Sonet Indonesia - Sub-compact SUV

Wow! Fitur Kia Sonet Menggiurkan, Lebih Canggih dari Honda HR-V Tapi Lebih Murah

Berita KIA SUV

CaruserMagz.com Fitur Kia Sonet Indonesia – Kia Sonet resmi diluncurkan pada hari ini, Rabu 11 November 2020 oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) secara daring di akun Sosial Media resminya. KIA menghadirkan segmen Compact SUV baru di Indonesia, hingga Sonet nyaris tidak punya saingan di kelasnya. Namun Kia Sonet secara tidak langsung melibas segmen Compact Hatchback dan Compact SUV, sehingga saingan terdekatnya adalah Honda HR-V 1.5 atau Toyota Yaris dan Honda Jazz yang sudah berharga Rp 300 jutaan.

Kia Sonet Indonesia sangat menggiurkan dalam hal fitur dan kemewahannya. Sehingga jika dibandingkan dengan HR-V atau Yaris dan Jazz, value for money Sonet terasa lebih tinggi. KIA menggoda konsumen Indonesia dengan fitur-fitur baru yang belum jamak di mobil berharga kurang dari Rp 300 jutaan.

Berikut daftar fitur-fitur Kia Sonet Indonesia yang tergolong canggih dan membuatnya lebih unggul dari Honda HR-V sekalipun, walau harga tipe termahal dari Sonet lebih murah dari HR-V termurah.

Interior Kia Sonet - Dashboard
Interior Kia Sonet – Dashboard

Fitur Kia Sonet – Interior

Sun-Roof

Mobil-mobil pada rentang harga kurang dari 300 jutaan tidak memiliki fitur ini. Hanya Kia All New Rio yang memilikinya, itu pun dari segmen medium hatchback. Sedangkan Honda HR-V tidak memiliki fitur ini.

Meter Cluster Digital

Kia Sonet terasa sangat modern dan canggih dengan meter cluster digital berukuran 4,2-inci di balik lingkar kemudinya. Meskipun RPM mesin dan level tanki masih menggunakan jarum, namun desainnya terlihat modern, apalagi spedometer dibuat digital dan MID-nya yang dominan membuat tampilan cluster meter lebih modern dan canggih.

Meter Cluster Kia Sonet - Digital dan Modern
Meter Cluster Kia Sonet – Digital dan Modern

Head Unit 8-Inci

Fitur yang sangat menggoda lainnya adalah head unit dengan resolusi tinggi berukuran 8-inci dengan kelengkapan fitur yang banyak antara lain: Multiple Bluetooth Connection, Voice Recognition, Koneksi USB dan Auxiliary, Android Auto & Wireless Apple Car. Pada tipe tertinggi head unit ini telah menggunakan BOSE system.

Audio: Speaker BOSE + Sub-Woover

Kualitas suara di kabin mendapat perhatian sehingga tidak disediakan dengan seadanya. Kia secara serius ingin menghadirkan kenyamanan di telinga penumpang sonet dengan 4 speaker utama, 2 tweeter dan tambahan 1 sub-woover untuk tipe tertinggi.

Fitur-fitur Menarik Kia Sonet - Lengkap dan Modern
Fitur-fitur Menarik Kia Sonet – Lengkap dan Modern

AC Digital dengan Auto Climate Control

Kia menyematkan AC digital dengan auto climate control pada Sonet. Distribusi hembusan udara dingin juga dipercepat dengan menyediakan ventilasi AC untuk penumpang belakang di konsol tengah, layaknya pada sedan mewah.

Wireless Charger

Fitur canggih ini belum banyak disediakan di mobil-mobil dari brand Jepang. Fitur ini membuat mobil terasa lebih canggih dan modern. Saat ini baru mobil-mobil mewah yang memilikinya.

Jok Kursi Berventilasi

Pada tipe tertinggi, KIA menyediakan pembalut kulit sintetis berventilasi pada kursinya. Sehingga lebih nyaman di kulit penumpang. Sedangkan tipe di bawahnya disediakan jok kulit sintesis dan berbahan fabric.

Kursi Kia Sonet dengan Jok Kulit Berventilasi
Kursi Kia Sonet dengan Jok Kulit Berventilasi

Sound-linked LED Mood

Ada pencahayaan interior berupa ambien light yang terhubung dengan sound system. Ini akan membuat pengalaman berkendara yang lebih menyengangkan. khususnya bagi penumpang.

