Kembaran Mitsubishi Xpander dari Nissan adalah New Grand Livina?

CaruserMagz.com – Hari ini, 26/05/17 kebaca berita di OtoDriver.com yang kasih tahu pernyataan salah satu petinggi Nissan Indonesia, bahwa kemungkinan low MPV kembaran dari Mitsubishi Expander (versi komersil dari konsep XM) adalah Nissan New Grand Livina generasi baru.

 

Waduuuh.. kebayang gak bro, Grand Livina dari cantik berubah jadi macho. Bakal seperti apa campuran wajah Grand Livina diaduk sama garangnya konsep Mitsubishi XM yah?

 

Udah kebayang bray? sulit kan! Secara Nissan Grand livina adalah low MPV yang bercitarasa sedan sedangkan konsep XM lebih seperti SUV 7-seater.

 

Sebelumnya memang cukup banyak diberitakan bahwa Nissan akan bikin kembaran Mitsubishi XM yang akhirnya diumumkan bernama Mitsubishi Xpander. Namun dalam bayangan kita, itu adalah mobil yang benar-benar baru dan bakal mirip betul dengan Expander, layaknya Avanza vs Xenia yang dibuat pabrik tetangga.

 

Eh ternyata, kembaran itu bakal jadi sulapan bim salabim untuk New Grand Livina. Menurut Davy J. Tulian selaku Vice President Sales and Marketing Nissan Motor Indonesia (NMI), hal ini untuk menghemat biaya Research (R&D) dalam menciptakan platform baru bagi mobil Nissan. Itu hemat apa pelit yah..

 

Jadi, dengan ada aliansi ini biaya R&D menciptakan platform baru sangat minim. Contohnya Grand Livina. Udah diumumkan kan kita akan sharing platform dengan Mitsubishi,” ungkap Davy di Jakarta (23/5/17).

 

Sebagaimana kita ketahui bahwa Grand Livina adalah low MPV yang sudah nampak jadul karena tidak mengikuti trend facelift dunia otomotif. Entah karena para desainer Nissan malas berinovasi atau aliansi Nissan terlalu pelit hingga membiarkan segmen yang paling gemuk di Asia ini mereka tinggalkan dalam waktu cukup lama.

 

Berbagi platform dan basis desain memang merupakan salah satu keuntungan aliansi pabrikan otomotif. Mitsubishi bergabung dengan aliansi Nissan-Renault sejak Oktober 2016, atau tepatnya bisa dibilang dicaplok karena hebohnya skandal data efisiensi bahan bakar yang membuat Mitsubishi Motor Corporation hampir Colaps.

 

Aliansi Nissan tentu ingin mengambil keuntungan atas dana yang sudah mereka kucurkan pada Mitsubishi. Salah satu bentuknya adalah copy-paste platform mobil Mitsubishi untuk dijadikan Mobil baru Nissan.

 

Dengan adanya aliansi ini kedua brand bisa saling melengkapi dan ini sangat tepat untuk situasi sekarang karena tren segmen indonesia berbeda dari segmen global. Kalau di segmen global itu sedan dan SUV, di Indonesia Low MPV,” ujar Davy J Tuilan.

 

Berkah dari pembelian 34% Saham Mitsubishi oleh Nissan ini, mereka tidak perlu mengucurkan dana untuk melakukan penelitian dan pengembangan model Nissan Grand Livina generasi selanjutnya. Pihak NMI telah mengungkapkan bahwa mereka akan mengeluarkan Grand Livina generasi terbaru dengan platform dari basis Mitsubishi XM.

 

Welcome generasi baru Nissan Grand Livina! Kita penasaran akan seperti apa transformasi Grand Livina yang kemayu jadi lebih maskulin.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

3 thoughts on “Kembaran Mitsubishi Xpander dari Nissan adalah New Grand Livina?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *