Kelebihan Mitsubishi Pajero Sport 2016 Dibanding Toyota New Fortuner

CaruserMagz.com – Persaingan yang sengit pada segmen SUV besar berkapasitas 7 penumpang seolah hanya menjadi arena untuk New Pajero Sport vs New Fortuner. Dari berbagai sisi, kedua mobil ini sangat bersaing, tidak ada yang terlalu superior dibanding kompetitornya.

 

Untuk menyediakan informasi sesuai preferensi calon pembeli atau pecinta SUV 7 penumpang, CaruserMagz.com ingin memberikan ulasan ringkas mengenai apa saja kelebihan Mitsubishi Pajero Sport 2016 dibanding rivalnya dari Toyota.

 

Ulasan ini hanya membahas kelebihan Pajero Sport, bukan kekurangannya dari New Fortuner. Untuk mengetahui apa saja kelebihan New Fortuner dibanding Pajero Sport, sobat bisa membaca artikel kami sebelumnya pada link ini: “Kelebihan New Fortuner dibanding Pajero Sport 2016

 

Berikut ulasan mengenai kelebihan All New Pajero Sport 2016:

 

1. Desain Eksterior yang Lebih Gagah dan Unik

 

Memiliki mobil yang gagah dan mempunyai ciri khas tersendiri yang unik merupakan suatu prestise yang luar biasa, dan Pajero Sport Facelift 2016 ini menyediakan hal tersebut dengan berlimpah. Sehingga wajar Mitsubishi All New Pajero Sport mendapat penghargaan “Car of The Year” pada tahun 2016.

 

Harus diakui, New Pajero Sport menang telak dalam hal desain eksterior dibanding New Fortuner. Walau mendapat facelift yang signifikan, perubahan pada New Fortuner 2016 bisa dikatakan kurang berani alias main aman. Sehingga Fortuner masih terkesan untuk konsumen yang berumur “mobil untuk orang tua“.

 

Sedangkan All New Pajero Sport terlihat lebih energic, keluar dari mainstream, unik, dan gagah sekaligus tetap elegan. Sehingga desain ekteriornya banyak disukai orang muda, khususnya yang berumur 40 tahun ke bawah.

 

Desain Wajah yang Ganteng dan Unik

 

Penampakan depan New Pajero Sport Facelift 2016 ini sangat unik dan memberikan warna yang benar-benar baru bagi dunia otomotif. Walau bertabur chrom, wajahnya tidak nampak lebai dan tidak membuat mata kita berkunang-kunang saat memandangnya. Tampilan headlamp yang tajam sipit dan bercampur dengan aksen chrom serta lampu LED membuat mobil ini nampak mendahului zamannya.

 

Sedangkan New Fortuner 2016 masih mengambil pola mainstream zaman sekarang, sehingga Nampak biasa-biasa saja, nothing special. Walaupun sebenarnya sudah jauh berubah dari versi lawasnya yang lebih nampak jadul.

 

Sebenarnya Fortuner 2016 sudah cukup keren, hanya saja diluncurkannya New Pajero Sport pada waktu yang bersamaan seolah-olah menenggelamkan gema facelift pada Fortuner.

 

Desain Belakang yang Unik

 

Pada bagian belakang, memang banyak yang mengungkapkan ketidaksukaannya pada bentuk lampu belakang All New Pajero Sport. Namun tidak sedikit juga yang menyukainya.

 

Yang pasti, desain belakang, khususnya lampu belakang tersebut merupakan sesuatu yang baru, sehingga menjadi ciri khas New Pajero Sport 2016.

Kelebihan Pajero Sport vs Fortuner
Penampakan Belakang Pajero Sport

Lampu belakang yang memanjang ke bawah membuat belakang New Pajero Sport nampak bertabur crystal disiang hari, dan menjadi sangat mudah dikenali di malam hari.

Ciri khas yang unik tersebut dapat menjadi kebanggaan yang special bagi para pemiliknya. Apalagi jika ditambah rear spoiler, penampakan bokong New Pajero yang nyeleneh tersebut menjadi lebih gagah.

 

2. Kabin yang Lebih Lapang

 

New Fortuner 2016 boleh saja bangga dengan fitur sliding pada kursi baris kedua, karena New Pajero Sport tidak memiliki fitur tersebut. Namun New Pajero memang tidak memerlukan fitur itu, karena sebenarnya kabin baris kedua dan ketiga sudah sangat lapang tanpa harus menggeser-geser posisi kursi baris kedua.

 

Duduk di dalam kabin Mitsubishi All New Pajero Sport memang terasa lebih lapang dibanding kabin New Fortuner, ruang kaki dan kepala lebih luas sehingga bergerak di dalamnya terasa lebih mudah.

 

Untuk penumpang bertinggi badan 180 cm ke atas, akan mentok di kabin baris ketiga Fortuner, sedangkan di Pajero Sport 2016, penumpang tersebut masih mempunyai ruang kaki.

 

3. Ada Fitur Sun Roof

 

Kelebihan fasilitas yang menjadi kelebihan All New Pajero Sport adalah keberadaan sun roof, sehingga penumpang bisa menikmati panorama langit saat dalam perjalanan. Sun roof memberi kesan mewah pada mobil di Indonesia, karena sangat jarang mobil memiliki fitur ini, tak terkecuali Toyota New Fortuner yang sampai sekarang tidak berminat menambahkan fitur tersebut.

 

4. Rem Parkir Elektrik

 

Fitur canggih yang ada pada All New Pajero Sport tapi tidak ada pada New Fortuner adalah rem parkir atau rem tangan elektrik. Pengemudi cukup menarik tombol pada konsol tengah untuk mengaktifkan rem parkir, dan menekannya untuk melepaskan rem tangan.

 

Sementara pada New Fortuner, masih menggunakan tuas rem di konsol tengah, seperti pada umumnya mobil zaman sekarang. Tombol yang ringkas memberi kesan modern dan tentunya akan memberikan ruang yang lebih pada konsol tengah.

 

5. Head Lamp Washer

 

Fitur unik dan baru pada All New Pajero Sport yang tidak dimiliki Toyota New Fortuner adalah pencuci lampu utama. Di bawah head lamp ada nozzle yang bila diaktifkan akan keluar dan menyemburkan air dengan kencang untuk membersihkan lampu tersebut. Sangat tepat fitur ini ada pada mobil SUV yang diperuntukkan menjelajah medan berlumpur atau jalanan pelosok.

 

6. Rem Cakram Ban Belakang

 

Pada tipe tertinggi, New Pajero Sport Dakar sudah memiiki rem cakram pada semua bannya. Sedangkan New Fortuner masih menggunakan rem tromol untuk ban belakangnya di semua tipe. Sehingga untuk fitur keselamatan rem, Mitsubishi All New Pajero Sport menang dari All New Fortuner.

 

7. Pelipatan Kursi Bisa Rata Lantai

 

Kursi baris ketiga dan kedua pada New Pajero Sport bisa dilipat rata lantai sehingga menghasilkan ruang bagasi yang lapang. Sedangkan pada All New Fortuner, kursi baris ketiga harus dilipat ke atas seperti pada Toyota Rush dan Innova, sehingga membuat ruang bagasi terasa sempit di sisi kiri dan kanan dan tentunya akan menutupi kaca yang menyebabkan kurangnya pencahayaan di dalam bagasi.

 

8. Tenaga dan Torsi yang Lebih Besar pada Tipe Tertinggi

 

Mitsubishi All New Pajero Sport tipe Dakar, sebagai tipe tertinggi dan terlengkap fiturnya, mempunyai tenaga yang superior dibanding New Fortuner, yaitu 181HP/3500rpm dan torsi 430Nm/2500rpm.

 

Tenaga dan torsi tersebut lebih besar 32 HP dari milik Fortuner VRZ sebagai tipe termahal dari Toyota New Fortuner 2016 yang memilik tenaga 149HP/3400rpm dan Torsi 400Nm/2000rpm. Tapi itu hanya pada tipe dakar, pada tipe standar, Fortuner menang dalam hal tenaga ini.

 

9. Transmisi Otomatis 8-Percepatan

 

Pada tipe Dakar, New Pajero Sport dipersenjatai dengan transmisi otomatis 8 percepatan, sedangkan pada tipe tertinggi New Fortuner, hanya memiliki transmisi otomatis 6 percepatan.

 

Gear yang lebih banyak tentunya akan membuat tarikan nafas Pajero Sport Dakar terasa lebih panjang, lebih halus dan tentunya akan lebih menghemat bahan bakar pada perjalanan jauh yang banyak berpacu dengan kecepatan tinggi.

 

10. Hill Start Assist (HSA)

 

All New Pajero Sport tipe Dakar sudah dibekali fitur hill start assist yang membantu mengamankan mobil agar tidak meluncur mundur atau maju tanpa diinginkan pengemudi, saat harus berhenti di tanjakan.

 

Fitur ini sangat berguna saat harus terjebak kemacetan di tanjakan atau saat antri di parkiran mall yang banyak tanjakan. fitur HSA ini tidak dimiliki New Fortuner pada semua tipenya.

 

11. Brake Assistance (BA)

 

Kelebihan lainnya pada fitur pengereman, New Pajero Sport tipe Dakar memiliki Brake Assist (BA) sebagai fitur pelengkap pada ABS+EBD. Sedangkan New Fortuner hanya memiliki ABS+EBD tanpa fitur BA.

 

Fitur Brake Assist ini membantu pengemudi saat pengereman mendadak untuk menghentikan mobil lebih cepat. Secara otomatis fitur BA akan menambah tekanan rem jika pengemudi menginjak rem kurang dalam saat panic braking.

 

12. Trailer Stability Assistance

 

All New Pajero Sport tipe Dakar mempunyai fitur yang tidak lazim ada di mobil-mobil di Indonesia, trailer stability assist sangat berguna untuk mobil yang digunakan membawa beban lain yang ditarik (trailer).

 

Biasanya pada mobil-mobil lapangan, SUV besar ini digunakan untuk menarik beban seperti mesin genset, speed boat, dan lain-lain. Beban tersebut biasanya menyebabkan mobil tertarik ke kiri atau ke kanan saat menikung. Nah.. fungsi fitur trailer stability assist ini adalah secara otomatis menstabilkan mobil saat ada gaya tarik oleh beban yang ditarik dengan mengatur pengereman masing-masing ban.

 

13. Stability Control

 

Mitsubishi All New Pajero Sport 2016 tipe Dakar dilengkapi dengan fitur stability control yang berfungsi menstabilkan mobil saat menikung pada kecepatan tinggi.

 

Sehingga menambah kepercayaan diri pengemudi saat harus menikung dengan kecepatan tinggi, karena fitur stability control mengurangi efek limbung. Entah mengapa Toyota tidak melengkapi New Fortuner dengan fitur ini, padahal ini adalah fitur yang jamak ada pada mobil-mobil mewah.

 

14. Traction Control

 

Meskipun Mitsubishi memiliki penampakan yang makin elegan dan cocok untuk dijadikan mobil keluarga, pada tipe dakar tetap dipersenjatai dengan fitur-fitur mobil lapangan yang canggih, sehingga lebih cocok dipilih oleh pecinta off road ketimbang New Fortuner.

 

Dengan Fitur Traction Control, Pengguna All New Pajero Sport dapat lebih mudah melewati jalanan yang licin, karena fitur ini dapat menyeimbangkan putaran masing-masing ban dan membantu memfokuskan tenaga pada ban yang memiliki grip terbaik ke jalan yang kurang licin.

 

Traction control secara otomatis mengurangi putaran ban yang slip dan berputar terlalu cepat dibanding roda lain, sehingga tenaga mobil tidak terfokus pada ban tersebut dan dapat disalurkan pada ban lain yang mempunyai cengkraman lebih kuat pada permukaan jalan yang tidak licin.

 

15. Harga yang Lebih Murah pada Tipe Standar

 

Pada tipe standar Mitsubishi New Pajero Sport bersaing dengan New Fortuner tipe G. Harga Pajero Sport Exceed lebih murah 14 juta dibanding New Fortuner, yaitu sebesar 446 juta. Selisih harga yang lumayan untuk menghemat budget, walau mungkin bagi pembeli mobil jenis ini, uang segitu bukanlah jumlah yang besar.

Dengan fitur canggih yang lebih berlimpah dari New Fortuner tipe VRZ, New Pajero Sport tipe Dakar hanya lebih mahal 2 juta rupiah, yaitu 496 juta. Sehingga dari segi Value for Money, All New Pajero Sport menang telak dari All New Fortuner pada semua tipe.

 

 

KESIMPULAN

Dari ulasan CaruserMagz.com di atas, Mitsubishi All New Pajero Sport 2016 lebih unggul dari Toyota All New Fortuner pada tipe tertinggi, yaitu tipe Dakar vs Fortuner VRZ. Sedangkan pada tipe standar yaitu Pajero Sport Exceed vs Fortuner tipe G, relatif seimbang dari sisi fitur, namun Pajero Sport menang jauh dari sisi harga yang lebih murah 14 juta rupiah.

Pada dasarnya kedua mobil tersebut sudah jauh lebih baik dari versi lawasnya masing-masing. Hanya saja All New Pajero Sport lebih banyak kelebihannya, khususnya pada fitur-fitur canggih. Sedangkan New fortuner lebih mementingkan fasilitas dan keindahan interior.

Bagi Sobat muda yang energic dan menyukai penampilan yang gagah, nampak lebih modern serta menyukai fitur-fitur canggih dan kenikmatan mengemudi, tentunya All New Pajero Sport adalah pilihan yang tepat, khususnya tipe Dakar.

Sedangkan sobat yang menyukai penampilan yang lebih mapan dan lebih banyak berkendara di jalan yang mulus, bisa memilih All New Fortuner. Tapi ingat harga All New Pajero Sport tipe Exceed lebih murah dari Fortuner untuk fitur-fitur yang tidak terlalu berbeda dari New Fortuner.

Dari survey yang kami lakukan secara cepat, All New Pajero Sport lebih disukai orang-orang muda karena penampilannya yang lebih ganteng dan unik. Sedangkan All New Fortuner disukai orang-orang yang lebih berumur. Tapi semua tergantung preferensi dan selera masing-masing.

 

Salam Otomotif dan Selamat Memilih Mobil Impian Sobat!

 

Photo: by Yayan A.│Location:Tg.Api-api,Palembang


“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

11 thoughts on “Kelebihan Mitsubishi Pajero Sport 2016 Dibanding Toyota New Fortuner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *