Beda Hyundai Staria 9-Seater vs 7-Seater, Komparasi Tipe Signature 9 vs 7

Hyundai Staria debut global di 5 negara

CaruserMagz.comBeda Hyundai Staria 9-Seater vs 7-Seater – Bagi Sobat yang sudah sangat berminat membeli Hyundai Staria, ada dua pilihan varian yang disediakan Hyundai Indonesia, yaitu Staria Signature 9 dan Staria Signature 7 yang terpaut selisih harga hingga Rp 132 juta, dimana Staria berkursi 7 lebih mahal.

Bagi keluarga Indonesia yang guyub, tentu MPV mewah dengan kapasitas penumpang lebih banyak akan lebih menarik, namun mengapa justru tipe 7-seater yang lebih mahal?

Tentu ada konsekuensi beda fitur dan kelengkapan tertentu dari perbedaan harga hingga lebih dari Rp 100 jutaan tersebut. Lalu apa saja perbedaan Staria 9-Seater vs 7-Seater ini? Simak artikel ini hingga selesai.

Mobil Mewah 7 Seater super lega
Hyundai Staria Premium 7 Seater

Berikut kami detailkan pada poin apa saja Hyundai Staria Signature 7 lebih unggul dari tipe Signature 9:

Beda Harga Hyundai Staria 9-Seater vs 7-Seater

Pada Staria generasi pertama yang diluncurkan pada Agustus 2021 ini, Hyundai Staria 7-Seater dibanderol Rp 888 juta dan yang 9-Seater seharga Rp 1,02 Miliar OTR DKI Jakarta. Jadi ada selisih sebesar Rp 132 juta untuk perbedaan fitur dan kelengkapannya.

Perbedaan Fitur-fitur

Pengaturan Kursi Baris Kedua

Staria Signature 7 memiliki 2nd-row Premium Relaxation Seats dengan 8 arah mode pengaturan (sliding dan seatback angle) serta Leg Support. Sedangkan Signature 9 memiliki kursi baris kedua independen yang bisa diputar dengan penyesuaian 4 arah (geser dan sandaran tempat duduk) tanpa support kaki.

Hyundai Staria - 9 Seater Luxury MPV
Hyundai Staria – 9 Seater Luxury MPV

Beda Audio System

Staria Signature 7 dilengkapi sistem audio premium dengan merek BOSE dengan total 12-speaker, sedangkan pada Staria Signature 9, dilengkapi 6-speaker audio system standar. Bagi Anda yang tidak terlalu mementingkan kualitas suara audio, tentu perangkat audio standar Hyundai tidak jelek-jelek amat.

USB Port

Dlam hal ini, Staria Signature 9 unggul dengan 7 USB Port di kabinnya, sedangkan Signature 7 hanya memiliki 5 port untuk mengecas gadget.

Ventilated Seat with Heater

Pada Staria Signature 7, kursi dengan pendingin dan heater adalah kursi di baris pertama dan kedua, sedangkan di Staria Signature 9, hanya untuk kursi baris pertama.

Interior MPV mewah - Canggih dan Mewah
Interior Hyundai Staria – Canggih dan Mewah

Fitur Keselamatan

Hyundai Staria Signature 7 sebagai tipe flagship memiliki beberapa fitur keselamatan canggih yang tidak dimiliki oleh Staria Signature 9, yaitu antara lain:

  • High Beam Assist (HBA)
  • Forward Collision-avoidance Assist (FCA)
  • Lane Keeping Assist (LKA) & Lane Following Assist (LFA)
  • Driver Attention Warning (DAW) dengan Leading Vehicle Departure Alert Function
  • Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA) – termasuk warning system
  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA) – termasuk warning system
  • Safe Exit Assist (SEA) – termasuk warning system

Sedangkan pada Staria Signature 9, beberapa fitur keselamatannya hanyalah sistem warning saja, bukan assist yang bisa membantu pengemudi agar memberi respon lebih presisi untuk keselamatan, yaitu antara lain sebagai berikut:

  • Blind-spot Collision-avoidance Warning
  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Warning
  • Safe Exit Warning

Kepraktisan

Dengan total 4 baris kursi pada Staria Signature 9, tentu ada keterbatasan tentang kelegaan ruang kaki dan kapasitas bagasi. Namun dengan panjang total Hyundai Staria yang lebih dari 5 meter, tipe Signature 9 pun sudah tergolong lega di tiap barisnya.

Pada Staria Signature 7 ada flesibilitas lebih banyak untuk menggeser kursi baris terakhir lebih maju ke depan untuk memaksimalkan bagasi. Juga kursi baris kedua bisa mundur maksimal untuk ruang kaki yang lebih berlimpah.

Baca Juga:

Jadi, tidak ada perbedaan yang tampak jelas antara tipe 9-seater dan 7-seater dari Hyundai Staria ketika mobil ini dilihat dari luar. Perbedaan hanya terasa di kabin dan rasa mengendarainya oleh pengemudi, terkait fitur-fitur bantuan mengemudi.

So.. bagi teman-teman yang sedang mempertimbangkan memboyong Hyundai Staria, semoga artikel ini membantu Sobat dalam membuat keputusan, apakah akan mengambil yang 9 atau 7 penumpang.

Jika Sobat adalah orang yang suka menikmati mengemudi dan suka membawa banyak kerabat dalam perjalanan, maka Staria Signature 9 adalah pilihan yang tepat. Kami kira untuk tujuan kapasitas penumpang inilah MPV besar dibuat.

Namun jika Sobat adalah seorang eksekutif yang perlu tetap berkonsentrasi pada pekerjaan walau dalam perjalanan, namun memerlukan ruang kabin yang sangat lapang agar terkadang bisa beristirahat dengan nyaman di perjalanan, sehingga lebih banyak duduk di baris kedua, maka Staria Signature 7 adalah pilihan yang tepat.

Tulis Komentar