MG HS Indonesia Tampak Belakang

MG HS Indonesia Disebut Tantang Honda CR-V dan Mazda CX-5, Oou..Really?

Berita MG SUV

CaruserMagz.com – MG HS Indonesia Diluncurkan hari ini, Kamis 13 Agustus 2020 secara virtual. Sebenarnya peluncuran tersebut lebih cocok disebut pengumuman harga resmi, karena jauh hari sebelumnya spesifikasi SUV kedua dari pabrikan asal Inggris tersebut di Indonesia telah diungkap ke media.

MG HS disebut sebagai medium SUV yang berada pada segmen lebih tinggi dari MG ZS yang lebih dulu diluncurkan pada 19 Maret 2020 lalu. HS adalah SUV berkapasitas 5-Penumpang yang banyak disebut akan bersaing dengan Honda CR-V 2.0, Wuling Almaz, Mazda CX-5 dan sederetan SUV mewah 5-seater lainnya.

HS disediakan dalam 2 varian yang terpaut jauh selisih harganya, yaitu tipe Excite sebagai tipe standar dengan harga Rp 369,8 juta dan tipe Ignite dengan harga Rp 429,8 juta. Artinya ada selisih Rp 60 juta yang cukup signifikan.

MG HS Indonesia Diluncurkan
MG HS Indonesia Diluncurkan

Secara dimensi, MG HS memang lebih besar dari MG ZS. Ia Lebih panjang 26 cm, lebih lebar 2,6 cm dan lebih tinggi 4 cm. Dimensi MG HS adalah panjang 4.574 mm, lebar 1.876 mm, dan tinggi 1.664 mm dengan jarak sumbu roda 2.720 mm. Sementara ZS  4.314 mm x 1.809 mm x 1.624 mm.

Untuk dapurpacu, MG HS dibelaki mesin 1,5-liter (1.490 cc) DOHC Turbo 4-silinder, dengan output tenaga hingga 162 ps dan torsi 250 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda dengan transmisi 7-percepatan Dual Clutch Sportronic Transmission (TST).

MG HS Interior Dashboard
MG HS Interior Dashboard

Hal-hal yang jadi andalan dari MG HS ini antara lain fitur panoramic sun-roof, mode berkendara super-sport, pintu bagasi elektrik, aura sporty di interior, rem cakram di 4-roda, 6-airbag dan berbagai fitur keselamatan terkini seperti rem ABS-EBD-BA, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Traction Control, Tire Pressure Monitoring, Cruise Control, dan lain sebagainya.

Secara level harga dan kapasitas penumpang, MG HS akan berhadapan langsung dengan Wuling Almaz, Honda HR-V, DFSK Glory i-Auto, Toyota Corolla Cross. Namun kami kira MG HS lebih harus bersaing dengan sesama mobil asal Tiongkok, seperti Almaz dan serial SUV dari DFSK, seperti Glory 580, 560 dan i-Auto. Mengingat brand MG belum dikenal luas di Indonesia juga karena jaringan dealer yang masih terlalu minim untuk menantang mobil Jepang.

Namun secara harga kompetitor dari negeri Tirai Bambu sebenarnya lebih menarik, karena Wuling dan DFSK menawarkan fitur-fitur canggih yang sangat menggoda, semisal voice command, desain yang menawan, juga kualitas yang bisa diacungi 2 jempol, namun punya rentang harga Rp 250 hingga 360 jutaan saja, sedangkan MG HS tipe tertinggi telah melewati angka Rp 400 juta.

Hingga Agustus 2020, MG baru memiliki 7 dealer resmi di Indonesia. Dikabarkan brand Inggris tersebut berencana menambah jaringan penjualannya menjadi 25 dealer hingga akhir tahun 2020 ini. Sama dengan ZS, MG HS di Indonesia berstatus CBU Thailand, kemungkinan itulah yang menyebabkannya sulit menyamai level harga SUV Wuling dan DFSK yang sudah diproduksi di Indonesia.

Baca: MG ZS Facelift Tampil Lebih Menarik, Lebih Baik Tunggu Model Ini

Sebagai informasi, Morris Garage (MG) adalah pabrikan legendaris asal Inggris yang kini dimiliki group asal Tiongkok, yaitu raksasa otomotif SAIC yang juga menaungi Wuling. Jadi sebenarnya MG di Indonesia merupakan keluarga dekat dari Wuling. Walau membawa nama besar dari Inggris dan diklaim tetap mempertahankan keinggrisannya, namun model-model MG terkini lebih berkarakter mobil China dibanding mobil Eropa.

Jadi, jika disebut akan menantang Honda CR-V, Mazda CX-5, Toyota Corolla Cross, Mitsubishi Eclipse Cross, apalagi CR-V Turbo, Nissan X-Trail, Hyundai Tucson, Hyundai Santa Fe dan sederetan SUV premium lainnya, kami kira itu terlalu berlebihan. Karena secara tampilan, MG HS tidak memberikan keunikan tersendiri, tampilannya terlalu biasa dan tidak memiliki faktor WOW. Di interior mungkin ada aura sporty, namun Corolla Cross, Toyota C-HR, Mazda CX-30 juga Wuling Almaz kami kira tidak kalah menarik.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar