Lelang Motor dan Mobil Mudah di IBID, Bisa Beli Kendaraan Murah atau Jual dengan Harga Terbaik

Lelang Motor dan Mobil di IBID lebih mudah

CaruserMagz.com – Selain proses jual-beli kendaraan secara langsung maupun secara online, ternyata ada satu lagi cara jual-beli yang bisa kita tempuh untuk mendapatkan mobil atau motor, yaitu dengan metode lelang. Bahkan Lelang motor dan mobil sekarang sudah bisa dilakukan melalui flatform online semisal IBID.

IBID adalah platform lelang online berupa aplikasi smartphone dan website. Ini adalah produk dari anak perusahaan Group Astra yang sebenarnya sudah berdiri dan beroperasi sejak tahun 2007.

Transaksi jual beli mobil melalui lelang memungkinkan kita bisa mendapatkan mobil atau motor dengan harga yang lebih murah dibandingkan metode jual-beli biasa. Karena ada banyak kendaraan yang ditawarkan dengan harga jauh dibawah harga pasar di balai lelang.

Lelang Motor dan Mobil secara Online kini lebih mudah di IBID
Lelang Motor dan Mobil secara Online kini lebih mudah di IBID

Unit kendaraan yang dijual di balai lelang misalnya adalah penjualan kendaraan bekas operasional perusahaan, fleet ex. taxi, dan lain sebagainya yang ditarget untuk terjual cepat dalam jumlah banyak, sehingga harga yang ditawarkan sangat murah, walau kondisi mobil masih tergolong baik.

Di bawah ini bisa kami sampaikan beberapa hal mengenai IBID dan jenis lelang apa saja yang bisa dilakukan di dalamnya.

Apa Itu IBID?

IBID-Balai Lelang Serasi adalah platform yang memungkinkan kita membeli kendaraan dengan metode lelang. Di platform ini, peserta lelang akan bersaing dengan calon pembeli lainnya untuk mendapatkan mobil yang dijual.

IBID sendiri merupakan anak perusahaan PT Serasi Auto Raya (SERA), yang merupakan perusahaan di bawah naungan Group Astra. Balai Lelang Serasi (IBID) sudah berdiri sejak tahun 2007.

Dalam pengembangan bisnisnya, selain melelang produk otomotif seperti mobil dan motor, IBID kini juga melelang barang non-otomotif seperti gadget, scrap, alat berat dan lainnya.

IBID menyediakan segala kebutuhan penjualan melalui metode lelang. Aplikasi IBID bisa didownload di Google Play untuk Android dan App Store untuk IOS.

Siapa yang Boleh Ikut Lelang di IBID?

IBID mengadakan lelang secara rutin setiap minggunya, yaitu di 10 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka juga mengadakan lelang di lebih dari 30 kota yang ada di Indonesia.

Sudah lebih dari 27.000 kendaraan roda empat terjual melalui platform ini dan terdapat lebih dari 500 event lelang dapat diselenggarakan IBID setiap tahunnya.

Siapa pun boleh mengikut lelang, baik sebagai individu, badan atau organisasi hingga perusahaan. Tentunya harus memiliki uang dan mengikuti semua peraturan yang ditetapkan oleh IBID.

Tidak hanya membeli kendaraan, melalui flatform IBID, pelanggan juga bisa menitipkan kendaraan untuk dijual melalui proses lelang. IBID juga bisa menjadi mitra bagi perusahaan yang ingin menjual asetnya secara lelang.

Keuntungan Lelang di IBID
Keuntungan Lelang di IBID

Sosialisasi Jenis dan Metode Lelang IBID

1. Live Auction

Adalah lelang reguler yang diselenggarakan oleh IBID, yaitu setiap minggu di berbagai kota di tanah air. Sebenarnya lelang ini bisa dilakukan onsite maupun online.

Namun selama wabah pandemi, Live Auction sepenuhnya dilakukan hanya di aplikasi dan website IBID.

2. Timed Auction

Sesuai namanya, lelang ini adalah lelang berjangka, dan hanya diselenggarakan eksklusif di IBID. Pelelangan setiap unit hanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu, biasanya hanya 1 hingga 2 hari.

Selama unit yang dilelang masih ada, berarti masih bisa ditawar di aplikasi dan website IBID. Peserta lelang harus memastikan tidak terlambat, karena waktunya tidak selonggar metode lelang lainnya.

3. Flash Auction

Ternyata ada yang lebih singkat dari Timed Auction, yaitu Flash Auction. Metode lelang ini tidak terikat waktu, dan diselenggarakan dalam waktu yang singkat melalui aplikasi IBID.

Pembeli harus memantau aplikasi IBID agar tidak ketinggalan jika ada Flash Auction, untuk mengetahui jika barang incarannya sedang dilelang saat itu.

Proses lelang lebih mudah secara online melalui aplikasi dan website IBID. Disarankan untuk mendownload aplikasi IBID agar bisa memantau lelang yang sedang diselenggarakan dengan cepat.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar