VW Polo GT Sedan Diluncurkan dengan Mesin 1,4L TSI Turbo di Rusia


CaruserMagz.com – Volkswagen baru saja menambah varian produknya, VW Polo yang sudah dikenal sebagai medium hatchback yang berada satu kelas di bawah VW Golf dikembangkan menjadi versi sedan. Tapi menurut laporan terakhir, VW Polo GT sedan ini hanya dibuat untuk pasar Rusia dan merupakan versi  facelift dari VW Vento Rusia.
VW Polo GT Sedan
Volkswagen Polo GT Sedan diluncurkan di Rusia
Volkswagen menyatakan bahwa VW Polo GT ini lebih disebut sebagai sporty sedan yang diperuntukkan bagi penggemar kenikmatan mengemudi “driving enthusiast”. Hmm.. menurut kami bentuknya kurang sporty, tapi lebih ke arah desain yang elegan sebagaimana mobil-mobil VW pada umumnya.
Tapi Volkswagen membuktikan pernyataannya dengan membenamkan teknologi turbo pada sedan barunya ini. VW Polo GT Sedan dibekali mesin berbahan bakar bensin bertenaga 125 HP, 1.4-liter TSI turbocharged.  Mesin tersebut dikawinkan dengan 2 pilihan tipe transmisi, yaitu transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis DSG 7 percepatan. Sedangkan sistem penggerak dibebankan pada roda depan atau “Front Wheel Drive (FWD)”.

Eksterior

Varian sedan yang diklaim berorientasi pada performa  ini juga dipersolek dengan beberapa perangkat kosmetik tambahan. Antara lain alloy wheel sporty multi spoke 16-inchi, skirts aerodinamis, atap bermotif warna kontras hitam dan spion yang cantik, grill bumper depan bermotif sarang lebah, spoiler belakang yang terintegrasi dengan tutup bagasi, lampu LED daytime running light (DRL) yang berada dalam lampu utama bersanding dengan elemen projektor headlamp, dua knalpot chrom kembar untuk menggambarkan tenaga yang buas (oo..really? it’s only 125 HP guys!) dan emblem GT pada fender depan.
300 pembeli pertama dijanjikan akan mendapatkan hiasan garis balap (racing strips) kembar berwarna hitam-merah pada kap mesin dan bagasi. Jadi klaim balapnya lebih kepada kosmetik, bukan pada desain bentuknya. isn’t it guys?
 
Racing Design of VW Polo GT sedan
VW Polo GT Sedan dengan Racing Strips
 

Interior

Pada bagian dalam kabin, masih mengusung basis warna hitam dan desain simpel yang elegan. Lingkar kemudi  flat di bagian bawah, jadi bukan lingkaran sempurna, bagian bawah dibuat sedikit datar seperti pada Toyota Vios 2012. Door handle bermotif chrom, Arm rest di konsol tengah dan motif sarung jok kotak-kotak yang sederhana.
Interior VW Polo GT Sedan
Interior VW Polo GT Sedan
Peluncuran VW Polo GT sedan ini sepertinya merupakan trobosan Volkswagen untuk tetap eksis di industri otomotif Rusia yang sedang lesu. Pengenalan varian sedan baru diharapkan dapat  membangkitkan minat konsumen terhadap mobil-mobil VW.
Industri otomotif Rusia sedang mengalami penurunan berkelanjutan yang signifikan. Semua pabrikan mobil berusaha melakukan inovasi untuk mengurangi laju penurunan yang terus jatuh.  Putusnya hubungan dagang Rusia dengan Turki akibat keterlibatan Rusia dalam perang saudara di Suriah dapat menjadi angin segar bagi industri otomotif yang mempunyai pabrik di Rusia, karena impor mobil dari Turki terhenti total.
Bisa saja mini sedan ini dijual ke seluruh dunia dan menjadi lawan tangguh mini sedan Jepang seperti, Toyota Vios atau Yaris sedan, Honda City dan KIA Rio sedan. Itu kabar yang baik bagi pecinta mobil-mobil VW dan penggemar kenikmatan mengemudi, kestabilan dan cita rasa mobil eropa yang nyaman dan elegan.
Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *