BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

All New Daihatsu Ayla 2023 Resmi Diluncurkan, Simak Apa Saja Perubahannya!

All New Daihatsu Ayla 2023 Generasi Baru

Share

CaruserMagz.com – All New Astra Daihatsu Ayla 2023 Generasi-2 resmi diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada Rabu, 15 Februari 2023, bertempat di Senayan, Jakarta. Sebelumnya, kembaran LCGC ini telah lebih dulu diluncurkan sebagai Debut Global Toyota All New Agya.

Peluncuran Daihatsu Ayla 2023 ini dihadiri oleh Sunao Matsubayashi, Chairman Daihatsu Motor Company yang datang langsung dari Jepang.

Hadir juga para petinggi PT ADM seperti Yasushi Kyoda selaku President Director, Toshihiro Nakaho selaku Chief Executive Engineer, Supranoto selaku Chief Executive Sales Operation, Indra Setiawan selaku Public Relation Department Head, dan Sri Agung Handayani selaku Marketing Director.

Para Petinggi PT Astra Daihatsu Motor
Para Petinggi PT Astra Daihatsu Motor di peluncuran Ayla Gen-2 2023

“Kami dengan bangga mempersembahkan LCGC Hatchback terbaru kami, All New Astra Daihatsu Ayla. Model terbaru yang berubah total, dengan mesin dan transmisi baru. Siap menjadi Exciting Entry Hatchback yang cocok untuk konsumen Indonesia,” buka Kyoda pada sambutannya.

Sebagaimana All New Agya, versi terbaru dari Ayla ini juga disebut-sebut sebagai ‘Mobil Nasional’ oleh para petinggi PT ADM.

“Mobil (Ayla) tersebut orisinal buatan Indonesia. Jadi produknya buah kerja keras para insinyur di sini tanpa bantuan (design center) dari Jepang,” kata Yasuhi Kyoda, President Director PT ADM.

Kyoda juga memaparkan bahwa sejak kehadirannya di 2013 silam, Ayla telah terjual sebanyak 268 ribuan unit di Indonesia hingga akhir tahun 2022.

LCGC 2023 - Tampak Belakang
All New Astra Daihatsu Ayla 2023 – Tampak Belakang

Detail Perubahan All New Daihatsu Ayla 2023

Secara teknis, perubahan pada Ayla generasi kedua ini dijelaskan oleh Toshihiro Nakaho selaku Chief Executive Engineer PT ADM. Nakaho-san mengatakan bahwa konsep styling Ayla ini adalah ‘Powerfull and Agressive“. Sedangkan konsep interiornya adalah Cockpit Driving yang disebut ‘Human Centered Design‘.

Perubahan desain eksterior Ayla membuat tampilannya jadi lebih dewasa dan elegan. Sehingga berkesan sebuah hatchback yang lebih proper, seolah mobil segmen-B.

All New Astra Daihatsu Ayla 2023 - Generasi ke-2
All New Astra Daihatsu Ayla 2023 – Generasi ke-2

Dari sosok Ayla 2023 yang dipajang di peluncurannya, terlihat bahwa wajah LCGC Daihatsu itu sama persis dengan milik Perodua All New Axia yang telah lebih dulu meluncur di Malaysia.

Secara subjektif kami menilai bahwa desain wajah Ayla ini terlihat lebih rapi dan elegan dibanding saudara kembarnya, All New Agya. Sehingga Ayla lebih sedap dipandang dan lebih sedikit kesan murahnya.

Body yang lebih panjang dan lebih lebar dihasilkan dari perubahan platform ke DNGA. Platform baru itu memungkinan peningkatan signifikan pada level kenyamanan dan performa. Dimensi Ayla 2023 ini adalah Panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm, dan wheelbase 2.525 mm.

Mesin Lebih Bertenaga dan Transmisi D-CVT

Peningkatan lainnya adalah pada sisi dapurpacu. Kini Ayla menggunakan mesin yang sama dengan Daihatsu Rocky, yaitu mesin 1.2L WA-VE 3-silinder Dual VVT-i. Mesin tersebut bertenaga 87 hp dan torsi 113 Nm.

Data Spesifikasi Ayla 2023 All New
Data Spesifikasi Daihatsu Ayla 2023 All New – Sumber gambar: GridOto Channel

Tenaga dari mesin barunya disalurkan ke roda depan melalui transmisi Dual-CVT. Perpaduan mesin, transmisi dan platform baru pada All New Ayla tersebut diklaim membuahkan peningkatan signifikan. Antara lain pada efisiensi bahan bakar yang 10% lebih irit, dan kemampuan berakselerasi 15% lebih cepat.

Fitur dan harga belum diungkap dengan jelas oleh pihak ADM. Sri Agung Handayani selaku Marketing Director mengatakan bahwa hal itu akan diungkap dalam waktu dekat, saat mobil ini sudah bisa dipesan oleh konsumen.

Banyak media memperkirakan bahwa kemungkinan pengungkapan harga dan fitur detail All New Ayla ini, akan dilakukan pada event IIMS 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)