McLaren 720S Indonesia Resmi Dijual, Berapa Harganya?

CaruserMagz.com – McLaren 720S supercar generasi kedua akhirnya resmi diluncurkan untuk pehobi mobil supercar di Indonesia. Prosesi peluncuran dilakukan pada Rabu 26 Juli 2017 di Jakarta.

 

Supercar besutan Robert Melville ini akhirnya bisa menjadi penghuni garasi orang-orang berduit di Indonesia. Namun layaknya mobil sport mewah, pembeli tentu harus bersabar karena daftar tunggu yang panjang, paling cepat pembeli pertama di Indonesia baru bisa menerima unitnya pada September 2017 atau bisa sampai awal tahun 2018.

 

“Indonesia adalah salah satu market signifikan di dunia untuk McLaren. Untuk itu kami tertarik meluncurkan line-up Super Series yang memiliki kemampuan luar biasa yaitu 720S. Respon publik dunia sangat baik untuk new McLaren 720S, supercar ini ringan, cepat dan aerodinamis,” papar Irmawan Poedjoadi selaku CEO McLaren Jakarta dalam prosesi peluncuran di Jakarta (26/7).

 

Robert Melville mendesain mobil ini saat dia menjabat sebagai chief designer McLaren. Melville menerapkan bahasa desain yang baru pada mobil-mobil McLaren. Apalagi sekarang dia telah diangkat menjadi Direktur Design, maka kemungkinan mobil-mobil McLaren selanjutnya juga akan mengikut bahasa design 720S ini.

 

New McLaren 720S merupakan suksesor 650S dalam lineup-nya, namun mendapat ubahan desain revolusioner yang menurunkan drag coefficient. Sportcar monster ini diklaim punya downforce 50% lebih baik dari 650S.

 

New McLaren 720S ditenagai mesin V8 berkode M840T dengan volume 3.994cc (4-liter), berteknologi ‘Twin Electrically – Actuated Twin Scroll Turbochargers, dry sump’. Dengan 32 valve DOHC-VVT mesin monster ini mampu menyemburkan tenaga 720 PS (710 HP) pada 7.250 rpm dan torsi pucak 770 Nm pada 5.500 rpm. Tenaga buas tersebut menggerakkan roda belakang (RWD) dengan transmisi 7-percepatan Reverse SSG.

 

Dari diam ke 100 km/jam dituntaskan dalam waktu 2,8 detik saja, sedangkan kecepatan maksimum adalah 341 km/jam. Performa itu diimbangi dengan teknologi rem yang luar biasa, dari kecepatan 100 km/jam hingga berhenti, hanya butuh lintasan 30 meter saja.

 

McLaren mengklaim konsumsi bahan bakar mobil balap road-legal ini, mampu menempuh 6 km/liter untuk berkendara di dalam kota. Sedangkan di luar kota atau toll mencapai 13,5 km/liter. Sedangkan jika kombinasi dalam dan luar kota mencatat 9,3 km/liter.

 

Bobot New McLaren 720S ini cuma 1.322 kg walau menggendong mesin monster 4-liter V8, berkat konstruksi rangka dan body serat karbon pada kokpit yang serupa dengan McLaren P1, desain kokpit tersebut memberi keasyikan mengemudi dan tingkat keamanan yang tinggi.

 

Interior sport car ini didesain mewah dengan bahan interior terbaik, kursi yang nyaman dan ergonomis. Fitur infotainment berupa layar monitor dengan posisi vertical, layaknya smartphone yang lebar.

 

Hal yang unik ada pada panel instrument digital, jika menggunakan mode-S (Sport), panel tersebut akan terlipat otomatis, hingga hanya menampilkan posisi transmisi dan kecepatan. Hal tersebut ditujukan agar pengemudi lebih berkonsentrasi pada jalan dan lebih menikmati kecepatan.

 

Mengenai harga, sampai artikel ini kami posting, belum ada rilis resmi dari representatif McLaren Indonesia. Sebagai gambaran, McLaren 720S ini dijual seharga 288,845 Dollar Amerika Serikat di Eropa, atau sekitar Rp 3,85 Milyiar. Kemungkinan akan jauh lebih mahal di Indonesia, karena tergolong barang impor sangat mewah dengan beban pajak yang jauh lebih besar dari mobil biasa.

 

Bagi sobat yang suka memacu adrenalin dalam seekor sportcar buas, silahkan rogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan McLaren 720S.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *