BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Kia Rio Facelift 2021 Hadir, Berubah Wajah dan Makin Canggih

Kia Rio Facelift 2021 Hadir

Share

CaruserMagz.com – Kia Rio 2021 facelift telah hadir dengan penyegaran tampilan dan tambahan fitur-fitur canggih. Namun Rio facelift ini adalah untuk pasar Amerika Serikat. Sedangkan di Indonesia, belum ada tanda-tanda akan ada peluncuran Kia Rio generasi ke-4 model baru.

Model facelift dari Rio ini sebenarnya telah lebih dulu diluncurkan di Eropa sekitar bulan Juni 2020 lalu, dan model untuk AS ini terlihat tidak begitu berbeda dari versi Eropa. Revisi pada grill yang terlihat lebih sporty dengan garis-garis tajam, termasuk pola kisi-kisi grill yang mirip jala.

Kia Rio 2021 - Tampak Samping Depan
Kia Rio 2021 versi Eropa – Tampak Samping Depan

Perubahan lain pada wajah Rio 2021 versi Amrik ini adalah grill tiger-nose-nya kini terlihat berlubang, sedangkan versi Eropa masih seperti model sebelumnya yang lubang di bagian tersebut tersembunyi oleh plastik hitam glossy.

Perbedaan selanjutnya adalah desain spoke velg yang jadi lebih sporty dengan model kembang yang menghilangkan kesan elegan pada model velg sebelumnya. Selebihnya tidak terlihat perbedaan lagi di bagian luar dari versi sebelum facelift.

Kia Rio Facelift 2021 - Tampak Belakang
Kia Rio Facelift 2021 – Tampak Belakang

Di dalam kabin, tidak terlihat perubahan signifikan. Jika diperhatikan secara detail, hal yang nampak baru adalah sistem infotainment layar sentuh yang lebih besar menjadi 8-inci. Head Unit tersebut tetap mengusung fitur Apple CarPlay nirkabel, Android Auto dan navigasi.

Perubahan minor pada interior terlihat pada motif jok kulit dengan garis-garis horizontal dan list putih tipis pada tepian body support jok-nya.

Kia Rio 2021 - Interior
Kia Rio 2021 – Interior

Di Amerika Serikat, Kia Rio 2021 ini dibanderol mulai $ 16.050 atau sekitar Rp 225 Juta untuk tipe LX sebagai varian termurah, itu meningkat $200 saja dari versi sebelumnya.

Namun peningkatan harga tersebut tergolong worthed untuk fitur-fiturnya yang telah memiliki 4-speaker, AC, power windows dan instrument cluster berukuran 3,5 inci. Model ini masih menggunakan velg baja 15-inci.

Untuk varian termahal, yaitu tipe S hanya berselisih $640 atau sekitar Rp 9 juta saja dari versi LX. Perbedaan harga tersebut menghasilkan perbedaan cukup signifikan, antara lain ada cruise-control, keyless entry, alarm, pelipatan kursi split serta arm-rest tengah di kursi belakang, dan port USB untuk penumpang belakang.

Model Kia Sedan 2021 - Tampak Depan
Kia Rio Sedan 2021 – Tampak Depan

Selanjutnya ada paket tambahan fitur untuk Rio tipe S dengan tambahan harga $1.800 atau sekitar Rp 25 juta, yang meliputi Start-stop engine button, AC otomatis, lampu depan LED, instrument cluster 4,2-inci dan velg sporty 15-inci, serta fitur-fitur driving-assit yang canggih.

Fitur-fitur driving assist tersebut antara lain adalah Forward Collision Avoidance dengan Pedestrian Detection, Lane Following Assist, Lane Departure Warning, High Beam Assist dan Rear Occupant Alert.

Untuk model hatchback, Kia Rio 2021 versi AS ini hanya disediakan tipe S dengan harga dan paket fitur yang sama dengan tipe sedannya.

Semua tipe dan varian Kia Rio diberi satu pilihan mesin saja, yaitu mesin bensin 4-silinder 1.6-liter yang menghasilkan tenaga maksimum 120 hp (122 PS) dan torsi puncak 152 Nm.

Rio versi Amrik ini diberi transmisi CVT untuk efisiensi bbm yang lebih baik, yaitu 14 km/liter di dalam kota, dan 17,4 km/liter di rute toll serta 15 km/liter dengan rute kombinasi.

Kami kira, jika masih dijual di tanah air, model facelift ini cepat atau lambat akan hadir juga di Indonesia. Mengingat Kia Rio Indoenesia berstatus CBU Korea Selatan. Itu artinya jika pabrik di Korsel telah mengganti model yang mereka produksi, otomatis Rio yang diekspor ke Indonesia juga akan berubah. Hanya masalah waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)