IIM Berencana Hadirkan Baby Isuzu MuX, Panther Generasi Baru kah?

CaruserMagz.com – Dilaporkan dari India bahwa Isuzu disana berniat menghadirkan Baby Isuzu MuX, yaitu versi Compact dari Mu-X yang merupakan SUV bongsor 7-seater. Cukup wajar mengingat konsumen India pada umumnya lebih suka mobil berukuran kecil.

 
Di segmen SUV 7-Seater ladder frame, Isuzu Mu-X bersaing secara global dengan Mitsubishi Pajero Sport (Montero), Ford Everest, Toyota Fortuner, dan lainnya termasuk Nissan Terra yang terakhir baru hadir.

 
Isuzu memang belum punya jagoan untuk bermain di segmen compact SUV di India, sedangkan segmen mobil kecil dengan harga relatif terjangkau itu sudah lama menjadi primadona di negeri Boliwood tersebut.

 
Ken Takashima, selaku Wakil Direktur Pelaksana dan Wakil Presiden Eksekutif Isuzu India Motors (IIM), mengatakan bahwa Isuzu compact SUV tersebut sedang dalam pengembangan. Ia menyampaikan pada media India, bahwa tren meningkat dari penjualan small SUV secara global telah membuat Isuzu tertarik untuk ikut menjual model tersebut.

 
Isuzu memang belum pernah punya line up SUV kecil, apalagi model compact dengan frame monokok. Mobil yang lebih kecil dari MuX dan bernuansa SUV yang pernah booming adalah Izusu Phanter, namun itu bukanlah mobil yang benar-benar kecil.

 
Baca juga: Pilihan Mobil 7-Seater 250 Jutaan di Indonesia

 
Masih terlalu banyak pertanyaan yang harus dijawab pihak Isuzu India Motors. Karena belum ada penjelasan mengenai segala hal teknis terkait model baru tersebut.

 
Misalnya apakah mobil tersebut akan tetap menggunakan ladder frame atau monokok. Apakah itu adalah sasis MuX yang diperkecil saja, atau ada perubahan lainnya. Belum lagi dengan mesin, konfigurasi kursi, spesifikasi, dimensi, roda penggerak dan lain sebagainya.

 
Takashima tidak menyebutkan detail teknis MuX versi kecil tersebut, dan dia juga bungkam mengenai kapan model tersebut akan diluncurkan. Namun dia memastikan bahwa mesin mobil ini adalah diesel, dimana mesin tersebut banyak diminati di India.

 
Pertanyaan yang besar tentunya adalah berapakah kapasitas penumpang Baby Isuzu MuX tersebut. Apakah 7-seater atau 5-seater. Banyak media memperkirakan, model tersebut tetap akan dibangun di atas sasis ladder dengan konfigurasi 7-seater. Mereka memperkirakan model tersebut adalah penerus Isuzu Crosswind, atau yang lebih kita kenal sebagai Isuzu Phanter.

 
Jika benar itu adalah Low SUV 7-Seater, maka model tersebut akan bersaing dengan Toyota Rush, Honda BR-V dan Mitsubishi Xpander yang diluar negeri diberi judul SUV.

 
Namun jika itu adalah Compact SUV 5-seater, maka lawannya adalah Honda HR-V, Ford EcoSport, Suzuki Vitara, Suzuki Jimny, Suzuki SCross, Mitsubishi Eclips atau Outlander Sport.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar