CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Lewis Hamilton and Mercedes-AMG Tandatangan Kontrak untuk Musim 2021February 10, 2021

Hamilton dan Mercedes-AMG Perpanjang Kontrak 2021 hanya Setahun, Ada Masalah Apa?

CaruserMagz.com – Lewis Hamilton dan Mercedes-AMG menandatangani kontrak untuk 1 tahun saja pada Februari 2021. Penandatangan kontrak untuk musim 2021 tersebut mengakhiri berbagai spekulasi yang telah berlangsung berbulan-bulan tentang masa depan Hamilton di ajang balapan Formula-1.

Banyak rumor menganggap ada konflik antara Hamilton dan Tim Mercedes-Benz terkait poin-poin kesepakatan kontrak, hingga sebulan lebih memasuki tahun 2021, kontrak tersebut tak kunjung ditandatangani.

Dengan kesepakatan tersebut, berarti pasangan pembalap tim Mercedes-AMG tidak berubah dari musim 2020. Diharapkan dengan Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas yang berhasil dipertahankan, Mercedes-AMG bisa meraih gelar juara tim konstruktor ke-8 berturut-turut.

Hamilton juga memiliki kesempatan untuk memecahkan rekor gelar Juara Dunia terbanyak milik Michael Schumacher, yang hingga kini belum dilewati pembalap manapun.

Lewis Hamilton Perpanjang Kontrak 2021
Lewis Hamilton Perpanjang Kontrak 2021

Isu Perselisihan

Hingga memasuki tahun 2021, tim Mercedes dan Hamilton belum mencapai kesepakatan untuk masa kontrak berikutnya. Hal itu memicu spekulasi tentang berbagai masalah yang menyebabkannya.

Hamilton diberitakan meminta komitmen hingga 3 tahun, namun Mercedes-AMG disebut keberatan pada beberapa tuntutan dari Pembalap asal Inggris tersebut. Hamilton meminta hak veto terkait pemilihan rekan setim untuk tahun 2022 dan seterusnya, yang hal itu tidak disukai Mercedes sebagai tim konstruktor.

Penurunan ekonomi dan aturan pembatasan biaya tim yang ketat dari FIA yang mulai berlaku pada musim balapan tahun 2021 ini, juga disebut memicu sulitnya dicapai kesepakatan antara Pembalap dan tim asal Jerman tersebut.

Baca juga: Aston Martin Kembali jadi Tim Konstruktor F1 di Musim 2021

Pernyataan Tim Mercedes-AMG dan Hamilton

Toto Wolff, selaku Chairman dari Tim Konstruktor Mercedes-AMG, membantah bahwa telah terjadi perselisihan dengan Pembalap utamanya. Menurutnya, proses penandatangan kontrak yang tertunda disebabkan oleh kondisi tahun 2020 yang sangat tidak biasa, khususnya karena wabah Pandemi Covid-19.

Kami selalu selaras dengan Lewis, bahwa kami akan terus melanjutkan kemitraan, tetapi tahun yang sangat tidak biasa yang kami alami pada 2020, berarti butuh beberapa waktu untuk menyelesaikan prosesnya,” kata Wolff tentang penandatanganan kontrak tersebut.

Rekor kompetitif Lewis berada pada jajaran terbaik yang pernah disaksikan dunia olahraga, dan dia adalah duta yang berharga untuk merek dan mitra kami,” Pungkas Toto Wolff.

Lewis Hamilton juga memberi pernyataan mengenai perpanjangan kontrak tersebut dengan nada positif, bahwa Dia merasa senang masih berada di tim Mercedes-AMG.

Saya juga bertekad untuk melanjutkan perjalanan yang telah kami mulai, untuk membuat motorsport lebih beragam untuk generasi mendatang, dan saya bersyukur bahwa Mercedes telah sangat mendukung panggilan saya untuk mengatasi masalah ini,” ujar Hamilton.

Namun waktu penadatanganan kontrak tersebut jauh untuk dikatakan terlambat. Karena musim balapan F1 2021 baru akan dimulai pada Maret dengan Grand Prix Bahrain. Sesi latihan pertama akan dimulai pada 26 Maret 2021.

Yayan Abdhi

Tulis Komentar