Fitur Keselamatan dan Pengendalian

6-Airbag (Tipe Tertinggi)

Pada tipe termahal yang berharga Rp 289 juta, sudah dilengkapi 6-airbag. Sedangkan kompetitor pada harga Rp 300 jutaan masih hanya dilengkapi dual-airbag.

Fitur Rem Lengkap

Berbagai fitur pengereman kekinian telah disematkan, seperti: ABS dengan ABD, Braking Assist, Hill Assist Control dan Emergency Stop Signal. Sehingga SUV kompak ini cukup aman.

Electronic Stability Control dan Traction Control

Untuk pengendalian yang lebih aman dan memberi kemampuan lebih untuk bermanufer di kecepatan tinggi, Kia Sonet dilengkapi Electronic Stability Control. Saat menerjang medan off-road yang licin, Sonet juga memiliki senjata berupa tranction control.

Fitur Parking Assist

Untuk kemudahan parkir, disediakan kamera parkir dengan petunjuk arah dinamis serta dilengkapi sensor parkir suara di belakang dan depan mobil (Rear Distance Warning). Display kamera pada head unit juga terlihat terang dan jelas berkat resolusi layar monitor yang bagus.

Fitur Keselamatan Kia Sonet Indonesia
Fitur Keselamatan Kia Sonet Indonesia

Cruise Control

Fitur cruise control yang bisa membuat pengemudi mengistirahatkan kaki saat mengemudi dengan kecepatan konstan di jalan toll telah disediakan untuk 2 varian tertinggi, yaitu tipe Dynamic dan Premiere.

Mode Berkendara Eco-Normal-Sport

Mode berkendara juga disediakan lebih variatif dengan 3 pilihan. Selain mode hemat bahan bakar, juga ada mode sport untuk pengendaraan lebih cepat atau agresif. Sedangkan untuk berkendara diperkotaan yang tidak terlalu macet, ada mode normal.

Keyless System dan Remote Start Engine

Sistem tanpa anak kunci juga dibuat lebih canggih, karena selain Start-stop engine button dan keyless entry system, KIA juga menyediakan fitur Remote Start Engine, sehingga mesin bisa dinyalakan dengan remote saat pengemudi belum memasuki mobil.

Tire Pressure Monitoring

Pengemudi bisa merasa lebih aman dengan tekanan ban yang bisa dimonitor setiap saat. Fitur ini mulai jamak di mobil masa kini, namun merek Jepang sepertinya masih enggan membawanya bahkan di mobil mereka yang sudah berharga 400 jutaan.

LED Head & Rear Lights

Lampu utama telah menggunakan LED dengan fitur Autolight dan delay function. Lampu belakang juga telah menggunakan LED sehingga intensitas cahaya lebih terang namun lebih hemat listrik. Selain membuat mobil terlihat lebih modern, lampu LED juga punya daya tahan lebih lama dibanding lampu halogen.

Baca juga: Daftar Harga Kia Sonet Indonesia

Itulah deretan fitur-fitur canggih dan modern dari KIA Sonet. SUV kompak ini sepertinya ditujukan untuk mengeroyok Honda HR-V bersama Saudara tuanya, yaitu Kia Seltos. Dengan harga yang lebih murah tapi menghadirkan fitur-fitur kekininan yang lebih canggih, harusnya Small Crossover ini bisa sangat laris di Indonesia.

Tugas PT KIA adalah menambah jaringan dealer dan layanan purna jual sebanyak-banyaknya, agar standar fitur mobil di Indonesia meningkat, mengikuti mobil-mobil asal Korea Selatan dan Tiongkok. Bagimana menurut Sobat, apakah tertarik meminang Kia Sonet? Atau tetap bertahan memilih Honda HR-V? Jangan ragu untuk ungkapkan alasan dan pendapat kalian di kolom komentar!

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

1 thought on “Wow! Fitur Kia Sonet Menggiurkan, Lebih Canggih dari Honda HR-V Tapi Lebih Murah

  1. saya tidak hanya beli mobil, beli teknologinya juga.
    canggih dengan harga terjangkau, alhamdulillah saya dapat warna biru

Tulis Komentar