Beda Mesin Diesel vs Bensin, Apa Kelebihan Masing-masing dalam Hal Performa?

CaruserMagz.com – Ada dua jenis mobil berdasarkan bahan bakarnya yang paling umum di seluruh dunia, yaitu Mobil diesel dan mobil berbahan bakar bensin (petrol). kedua jenis mesin tersebut memiliki karakteristik berbeda, baik dalam performa, harga, perawatan maupun efisiensi bahan bakar.

 
Apa saja beda mesin diesel vs bensin dalam hal performa? bagi sobat yang sedang menimbang-nimbang apakah akan membeli mobil diesel atau bensin, sebaiknya baca artikel ini sampai habis.

 
Kedua mesin tersebut memiliki karakteristik berbeda seperti tenaga kuda, torsi dan akselerasi, juga efisiensi bahan bakar. Dengan mengetahui perbedaan dari segi faktor-faktor tersebut, sobat dapat menyesuaikan pilihan mobil berdasarkan kebutuhan ataupun anggaran biaya operasional yang tersedia.

 
Dalam hal kinerja mesin, berikut perbedaan mobil diesel vs mobil bensin yang bisa dipertimbangkan saat memilih mobil:

 

Tenaga Kuda Mesin Bensin Lebih Tinggi

Bahan bakan bensin lebih ringan dibanding solar atau diesel, sehingga bensin lebih cepat terbakar. Hasilnya adalah RPM mesin akan lebih tinggi pada mesin bensin dengan jumlah bahan bakar yang sama. Sehingga daya kuda atau horsepower mesin bensin akan lebih besar dibanding diesel untuk kapasitas mesin yang sama.