Kehadiran Honda BR-V Generasi Baru Terdeteksi, Ada Fitur Honda Sensing?

Teaser Honda N7X Concept

CaruserMagz.comSinyal Honda BR-V Generasi Baru – Honda BR-V sudah cukup lama diluncurkan di Indonesia sejak diperkenalkan pada 20 Agustus 2015 di gelaran IIMS. Setelah lebih dari 5 tahun resmi dijual, yaitu sejak 23 Januari 2016, Honda BR-V dikabarkan akan memasuki generasi kedua pada tahun 2021 ini.

Kabar itu diperkuat dengan diluncurkannya sesosok mobil konsep bernama ‘Honda N7X Concept‘ pada Senin 3 Mei 2021 lalu oleh PT Honda Prospect Motor (HPM).

Dugaan bahwa N7X adalah mobil konsep dari BR-V generasi baru, diperkuat dengan terdeteksinya mobil baru Honda lengkap dengan variannya pada situs Badan Pendapat Daerah DKI Jakarta, samsat-pkb.jakarta.go.id.

Mobil Konsep diduga BR-V Generasi-2
Mobil Konsep Honda N7X diduga BR-V Generasi-2

Situs resmi pemerintah tersebut memuat Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dan varian Honda BR-V dengan inisial baru, yaitu HBRVDG315L, yang jika kita pisah-pisah bisa berarti Honda-BRV-DG3-1.5L, seperti pada screenshot berikut:

NJKB Honda BR-V Generasi Baru 2021-1
NJKB Honda BR-V Generasi Baru 2021-1

Kode DG3 disinyalir merupakan kode bodi dari BR-V generasi baru, mengingat BR-V generasi pertama menggunakan kode bodi DG1. Jadi BR-V baru ini akan menggunakan platform yang benar-benar baru, senada dengan konsep N7X yang lebih jangkung, lebih panjang dan lebih lebar dari BR-V generasi pertama.

Sedangkan inisial PRE kemungkinan adalah untuk varian ‘Prestige‘, sebagai tipe tertinggi dari line up mobil Honda pada umumnya. Namun tipe flagship sepertinya adalah yang berkode PRE-HS. Kami menduga itu adalah kode untuk fitur canggih, yaitu ‘Honda Sensing‘.

NJKB Honda BR-V Generasi Baru 2021-2
NJKB Honda BR-V Generasi Baru 2021-2

Dari informasi tersebut, terdeteksi 5 varian Honda BR-V Generasi baru dengan harga dasarnya sebelum komponen pajak, yaitu sebagai berikut:

Honda BR-V DG3 1.5L S MT: Rp 180 Juta
Honda BR-V DG3 1.5L E MT: Rp 191 Juta
Honda BR-V DG3 1.5L E CVT: Rp 198 Juta
Honda BR-V DG3 1.5L PRE CVT: Rp 210 Juta
Honda BR-V DG3 1.5L PRE HS CVT: Rp 217 Juta

Konsep BR-V Gen-2 Tampak samping
Honda N7X Concept Tampak Samping

Dengan komposisi pajak pada kondisi normal, harga NJKB tersebut akan bertambah sekitar 34,5% untuk wilayah DKI Jakarta dan jika dibeli sebagai mobil pertama. Maka harga normal tanpa diskon pajak PPnBM dari Honda BR-V baru tersebut dapat diperkirakan sebagai berikut:

New BR-V S MT: Rp 242 Juta
New BR-V E MT: Rp 257 Juta
New BR-V E CVT: Rp 266 Juta
New BR-V PRESTIGE CVT: Rp 282 Juta
New BR-V PRESTIGE HS (HONDA SENSING) CVT: Rp 292 Juta

Kemungkinan Honda BR-V akan mendapat diskon keringanan pajak PPnBM jika mulai dijual pada tahun 2021 ini juga, namun jika baru dijual pada awal 2022, maka masa diskon pajak barang mewah tersebut diperkirakan sudah selesai.

Harga OTR dan kemungkinan akan hadirnya varian dengan fitur Honda Sensing tersebut hanya dugaan kami. Namun melihat tren fitur-fitur canggih pada mobil berharga di bawah 300 hingga 400 jutaan, kami kira itu cukup wajar dilakukan Honda, agar tidak makin jauh tertinggal jika harus bersaing dengan Toyota dan Wuling.

Kita nantikan saja rilis resmi dari HPM, semoga Honda BR-V generasi baru ini mampu bersaing dengan lawan-lawan bebuyutannya yang sudah lebih lama hadir.

Tulis Komentar