Begini Tampang Toyota Agya Crossover? Dijual Tahun Depan!

Toyota Aygo X Prologue - Concept Car

CaruserMagz.com – Toyota memperkenalkan sesosok crossover urban mungil yang bertampang futuristik pada Rabu, 17 Maret 2021. Ini seolah akan menjadi versi Ganteng dari Agya dan cocok disebut Toyota Agya Crossover, namun ternyata ini adalah model konsep dari Toyota Aygo generasi-3, yang diberi nama ‘Aygo X Prologue‘.

Aygo generasi baru ini didesain di Toyota Design Center Eropa, karena ternyata mobil ini akan dikhususkan untuk pasar Eropa. Dikabarkan aka berada di segmen A dibawah supermini Yaris, Aygo Cross ini sudah menganut platform TNGA-B.

Konsep Aygo X Prologue - Crossover Mungil
Konsep Aygo X Prologue – Crossover Mungil

Lalu mengapa kami memberi judul posting ini dengan istillah ‘Agya Crossover‘? Itu hanyalah untuk membuatnya familiar dengan mobil yang kita kenal di Indonesia. Karena kata Aygo cukup terdengar dekat dengan kata Agya.

Selain itu, secara dimensi sepertinya tidak berbeda dari small hatchback layaknya Agya. Jika saja ada versi crossover dari Toyota Agya, maka model Aygo X Prologue ini akan sangat cocok jadi mobil konsepnya.

Ini sama sekali tidak sama dengan LCGC Agya, karena di Eropa tidak ada LCGC. Mobil yang dijual disana tentu memiliki standar fitur dan kualitas yang tinggi.

Sebelumnya saat teasernya dirilis, mobil ini disangka akan menjadi model mobil listrik sepenuhnya dari Toyota. Pasalnya mobil ini berbentuk sangat futuristik.

Baca juga: Pilihan Warna Toyota Agya 2020

Platform TNGA yang sudah disematkan pada mobil ini menjanjikan cita-rasa berkendara yang menyenangkan, sebagaimana model-model yang sudah menggunakan teknologi rangka monokok Toyota tersebut, semisal Yaris hatchback, C-HR, dan lainnya.

Mengingat Eropa mulai menggalakkan mobil yang dielektrifikasi, hingga mobil listrik sepenuhnya. Wajar mobil ini disangka paling tidak akan punya varian hybrid. Namun dikabarkan bahwa powertrainnya masih berupa mesin convensional 3-silinder.

Secara desain, konsep Aygo X Prologue ini sedap dipandang. Fasia depannya terlihat unik dengan DRL yang menyambungkan lampu kiri dan kanan yang membentuk huruf C. Pola itu juga ada dibelakang dimana ada reflektor yang menghubungkan kedua rear-lamp.

Versi Crossover dari Agya dijual hanya di Eropa
Versi Crossover dari Agya dijual hanya di Eropa

Bagian unik lainnya adalah warna dual-ton yang berbeda dari umumnya, yaitu warna hitam pada atap yang bersambung ke bagian keseluruhan belakang, side-skirt di bawah pintu dan bersambung ke over-fender bagian depan hingga ke grill depan.

Menurut Ian Cartabiano selaku Presiden Toyota European Design Development, Aygo X Prologue ini merupakan hasil rancangan selama masa Pandemi Covid-19. Mobil ini dikembangkan sebagai mobil perkotaan yang juga mampu diajak berjalan jauh.

Dikabarkan bahwa Toyota Aygo Gen-3 ini baru akan masuk jalur produksi pada tahun 2022 mendatang. Namun secara spesifik hanya untuk pasar Eropa.

Kami menduga kuat, akan ada varian berteknologi listrik, paling tidak hybrid. Karena mobil berteknologi elektrifikasi mulai digemari secara masif di Eropa. Perlu diingat, ini bukanlah versi SUV dari Agya, judul posting di atas hanyalah sensasi harapan belaka.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar