Inden Mitsubishi Xpander Capai 5 Bulan, Kemungkinan Makin Lama

CaruserMagz.com – Inden Mitsubishi Xpander makin lama, karena pemesan kian banyak. Hingga akhir September 2017, pemesan harus menunggu hingga 5 bulan dari sejak konsumen mengisi SPK.

 
Pemesanan kian banyak, sementara kapasitas produksi Xpander hanya berkisar 80.000 unit per tahun, yang artinya hanya mampu memproduksi sekitar 6.667 unit per bulan.

 
Menurut Irwan Kuncoro, selaku Sales and Marketing Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), jumlah pemesan hingga akhir September sudah mencapai belasan ribu.

 
Sehingga bagi konsumen yang memesan pada awal Oktober, kemungkinan akan menerima unitnya paling cepat Februari 2018.

 
“Angka tepatnya masih belum bisa diupdate, tapi masa inden memang sudah mencapai awal tahun. Mungkin sudah sampai di sekitar bulan Februari,” kata Irwan.

 
Selain karena jumlah antrian yang panjang dan proses produksinya, faktor yang juga berperan menentukan lama waktu delivery antara lain adalah: tipe dan warna serta lokasi konsumen terkait waktu pengiriman dari pabrik ke dealer.

 
Baca juga: Kapan Pengiriman Pertama Mitsubishi Xpander

 
Tipe yang paling banyak dipesan pada awal kehadiran Xpander adalah tipe Ultimate atau varian termahal. Karena memang rata-rata pembeli awal bukanlah first-buyer, yang artinya Xpander bukanlah mobil pertama mereka.

 
Tipe menengah dan bawah kemungkinan akan meningkat pemesanannya karena mulai banyak orang yang memilih Mitsubishi Xpander sebagai mobil pertamanya.

 
“Di awal peluncuran, tipe Ultimate menjadi tipe yang paling banyak dipesan. Namun belakangan ini, jumlah pemesanan tipe Exeed juga sudah mulai meningkat,” ujar Irwan.

 
Untuk lebih cepat mendapatkan unit dan tidak perlu menunggu waktu inden yang lama, pihak dealer berusaha mengarahkan konsumen untuk memilih tipe lain, seperti tipe Exceed atau dibawahnya. Karena waktu inden Mitsubishi Xpander Ultimate sudah terlalu lama, dan kemungkinan besar akan terus bertambah jika banyak pelanggan yang memesan tipe tertinggi.

 
Hal tersebut diungkapkan oleh Budiman, selaku Direktur PT Arista Sukses Mandiri, salah satu authorized dealer Mitsubishi.

 
Apakah kondisi Toyota Avanza di awal kemunculannya akan terjadi pada Mitsubishi Xpander? Mungkin saja terjadi, karena ternyata minat masyarakat untuk membeli Xpander terus meningkat.

 
Di tahun 2004, inden Avanza mencapai lebih dari 6 bulan, dan bahkan pedagang mobil bekas bisa menjual Avanza second dengan harga yang lebih mahal dari unit baru, karena unit langsung tersedia.

 
Mitsubishi perlu memikirkan untuk menambah kapasitas produksi, jika pemesanan Xpander terus meningkat. Belum lagi low MPV ini juga akan diekspor ke luar negeri.

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *