Ciri Mobil Pernah Turun Mesin, Wajib Tahu untuk Cek Mobil Bekas!

Ciri Mesin Pernah Turun Mesin

CaruserMagz.comTanda dan Ciri Mobil Pernah Turun Mesin – Seperti yang kita ketahui, pembelian mobil bekas menjadi pilihan alternatif untuk menghemat budget pengeluaran saat butuh membeli mobil.

Namun pembeli juga harus siap dengan segala resiko kedepannya jika membeli mobil bekas. Salah satu risiko yang cukup berbahaya adalah mendapatkan mobil bekas yang pernah turun mesin karena masalah berat.

Maka, sebelum membeli dan deal untuk memboyong sebuah mobil bekas, mengecek dengan teliti terlebih dahulu ciri-ciri mobil pernah dibongkar mesin adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, pembeli harus memperhatikan dengan detail seluruh komponen dalam mobil.

Turun mesin artinya melepaskan mesin dari body mobil untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan pada komponen mesin. Hal ini akan dilakukan jika mobil dalam keadaan rusak parah yang mengharuskan perbaikan besar.

Baca: Tips Lengkap Mengecek Mobil Bekas

Sebab dan Akibat Mobil Turun Mesin

Contoh peristiwa yang mengharuskan turun mesin pada mobil misalnya mengalami kebakaran, terendam banjir, mengalami rusak parak karena salah masuk bahan bakar, tabrakan parah, mesin ngejim karena kesalahan spesifikasi oli dalam waktu lama, dan lain sebagainya.

Jika sudah turun mesin, biasanya kondisi mesin tersebut tidak bisa lagi sempurna 100% baik, akan banyak masalah-masalah susulan yang mengindikasikan bahwa pemilik mobil akan jadi lebih sering belanja servis untuk memperbaiki mobilnya.

Masalah-masalah tersebut misalnya adalah pembakaran yang sulit sempurna, getaran mesin yang tidak lagi membuat nyaman, asap hitam yang mengepul di kenalpot dan lain sebagainya. Sehingga akan lebih baik mesin tersebut diganti mesin baru dan itu sudah hampir sama dengan membeli mobil baru.

Mobil yang pernah bongkar mesin
Mobil yang pernah bongkar mesin

Ciri-Ciri Mobil Pernah Turun Mesin

Saat Turun mesin mobil, pada dasarnya memiliki dua bagian utama yakni block serta cylinder head. Jika permasalahan mesin pada silinder maka disebut turun setengah mesin atau top overhead. Berikut inilah tanda mobil yang pernah turun mesin:

1. Ruang Mesinnya Tampak Bersih

Tanda-tanda mobil pernah mengalami bongkar mesin yaitu melihat kondisi ruang mesinnya. Biasanya ruang tersebut dalam keadaan bersih, sebab mobil overhaul telah diangkat dan diperbaiki. Dalam perbaikan itu dilakukan pembersihan secara total.

2. Adanya Bekas Goresan Pada lubang Baut

Langkah yang harus diperhatikan dalam melihat mobil yang mesinnya pernah dibongkar adalah dengan mengecek bagian lubang bautnya. Baut pada mobil yang pernah overhaul pasti terdapat goresan halus yang begitu banyak. Hal ini karena saat perbaikan pasti pihak bengkel membuka semua baut pada bagian mesin.

3. Seal Mesin Terlihat Baru atau Ada Seal Lilicon

Ciri-ciri selanjutnya dari mobil sudah turun mesin yang sangat mudah dikenali yaitu terdapat segel pada mesin mobil. Biasanya hal ini hanya ada di mesin yang sudah mengalami pembongkaran dan perbaikan akibat turun mesin.

Bagi yang sudah memahami, pasti mudah memahami perbedaan segel yang tampak. Karena mobil yang tidak pernah mengalami turun mesin biasanya tidak mengunakan seal silikon. Dimana proses merakit dan menyatukan semua komponen dilakukan otomatis dengan robot.

Baca juga: Hal Penting Dilakukan setelah Membeli Mobil Bekas

Demikian sedikit penjelasan mengenai ciri-ciri mobil pernah turun mesin. Semoga uraian di atas bermanfaat bagi teman-teman yang ingin membeli mobil bekas. Sehingga bisa mendapatkan mobil dalam kondisi yang masih baik.

Tulis Komentar