Beda Mesin Diesel vs Bensin, Apa Kelebihan Masing-masing dalam Hal Performa?

CaruserMagz.com – Ada dua jenis mobil berdasarkan bahan bakarnya yang paling umum di seluruh dunia, yaitu Mobil diesel dan mobil berbahan bakar bensin (petrol). kedua jenis mesin tersebut memiliki karakteristik berbeda, baik dalam performa, harga, perawatan maupun efisiensi bahan bakar.

 
Apa saja beda mesin diesel vs bensin dalam hal performa? bagi sobat yang sedang menimbang-nimbang apakah akan membeli mobil diesel atau bensin, sebaiknya baca artikel ini sampai habis.

 
Kedua mesin tersebut memiliki karakteristik berbeda seperti tenaga kuda, torsi dan akselerasi, juga efisiensi bahan bakar. Dengan mengetahui perbedaan dari segi faktor-faktor tersebut, sobat dapat menyesuaikan pilihan mobil berdasarkan kebutuhan ataupun anggaran biaya operasional yang tersedia.

 
Dalam hal kinerja mesin, berikut perbedaan mobil diesel vs mobil bensin yang bisa dipertimbangkan saat memilih mobil:

 

Tenaga Kuda Mesin Bensin Lebih Tinggi

Bahan bakan bensin lebih ringan dibanding solar atau diesel, sehingga bensin lebih cepat terbakar. Hasilnya adalah RPM mesin akan lebih tinggi pada mesin bensin dengan jumlah bahan bakar yang sama. Sehingga daya kuda atau horsepower mesin bensin akan lebih besar dibanding diesel untuk kapasitas mesin yang sama.

 
Analoginya adalah jika ada 2 ekor sapi yang disuruh mengangkut beban yang sama, namun satu sapi berbadan gemuk dan berlemak, sedangkan sapi lainnya tidak kegemukan. Maka tentunya sapi yang tidak berlemak bobot badannya akan lebih ringan dan tenaganya jadi lebih efisien untuk mengangkut beban, karena dia tidak terbebani oleh bobot badannya sendiri.

 

Torsi Mesin Diesel Lebih Besar

Solar atau diesel adalah bahan bakar yang punya kepadatan lebih tinggi dibanding bensin, sehingga rasio tekanan (kompresi) yang dihasilkan oleh pembakaran minyak diesel akan lebih besar. Hasilnya mesin diesel punya daya angkat beban yang lebih baik dari mesin bensin, sejak rpm mesin rendah. Sedangkan mesin bensin butuh rpm tinggi untuk mendapatkan torsi yang tinggi.

 
Sehingga mesin diesel cocok untuk mobil yang sering mengangkut beban berat atau mobil untuk medan jalan yang bergelombang atau pedalaman. Itulah mengapa mobil-mobil besar seperti truk, bus, fuso dan trailer semuanya menggunakan mesin diesel.

 
Baca juga: Beda Horsepower vs Torsi dan efeknya pada performa mesin mobil

 

Akselerasi Mesin Bensin Lebih Cepat

Mesin diesel lebih kompleks dibanding mesin bensin. Hal itu diperlukan karena bahan bakar solar lebih berat dan diperlukan mesin yang lebih rumit untuk membakar solar. Sehingga part mesin diesel lebih banyak yang mengakibatkan bobot mesin lebih berat.

 
Sebaliknya karakteristik bensin yang ringan dan lebih cepat terbakar membuat mesin petrol lebih sederhana dibanding mesin diesel. Akibanya bobot mesin lebih ringan dan rpm lebih cepat meningkat. Selain itu, mesin bensin punya kurva torsi linier, sehingga peningkatan kecepatan juga meningkatkan torsi yang berakibat akselerasi juga lebih tinggi.

 

Harga Mobil Diesel Lebih Mahal

Pada jenis dan brand mobil yang sama dengan mesin berbeda, mobil dengan mesin diesel akan lebih mahal. Hal ini terjadi karena mesin diesel lebih rumit dan lebih banyak komponennya. Sehingga wajar harganya akan lebih mahal.

 

Mesin Diesel Lebih Hemat BBM

Dengan kapasitas mesin yang sama, angka kehematan bbm dalam satuan km/liter mesin diesel akan lebih baik dari mesin bensin. Sehingga ada keuntungan yang bisa didapat pemilik mobil untuk harga mesin diesel yang lebih mahal, yaitu biaya operasional yang lebih ringan, baik dari segi eefisiensi konsumsi bbm, maupun karena harga solar lebih murah dari bensin.

 

Mesin Diesel Lebih Brisik dari Mesin Bensin

Dalam hal suara mesin, karakteristik mesin diesel lebih brisik. Sebaliknya mesin bensin lebih halus baik getaran maupun suara raungan mesinnya. Hal itu juga terjadi karena part mesin diesel yang lebih banyak dan rumit dibanding mesin bensin.

 
Namun teknologi otomotif terkini yang kian canggih sudah banyak menghasilkan mobil-mobil diesel yang bahkan sehalus mobil bermesin bensin. Misalnya sebut saja pabrikan Korea seperti Hyundai dan Kia yang bisa membuat mobil diesel dengan suara dan getaran sehalus mesin bensin.

 
Baca juga:

 

Jadi mesin bensin unggul dalam hal tenaga kuda dan akselerasi, sedangkan mesin diesel unggul dalam hal torsi atau daya angkut beban. Dalam hal harga mobilnya, mobil bensin pada umumnya lebih murah, namun dalam hal biaya operasional mesin diesel lebih bersahabat dengan dompet, khususnya karena efisiensi bahan bakar.

 
Demikian, semoga informasi ini bermamfaat bagi sobat yang sedang memilih apakah akan membeli mobil diesel atau mobil bensin. Jika sobat punya informasi lain terkait topik ini, jangan ragu untuk berbagi pada kolom komentar.

 
Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar