Avanza-Xenia Generasi Baru Kemungkinan Berpenggerak Roda Depan? ADM Mulai Goyah?

CaruserMagz.com – Hingga pertengahan tahun 2018 pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) belum merilis generasi baru dari si kembar Avanza dan Xenia. Ada kabar penting dilontarkan petinggi ADM mengenai Xenia generasi ke-empat, yaitu kemungkinan kembaran Avanza tersebut menganut sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD).

 
Gempuran kompetitor yang semuanya berpenggerak roda depan sudah berhasil menjatuhkan Avanza dari singgasana raja MPV sejak Februari hingga Mei 2018. Adalah kehadiran fenomenal Mitsubishi Xpander yang berhasil menumbangkan hegemoni Toyota Avanza sebagai mobil terlaris.

 
Awalnya banyak yang memperkirakan bahwa Mitsubishi Xpander tidak akan mampu mengungguli Avanza, karena faktor penggerak roda belakang (RWD) pada Avanza-Xenia. Sedangkan Xpander berkonfigurasi FWD. Namun ternyata perkiraan tersebut tidak sepenuhnya tepat karena Xpander berhasil membuktikan kinerja penjualannya mengungguli Avanza.

 
Hal tersebut bisa jadi dianggap bukti bahwa imej Mobil MPV harus berpenggerak roda belakang tidak lagi berpengaruh kuat pada keputusan konsumen. Terbukti dari Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander yang tidak mendapat keluhan sama sekali mengenai kemampuannya melibas tanjakan atau masalah pada kaki-kaki roda depan.

 
Rudy Ardiman, selaku Division Head Corporate Planing PT ADM mengatakan bahwa belum diputuskan apakah Xenia generasi baru akan tetap menggunakan penggerak roda belakang atau berubah jadi roda depan. Menurutnya itu tergantung kondisi pasar otomotif, pihaknya akan mempelajari yang mana yang diinginkan konsumen.

 
“Ya itu tergantung market, jika nanti ada yang cari performa, ada yang cari irit nah itu harus diakomodir, dipelajari,” ungkap Rudy Ardiman pada Sabtu (2/6) saat diwawancara wartawan.

 
“Kalau marketnya ternyata lebih suka performance dan butuh penggerak roda belakang ya kenapa tidak (tetap pake RWD). Tapi kalau sudah mulai (ke arah) fuel efficiency, terus lebih terjangkau lagi yang dicari, ya beda lagi,” jelas Rudy.

 
Baca juga:
Daihatsu DN-Multisix Konsep Avanza Xenia generasi Baru
Toyota Avanza RSE untuk Kenyamanan Penumpang

 
Pernyataan tersebut setidaknya memberi signal bahwa pihak ADM juga mempertimbangkan FWD untuk si kembar Xenia-Avanza, terutama jika terkait keinginan konsumen dalam hal efisiensi bbm dan tentunya harga jual unit kendaraan yang bisa lebih murah jika menggunakan konfigurasi FWD. Apakah ini pertanda pihak ADM mulai goyah melihat kompetitor yang berhasil mengunggulinya meskipun menggunakan FWD?

 
Daihatsu Xenia generasi ke-empat disebut sedang dalam masa penggodokan oleh pihak ADM. Namun para petinggi Daihatsu Indonesia kompak untuk bungkam mengenai kapan rencana peluncuran LMPV sejuta umat kembar tersebut.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar