Keunggulan Honda BR-V Generasi-2 dari CR-V Turbo, Walau Harga Hampir Setengahnya

Keunggulan Honda BR-V 2022 dibanding CR-V

CaruserMagz.comKeunggulan Honda BR-V dibanding CR-V Turbo 2021All New Honda BR-V, Low SUV 7-Seater andalan Honda baru saja memasuki generasi kedua setelah sekitar 6 tahun generasi pertama mengaspal.

All New Honda BR-V yang diluncurkan pada 21 September 2021 lalu, hadir dengan bodi yang lebih besar, postur yang lebih gagah dan fitur-fitur canggih Honda Sensing.

Bagusnya, BR-V generasi baru ini dirombak total dengan bahasa desain berbeda dari sebelumnya. Dimana model lawas lebih cenderung terlihat seperti Mobilio versi crossover.

Uniknya, ternyata Honda All New BR-V Gen-2 ini memiliki beberapa kelebihan dibanding Honda CR-V facelift 2021, medium SUV yang berharga hampir 2 kali lipat dari BR-V.

Sehingga calon pembeli SUV Honda bisa menimbang-nimbang, apakah akan meminang CR-V yang lebih mahal atau BR-V yang sudah mencukupi untuk akomodasi 7-seater dan punya beberapa fitur lebih canggih dari CR-V.

All New Honda BR-V 2022 - Rear
All New Honda BR-V 2022 – Rear

Berikut beberapa keunggulan Honda BR-V dibanding CR-V Turbo:

Harga Lebih MurahHarga BR-V dibanderol Rp 275,9 juta hingga Rp 339,9 jutaan, sedangkan CR-V Turbo 7-Seater berharga Rp 500 – 550 jutaan. Jadi kelas kedua mobil ini memang berbeda, dengan keunggulan CR-V tentu lebih banyak pada teknologi mesin dan kemewahan interior. Namun dengan harga yang berbeda jauh tersebut, ternyata BR-V memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki CR-V.

Ground Clearance Lebih Tinggi – Dengan desain dan flatform yang benar-benar baru, Honda BR-V memiliki postur yang lebih tegak seolah mobil dengan ladder-frame, sedangkan CR-V lebih bernuansa aerodinamis yang pipih. Karena itu, Ground Clearance BR-V yang 220 mm lebih tinggi 22 mm dari CR-V yang hanya 198 mm. Sebagai hasilnya, tentu daya jelajah BR-V lebih baik terhadap kontur jalanan bergelombang atau berlubang.

Kabin Belakang Lebih Lapang – Sudah menjadi kekurangan CR-V yang banyak dikeluhkan bahwa baris ke-3 hanya cocok untuk anak kecil. Ruang kaki dan ruang kepala Baris ke-3 CR-V sangatlah sempit untuk orang dewasa. Sedangkan pada All New Honda BR-V, karena posturnya yang tinggi dan panjang, baris ke-3 BR-V bisa ditempati orang dewasa dengan cukup nyaman.

Fitur Honda Sensing Lebih Lengkap – Honda All New BR-V dan CR-V Turbo sama-sama memiliki Honda Sensing, namun ternyata HS milik BR-V lebih lengkap karena hadir lebih belakangan. BR-V memiliki fitur Lead Car Departure Notification System (LCDN) dan Honda LaneWatch, sedangkan pada CR-V tidak ada. Mungkin di versi upgrade berikutnya, Honda CR-V akan memiliki 2 fitur HS tersebut.

Fitur Honda Sensing CR-V kalah canggih dari BR-V
Fitur Honda Sensing CR-V kalah canggih dari BR-V

Driving Position Lebih Comanding – Posisi duduk pengemudi Honda BR-V lebih tinggi dari CR-V berkat dimensi yang juga lebih tinggi. Ini terasa cocok untuk pengemudi yang suka posisi mengemudi tinggi. Namun tentu Honda CR-V punya posisi mengemudi yang lebih sporty.

Visibilitas Lebih Baik – Juga terkait dimensi dan driving position yang tinggi, maka visibilitas keluar pada BR-V terasa lebih luas. Apalagi pada CR-V, kap mesinnya terlihat dari posisi mengemudi, hingga terasa seperti menghalangi sebagian visibilitas ke depan, bagi pengemudi yang belum terbiasa.

Biaya Perawatan Lebih Murah – Dengan segmen lebih rendah, tentu biaya perawatan BR-V akan lebih murah dibanding CR-V. Apalagi saat sudah mulai harus mengganti spare-part slow moving.

Pajak Tahunan Lebih Murah – Dengan harga hampir setengah dari CR-V, tentu pajak tahunan BR-V akan jauh lebih murah. Artinya biaya kepemilikan BR-V lebih bersahabat dengan kantong pemiliknya.

Baca juga:

Itulah beberapa kelebihan Honda BR-V generasi-2 dibanding CR-V Turbo facelift 2021. Namun perlu Sobat Car Users ingat, bahwa kedua mobil tersebut berbeda kelas, sehingga berbeda pula segmen pembelinya.

Honda CR-V tergolong mobil mewah, sehingga sebenarnya nilai utamanya adalah pada kenyamanan, kualitas interior, desain yang lebih menawan dan teknologi mesin yang lebih bertenaga.

Namun jika tujuan utama membeli mobil keluarga adalah akomodasi 7 penumpang, ruang kabin yang lapang dan tenaga mobil secukupnya, serta tidak memerlukan prestise bahwa mobil tersebut harus berharga Rp 500 jutaan, maka untuk mobil SUV berlogo H besar, BR-V sudah lebih dari cukup.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar