Adu Irit dan Performa Sub-Compact SUV: Raize, Sonet, Magnite, Kiger

Adu Irit dan Performa sub-compact SUV - Raize, Sonet, Magnite, Kiger

Mana Sub-compact SUV yang paling irit bahan bakar, di antara Raize, Rocky, Sonet, Magnite dan Kiger? Mana yang paling hemat BBM dan performa sub-compact SUV mana yang paling bagus?

CaruserMagz.com – Segmen mobil sub-compact SUV yang tergolong baru di Indonesia tak butuh waktu lama, langsung dijejali banyak pilihan. Hingga pertengahan 2021, sudah ada 5 model dari merek berbeda, yaitu Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Kia Sonet, Nissan Magnite dan Renault Kiger.

Masih banyak amunisi pilihan dari merek yang belum mengeluarkan jagoannya di segmen ini, misalnya Hyundai, Suzuki, Mazda, Wuling, DFSK, Honda dan Mitsubishi.

Peminat SUV kecil yang canggih ini tentu ingin mengetahui mana diantara pilihan tersebut yang paling irit bahan bakar dan mana yang paling bagus performanya.

Menjawab pertanyaan itu, kita bisa ambil data dari hasil pengecekan salah satu media otomotif yang terkemuka di Indonesia, yaitu CintaMobil.TV.

Hasil Test Keiritan BBM

Dalam Video ulasan perbandingan 4 sub-compact SUV, dimana Raize dan Rocky dianggap sudah terwakilkan oleh Toyota Raize, di channel YouTube Cintamobil.TV, disajikan data hasil pengetesan konsumsi bahan bakar dan performanya, yaitu sebagai berikut:

Sub-compact SUVKonsumsi BBM Dalam Kota Konsumsi BBM Luar Kota
Toyota Raize
Daihatsu Rocky
16,0 km/liter 19,2 km/liter
Kia Sonet14,3 km/liter 19,8 km/liter
Nissan Magnite15,5 km/liter20,3 km/liter
Renault Kiger14,2 km/liter17,2 km/liter

Dari data hasil pengetesan oleh cintaMobil-TV tersebut, dapat kita ketahui bahwa ternyata Toyota Raize adalah sub-compact SUV yang paling irit BBM untuk rute dalam kota, sedangkan di jalur toll, yang paling irit adalah Nissan Magnite. SUV kecil yang paling boros dalam daftar ini adalah Renault Kiger.

Kia Sonet dan Nissan Magnite bisa dikatakan adalah yang irit untuk rute luar kota. Namun secara keseluruhan kami kita pemenangnya adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky untuk adu irit ini, karena baik di dalam kota, maupun jalur toll, ia tergolnog sangat hemat bbm.

Sub-compact SUV mana yang paling irit - Raize, Sonet, Magnite, Kiger
Sub-compact SUV mana yang paling irit – Raize, Sonet, Magnite, Kiger

Adu Performa 0 – 100 kpj

Namun berbicara tentang konsumsi BBM tentu bukan cuma tentang angka km yang bisa ditempuh tiap liter, performa mobil juga bisa jadi pertimbangan. Karena buat apa irit BBM, jika mobilnya lemot. Lalu yang manakah yang paling kencang? Ini datanya:

Sub-compact SUVWaktu Tempuh
0 – 100 km/jam
Toyota Raize11,2 detik
Kia Sonet11,5 detik
Nissan Magnite11,3 detik
Renault Kiger11,5 detik

Dari angka performa tersebut, maka dapat disimpulkan pada dasarnya keempat atau kelima sub-compact SUV tersebut memiki performa yang relatif sama, yaitu berkisar 11 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam.

Drag Race

Saat dilakukan race 1 lawan 1, di dapat hasil bahwa Nissan Magnite adalah sub-compact SUV yang tercepat, kemudian disusul oleh Toyota Raize, Kia Sonet dan terakhir Renault Kiger.

Berikut catatan waktu tempuh masing-masing mobil tersebut untuk lintasan sepanjang 201 meter:

Sub-compact SUVWaktu Tempuh
Lintasan 201 meter
Nissan Magnite13,91 detik
Toyota Raize14,22 detik
Kia Sonet14,48 detik
Renault Kiger15,03 detik
Adu cepat sub-compact SUV di lintasan pendek
Adu cepat sub-compact SUV di lintasan pendek

Baca juga:

Itulah hasil pengujian dan perbandingan Sub-Compact SUV di Indonesia oleh salah satu media otomotif yang bisa dipercaya. Lebih lengkapnya bisa sobat tonton di Channel YouTube CintaMobil.TV.

Dalam video tersebut mereka juga membandingkan kelincahan mobil dengan adu slalom, kenyamanan kabin karena kuatnya getaran mesin, fitur-fitur canggih, dan value for money terkait harganya. Pemenang secara keseluruhan dari review perbandingan tersebut adalah Kia Sonet.

Tulis Komentar