobil Listrik Mungil Wuling EV Indonesia – Tampilan Eksterior

Tampilan techy diusahakan dengan warna eksterior dual-tone minimalis, dengan atap dan pilar hitam. Lampu depan dan belakang yang serba LED juga terlihat modern dengan bentuk parallel-steps.

Kaca samping belakang dibuat unik dengan posisi memanjang vertikal yang disebut aero craft cabin window. Posisi tersebut tentu akan memberi visibilitas yang baik untuk penumpang belakang.

Tampilan eksterior ini disebut Versatile Compact Design atau desain kompak yang serbaguna. Mobil ini diklaim akan sesuai untuk menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat dengan gaya hidup dinamis, modern, aktif serta mengutamakan kepraktisan dan fungsional.

Dalam acara pengenalan ini, Wuling Indonesia juga mengumumkan bahwa Wuling EV telah resmi menjadi Official Car Partner pada konferensi ekonomi tingkat tinggi G20 yang akan berlangsung November 2022 mendatang di Bali.

Wuling EV dipajang di Mall saat Pre-Launch berlangsung
Wuling EV dipajang di Mall saat Pre-Launch berlangsung

Bocoran Informasi dari Influencer Otomotif

Meskipun belum ada pengumuman resmi mengenai harga EV mungil ini, beberapa informasi dari influencer otomotif yang mengaku mendapat bocoran dari para wiraniaga Wuling. Mereka mengabarkan bahwa Wuling EV akan berbanderol sekitar Rp 275 – 320 jutaan.

Bocoran informasi tersebut juga mengabarkan spesifikasi powertrain mobil listrik mungil yang akan bernama “Wuling Air EV” ini, yaitu sebagai berikut:

  • Tipe 200 km (275 jutaan rupiah): Motor listrik tenaga 41 PS, kapasitas baterai 17,3 kWh, jarak tempuh 200 km.
  • Tipe 300 km (320 jutaan rupiah): Motor listrik tenaga 68 PS, kapasitas baterai 26,7 kWh, jarak tempuh 300 km.

Varian tertinggi dari EV ini dikabarkan akan dilengkapi fitur ADAS, Voice Command, wireless charger dan beberapa fitur kekinian lainnya.

Untuk pilihan warna, informasi yang terungkap adalah akan ada 5 pilihan warna eksterior, yaitu putih, kuning, hijau, biru dan pink.

Pilihan Warna Wuling Air EV Indonesia
Pilihan Warna Wuling Air EV Indonesia

Jika informasi tersebut benar, bagaimana menurut Sobat Car Users, apakah harga Rp 275-320 jutaan tergolong mahal? Sebagai bandingan, harga itu sudah bisa membeli Toyota Raize, Avanza, Veloz, Suzuki Ertiga, atau Mitsubishi Expander hingga varian tertingginya.

Sampaikan pendapat Sobat pada kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)