Tak Sukses Jualan BBM, TOTAL Tutup Bisnis SPBU di Indonesia

CaruserMagz.comTotal Tutup Bisnis SPBU di Indonesia – PT Total Oil Indonesia dikabarkan telah menutup Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atau pom bensinnya di Indonesia. Dengan demikian, Total tidak lagi menjual bbm secara retail pada konsumen Indonesia.

PT Total Oil mulai memasuki bisnis SPBU di Indonesia ini belum lama, baru sekitar setahun sejak dimulai pada 2020 lalu. Terhitung perusahaan global tersebut memiliki 18 SPBU yang tersebar di Jabotabek dan Bandung.

PT Total Oil Indonesia memutuskan untuk melepaskan bisnis retail fuel kami di Indonesia, itu artinya seluruh SPBU atau pom bensin Total di Indonesia yang berada di Bandung dan Jabodetabek sudah tidak beroperasi,” kata Magna Naibaho, Marketing Manager PT Total Oil Indonesia.

Menurut Magna, penutupan pom bensin TOTAL pada tahun ini sebetulnya sudah dimulai secara bertahap sejak tahun 2020 kemarin, sejalan dengan strategi bisnis perusahaan secara global.

Magna juga menyampaikan bahwa semua SPBU Total di Indonesia dioperasikan melalui sistem Company Owned Dealer Operated (CODO), artinya Total bekerjasama dengan perusahaan lokal atau individu dalam operasional tiap SPBU-nya.

Baca: Pertamina Luncurkan SPBU ‘Pasti Prima’ sebagai Kelanjutan dari ‘Pasti Pas’

Unit bisnis Total lainnya akan tetap berjalan, selaras dengan komitmen perusahaan untuk menyediakan produk-produk berbasis energi untuk konsumen di Indonesia. Karena sejak tahun 2003 Total tetap berkomitmen untuk terus menyediakan produk dan layanan unggulan di Indonesia, termasuk pelumas dan produk specialty lainnya,” papar Magna.

Namun bisnis TOTAL Oil lainnya di Indonesia tetap moncer, yaitu pada ritel oli otomotif dan industri, dimana produk-produknya tetap mendapat kepercayaan tinggi dari konsumen otomotif Indonesia dan juga oli industrinya tergolong leading dalam persaingan ketat dengan Shell dan ExxonMobil.

Total berfokus pada bisnis ritel Oli Mesin Otomotif
Total berfokus pada bisnis ritel Oli Mesin Otomotif dan Oli Industri

TOTAL Oil adalah Perusahaan global asal Prancis yang bergerak dibidang Energi dengan cakupan yang luas, mulai dari eksplorasi migas, produksi bahan bakar dan turunannya hingga ke distribusi dan retail di seluruh dunia.

TOTAL merupakan raksasa migas yang masuk 4 besar di seluruh dunia bersama ExxonMobil, Shell dan British Petroleum (BP). Unit bisnis Total Oil sudah hadir di Indonesia sejak Agustus 1968 dengan menjadi kontraktor Pertamina guna mengelola beberapa lapangan eksplorasi tambang minyak.

Baca: Merek Otomotif Asal Prancis yang Terkena Imbas Boikot Produk Prancis

Meskipun demikian, ternyata raksasa migas dunia ini tidak bisa menembus pasar bahan bakar ritel di Indonesia, sehingga Total tutup bisnis SPBU-nya walau masih tergolong baru memulai bisnis ini di tanah air. Mengingat dominasi Pertamina sebagai BUMN migas yang sangat kuat di dalam negeri.

TOTAL menyerah terlalu cepat, karena waktu setahun tentu tidak cukup untuk membuat bisnis stabil. Namun mungkin keputusan untuk berhenti dari bisnis SPBU tersebut telah mempertimbangkan prospek ke depan yang kian sulit bagi Perusahaan asal Prancis tersebut untuk berkembang sesuai harapan di Indonesia.

Selain TOTAL Oil, beberapa raksasa minyak dunia lain juga menjual produk ritel BBM-nya di Indonesia, yaitu Shell dan Petronas. Petronas sudah lebih dulu hengkang, namun Shell cukup sukses mendapatkan pelanggan setia di kota-kota besar, khususnya dari kalangan konsumen kelas atas.

SPBU Petronas dan Shell di Indonesia
SPBU Petronas dan Shell di Indonesia