Honda Brio Urbanite Special Edition, Apa Bedanya dari Brio RS Standar?

New Honda Brio RS Urbanite Special Edition 2021

CaruserMagz.com – Honda menghadirkan varian baru dari small hatchback andalannya, yaitu All New Brio Urbanite Special Edition 2021. Peluncurannya dilakukan secara virtual berbarengan dengan peluncuran Honda New CR-V Facelift dan Oddyssey Facelift pada 18 Februari 2021.

Honda menyebutkan bahwa Brio RS Urbanite ini adalah edisi khusus sebagai versi yang lebih sporty dari Brio RS. Mobil ini dimaksudkan menyasar konsumen anak muda yang modern dan ingin tampil stylist. Sebagaimana dijelaskan oleh Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

Edisi spesial dari Honda Brio ini terinspirasi dari gaya hidup anak muda modern yang ekspresif, stylish, dan up to date. Kami percaya bahwa Brio RS Urbanite Edition akan semakin memperkuat posisi Honda Brio sebagai mobil terpopuler di Indonesia,” kata Yusak Billy saat peluncuran virtual, Kamis (18/2/21).

Lalu apa saja perbedaan Brio Urbanite vs Brio RS biasa? Berikut rangkuman detailnya:

Harga Brio Urbanite

Brio baru ini merupakan special edition yang sekaligus versi termewah dari Brio secara keseluruhan, karena varian ini lebih mahal dari Brio RS biasa. Harga termahalnya sudah tembus Rp 200 juta OTR DKI Jakarta. Berikut daftar harganya:

Harga Honda Brio RS Urbanite 2021
Harga Honda Brio RS Urbanite 2021

Dibanding varian RS biasa, Brio RS Urbanite lebih mahal Rp 7,5 juta baik untuk tipe manual maupun matic. Jika dibanding tipe E, maka ia lebih mahal Rp 27 jutaan dan dibanding tipe Satya, Urbanite lebih mahal Rp 36,8 juta.

Lalu, dengan selisih Rp 7,5 juta, apa saja perbedaannya dibanding Brio RS biasa? Baca ulasan ini hingga selesai untuk mengetahuinya lebih detil.

Eksterior

Perbedaan paling mencolok dari Brio Urbinite adalah pada tampilan ekterior yang lebih sporty. Sebagaimana dijelaskan pihak HPM, bahwa Brio termahal ini memang menyasar anak muda yang ingin tampil sporty dan lebih stylist. Berikut detailnya:

Beda Eksterior Brio Urbanite
Beda Eksterior Brio Urbanite 2021

New Front under Spoiler – di bagian depan ada tambahan spoiler berkelir hitam gloss yang berbentuk diffuser. Aksesoris ini membuat wajah Brio jadi lebih sporty tapi tetap manis.

Rear under Spoiler with Diffuser – Di belakang, aksesoris tambahan terlihat lebih rumit. Ada aksen silver dengan bentuk seolah sepasang kenalpot palsu, Ada model underguard yang biasa kita lihat pada supercar. Urbanite ini jadi seperti orang yang memakai celana sepeda berpading tebal.

Black Side under Spoiler – bodykit hitam di bawah pintu tak ketinggalan untuk menyelaraskan dengan dua item sebelumnya.

Spion Hitam dengan Sein LED – kesan sporty juga ditambah dengan rumahan spion luar yang full hitam, glossy di bagian atas dan dop di bagian bawah.

Handle Pintu Hitam – gagang pintu juga diperjelas dengan warna hitam glossy.

Tailgate Spoiler dengan Highmount Stoplamp – Spoiler belakang Brio Urbanite tampak berbeda dari versi RS biasa, yaitu pada bentuk sisi kiri-kanan dan posisi highmount stoplamp yang lebih ke bawah.

Interior Brio Urbanite

Di sisi interior, tidak ada perbedaan antara Brio termahal ini dibanding tipe RS biasa. Dashboard-nya berwarna dominan hitam dengan kombinasi list orange pada beberapa sisi dan doortrim.

Interior Brio RS 2021 Urbanite - Dashboard
Interior Brio RS 2021 Urbanite – Dashboard

Headunit-nya sudah dilengkapi dengan koneksi Iphone dan Ipod melalui Bluetooh atau AUX-IN. Selain radio dan slot USB, Honda tetap menyediakan CD/DVD Player. Jadi fitur hiburannya sangat fleksibel untuk menggunakan banyak device.

Hal menyenangkan lainnya dari interior Brio RS ini adalah kursi dengan bahan fabric yang nyaman dan sandaran kepalanya sudah adjustable, serta kabin yang lebih lapang dibanding Brio generasi pertama.

Interior Kursi Hatchback Honda RS 2021
Interior Kursi Brio RS 2021 Urbanite

Mesin

Sektor mesin tentu tidak berbeda dari tipe Brio RS biasa, Urbanite tidak dibedakan sama sekali. Lagipula dengan selisih Rp 7,5 juta saja, tentu tidak ada ruang untuk perbedaan sektor dapurpacu.

Sekedar informasi, mesin mobil ini adalah mesin bensin 1.2L 4-silinder 16-valve dengan teknologi i-VTEC dan Drive By Wire. Tenaga maksimumnya sebesar 89 Hp (90 ps) dengan torsi 110 Nm.

Baca juga:

Kesimpulan dan Saran

Jadi perbedaan Brio RS Urbanite vs RS biasa adalah pada eksterior saja, tidak ada perbedaan di sisi interior maupun dapurpacu.

Sehingga bagi Sobat peminat Brio yang tidak begitu memusingkan tampilan mobil, Brio RS standar sudah cukup menarik, khususnya dari segi fitur.

Bagi yang suka memodif mobil, selisih Rp. 7,5 juta tersebut bisa dianggap biaya modifikasi bodykit resmi dari Honda, untuk teman-teman yang suka tampilan lebih sporty.

Tentu tergantung selera masing-masing konsumen. Jika membeli sendiri aksesoris bodykit after-market, mungkin diperlukan biaya yang lebih besar.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar