BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Hyundai Palisade Facelift 2023 Debut di New York Auto Show, Apa Saja Perubahannya?

Hyundai Palisade Facelift Diluncurkan

Share

CaruserMagz.com – Hyundai Palisade mendapat facelift pertamanya sejak debut global di LA Auto Show 2018 silam. Palisade Facelift 2023 diluncurkan secara resmi di negeri Paman Sam, yaitu di ajang New York International Auto Show (NYIAS), pada 13 April 2022.

Sebelumnya penampakannya telah diungkap melalui teaser resmi Palisade facelift dan bocoran foto spyshot.

Perubahan yang dilakukan Hyundai pada Full-Size SUV andalannya ini tergolong minor, yaitu untuk mengaplikasikan bahasa desain terbarunya yang berjuluk “Jewel Like Grille”.

Selain itu, perubahan juga dilakukan pada beberapa detail eksterior dan interior, serta penambahan fitur-fitur terkait kenyamanan berkendara, khususnya penumpang.

Hyundai Palisade Facelift 2023
Hyundai Palisade Facelift 2023

Perubahan Eksterior Hyundai Palisade Facelift 2023:

Wajah Baru dengan Grille Permata

Perubahan paling kentara di sisi tampilan luar Palisade Facelift ini adalah penerapan bahasa desain terbaru dengan Jewel like Grille, atau grill seperti permata yang mengintegrasikan LED-Daytime Running Light (LED).

Perubahan Wajah Hyundai Palisade Facelift 2023
Perubahan Wajah Hyundai Palisade Facelift 2023

Bahasa desain tersebut sudah kita lihat pada Hyundai Creta dan Tucson terbaru. Dibanding Palisade model sebelumnya, wajah facelift ini terlihat lebih garang mengotak dan lebih bernuansa truk. Itu menambah kesan SUV yang bold.

Detail yang berubah adalah posisi LED-DRL yang sebelumnya di sisi dalam dari head-light, kini bergeser ke sisi luar. Ini memberi kesan mobil lebih lebar, walau berdimensi sama. Kemudian desain bumper dengan aksen silver yang juga lebih lebar dari sebelumnya.

Perubahan di Bagian Belakang

Sisi belakang juga berubah minor, sepertinya juga untuk memberi kesan lebih lebar dengan aksen silver yang lebih memanjang, dan lampu reflector panjang di bumper. Tidak ada lagi lampu reflektor di sisi kiri kanan dengan aksen silever yang seolah-olah ekstensi dari LED-DRL di bagian atas.

Bentuk ujung kenalpot juga dirubah dari bentuk trapesium menjadi mengotak. Sedangkan sisi atas mobil ini, semuanya terlihat sama dengan model sebelumnya.

Beda tampilan Belakang
Perubahan Belakang Hyundai Palisade Facelift 2023

Velg Baru

Di sisi samping, perubahan tidak signifikan, hanya terlihat velg baru yang mengurangi kesan gagah dari kaki-kaki Palisade sebelumnya. Velg baru ber-spoke ramai yang lebih cocok untuk MPV, kami lebih suka velg lama yang berdesain simpel dan sporty.

Perubahan sisi Samping
Perubahan sisi Samping Palisade Facelift 2023

Perubahan Interior

Perubahan di dalam kabin juga untuk menerapkan bahasa desain terbaru Hyundai, yaitu pada desain spoke lingkar kemudi. Beberapa ubahan untuk meningkatkan kenyamanan juga dilakukan, berikut detailnya:

Perubahan di Kabin Depan

  • Desain Setir Baru – sama halnya dengan perubahan grill, lingkar kemudi juga identik dengan yang kita lihat ada Hyundai Creta dan Staria.
  • Head Unit diperbesar – layar touchscreen berupa floating-head unitdiperbesar dari 10,25-inci menjadi 12-inci.
  • Kisi-kisi AC memanjang – ventilasi AC di dashboar dibuat lebih ramping, tapi memanjang di sekujur dashboard dari sisi samping kemudi hingga ke ujung sisi dashboard di hadapan penumpang depan.
  • Tampilan cluster meter 12,3-inci baru – cluster di balik lingkar kemudi full digital kini memiliki tampilan yang mirip dengan Creta dan Staria.
  • Spion kabin digital menampilkan kamera mundur – center rear-view mirror bisa berfungsi sebagai display dari kamera muncur, sehingga visibilitas lebih luas.
  • Kursi Ergo Motion Genesis – bentuk kursi mengaplikasikan jok dari merek premium Genesis yang dikliam lebih nyaman dan mengurangi tingkat kelelahan selama mengemudi.
  • Hot-spot Wi-fi – untuk akses internet di semua kabin.
  • Sistem konektifitas BlueLink – menghubungkan mobil dengan data center Hyundai dan pengontrolan beberap fitur mobil dari smartphone.
Dashboard Palisade Facelift 2023
Dashboard Palisade Facelift 2023

Kenyamanan Penumpang Belakang Ditingkatkan

Kabin belakang Palisade facelift 2023 ini terasa lebih premium karena peningkatan beberapa hal sebagai berikut:

  • Head Rest baru dengan Wings di kursi baris kedua – head rest dilengkapi sayap yang bisa diatur untuk menampung kepala penumpang saat ingin bersandar lebih rileks.
  • Ventilated-seat Baris ke-2 dengan Pendingin dan Pemanas.
  • Ventilate-seat Baris ke-3 dengan pemanas.
  • Port USB diubah ke Type-C dengan quick-charging 3-Amphere.
Kabin Palisade Facelift 2023 dengan Kursi Baru
Kabin Palisade Facelift 2023 dengan Kursi Baru

Fitur Keselamatan canggih Hyundai SmartSense

Karena Palisade adalah model flagship, maka fitur keselamatan berbasis radar Hyundai SmartSense tetap dibuat terlengkap, sama dengan model sebelumnya. Semoga untuk Palisade versi Indonesia juga akan dibuat lebih lengkap. Berikut daftar fiturnya:

  • Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)
  • Blind-Spot Collision Warning (BCW)
  • Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW)
  • Safe Exit Assist (SEA)
  • Driver Attention Warning (DAW)
  • High Beam Assist
  • Smart Cruise Control – Adaptive (ACC)
  • Lane Following Assist
  • Highway Driving Assist
  • Remote Smart Parking Assist
  • Rear Occupant Alert (ROA).
Full Size SUV di NYIAS 2022
Hyundai Palisade Facelift 2023 di NYIAS 2022

Hyundai Palisade mendapat 5-Star untuk tingkat keselamatan dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) 2020 dan The Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) 2020 di Amerika Serikat.

Mesin Tetap Sama

Tidak ada perubahan pada dapurpacu Palisade 2023, mengingat ini hanyalah facelift. Di Amerika Serikat, Palisade dibekali Mesin V6 3.8-liter Atkinson Cycle yang bertenaga 295 PS pada 6.000 rpm dan torsi 355 Nm pada 5.200 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan atau keempat roda melalui transmisi gearbox otomatis 8-percepatan yang bisa dioperasikan secara manual dengan paddle shift.

Hyundai Palisade 2023 - Tampak Samping Belakang
Hyundai Palisade 2023 – Tampak Samping Belakang

Hyundai Palisade Facelift 2022 ini akan dipasarkan di AS lebih dulu, baru di negara-negara lain. Konsumen Amerika sudah bisa memesan Palisade anyar ini dengan rencana delivery pertama pada awal 2023.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)