BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

JD Power 2022 Umumkan Merek Mobil Paling Memuaskan Konsumen: Lexus Terbaik, Hyundai-Kia di Urutan Belakang

JD Power 2022 Nobatkan Lexus sebagai Brand Terbaik untuk Kepuasan Pelanggan

Share

CaruserMagz.comJD Power 2022: CSI Study – J.D. Power, lembaga yang memberi penilaian mengenai kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dan kualitas produk otomotif di Amerika Serikat, mengumumkan hasil risetnya berupa Customer Service Index (CSI) 2022.

Studi Indeks Layanan Pelanggan tersebut dilakukan setiap tahun untuk menilai kepuasan pelanggan terhadap layanan servis kendaraan oleh tiap merek mobil yang menjual produknya di AS.

Untuk tahun 2022, merek-merek mobil dibagi dalam dua kategori, yaitu Merek Premium dan Merek Mobil Massal.

Untuk kelompok merek premium, indeks kepuasan pelanggan terhadap layanan dimenangkan oleh Lexus, merek mobil mewah yang berada dalam group Toyota Motors Corporation.

Urutan kedua dan ketiga pada kategori merek mewah diisi oleh Cadillac dan Porsche. Sementara 3 terburuk dalam pelayanan pelanggan dihadiahkan pada Alfa Romeo di urutan terburuk, kemudia Land Rover dan Genesis (Brand Mewah di bawah grup Hyundai).

JD Power 2022 - CSI Merek Premium
JD Power 2022 – CSI Merek Premium

Sedangkan di kategori merek mobil massal, dimenangkan oleh Mini, merek asal Inggris yang kini bernaung di bawah grup BMW. Mini mengulang kesuksesannya karena tahun 2021 lalu, kategori ini juga dimenangkan oleh Mini.

Di urutan kedua ada Buick kemudian disusul Mazda di urutan ketiga. Mitsubishi mengisi tempat keempat, lalu disusul GMC dan Chevrolet. Semetara raksasa otomotif terbesar Jepang, Toyota, berada di tengah sebagai ranking ke-9.

Merek mobil masal yang dinilai terburuk pelayanannya adalah Crysler. Kemudian di susul Hyundai di tempat kedua terburuk, lalu Volkswagen di urutan ketiga.

JD Power 2022 - CSI Mobil Massal
JD Power 2022 – CSI Mobil Massal

Kia berada di posisi ke-4 terburuk menurut responden Amerika Serikat hingga awal tahun 2022. Pabrikan Korea Selatan berbalik 180 derajat, dimana beberapa tahun lalu yaitu pada 2016 hingga 2018, selalu mengisi ranking 5 besar bahkan Kia 2 kali jadi yang terbaik.

Hasil studi J.D. Power 2022 ini menempakan kontestan Korea Selatan di urutan buncit. Dimana Genesis sebagai brand premium di bawah grup Hyundai jadi yang terburuk ketiga, sedangkan Hyundai dan Kia juga berada diurutan buncit.

Merek Mobil asal Korea Selatan
Merek Mobil asal Korea Selatan

Studi CSI oleh J.D. Power ini memberi peringkat merek menurut seberapa puas pemilik mobil dengan layanan yang mereka terima di dealer waralaba atau pusat layanan purnajual, untuk pekerjaan yang dilakukan pada kendaraan berusia satu hingga tiga tahun.

Fokusnya adalah pada kualitas layanan, layanan konsultasi, penjemputan kendaraan, fasilitas, dan inisiasi layanan.

Pada studi ke-42 di tahun 2022 ini, survei J.D. Power didesain ulang untuk memasukkan fitur-fitur baru termasuk layanan valet, servis kendaraan jarak jauh, dan aplikasi pembayaran online/smartphone pilihan.

Sebagai kesimpulan, J.D. Power mengatakan bahwa umpan balik pada CSI 2022 mengungkapkan bahwa pelanggan semakin menghargai pemberitahuan secara online mengenai hasil servis pada mobil mereka, baik berupa teks maupun berupa bukti foto atau video layanan.

Hasil studi ini juga menyimpulkan bahwa pelanggan mobil listrik (EV) belum sepuas pemilik mobil bermesin bakar terkait layanan servis. Itu terlihat dari skor rata-rata yang selisih jauh, 784 poin untuk EV dan 852 poin untuk mobil ICE.

Itu artinya dealer mobil listrik harus bekerja lebih keras untuk menutup kesenjangan kepuasan antara pemilik mobil bermesin bakar dan EV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)