Daftar Mobil Baru 2017 di Indonesia

CaruserMagz.com – Sudah menjadi tradisi bagi pabrikan mobil untuk senantiasa memperbarui tampilan produk-produknya, atau mengeluarkan mobil yang benar-benar baru untuk tetap eksis dan mampu bersaing di pasar otomotif.  Bahkan sekarang persaingan yang makin ketat, membuat para produsen mobil makin gencar melakukan penyegaran, hingga dalam waktu yang lebih singkat sebuah produk bisa diubah tampilannya.

 

Tahun 2016 bukanlah masa yang menyenangkan bagi sebagian besar pabrikan mobil karena volume penjualan yang menurun secara nasional. Pelemahan geliat pasar otomotif Indonesia sudah mulai dari tahun 2014 yang lalu, lebih karena daya beli masyarakat yang menurun drastis seiring ketidak stabilan dan menurunnya pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Pada tahun 2017 ini, pabrikan-pabrikan mobil punya harapan yang lebih baik karena perekonomian nasional yang sudah terlihat cenderung stabil. Berbagai inovasi telah nampak di ajang pameran-pameran otomotif seperti GIIAS 2016 dan lain sebagainya.

 

Juga dari berita-berita otomotif di media-media internasional. Sederetan mobil akan disegarkan (facelift), varian baru diluncurkan, bahkan beberapa diantaranya adalah mobil yang benar-benar baru atau mobil legendaris yang dilahirkan kembali.

 

Berikut list-list mobil baru atau facelift yang telah dan akan diluncurkan pada tahun 2017 berdasarkan jenis mobilnya:

 

LOW-MPV

 

1. Honda Mobilio Facelift 2017

 

Honda Mobilio mendapatkan facelift secara maraton, setelah facelift 2016 yang berfokus bagian interior, di tahun 2017 Mobilio facelift menjadi mobil Honda pertama yang diluncurkan, yaitu pada 12 Januari 2017.
 

 

Perubahan berfokus pada eksterior, khususnya wajah yang di rombak dengan projector headlamp, bumper dan kap mesin baru, selain itu bagian atap varian RS berwarna hitam dan sudah ada roofrail membuat tampilannya menjadi lebih sporty. pada bagian interior, headrest kursi depan kini sudah adjustable atau terpisah. Penambahan fitur canggih juga mengambil bagian, yaitu adanya hill Start Assist Control (HAC) dan Vehicle Stability Assist Control (VSA).

 

Lebih lengkap bisa sobat baca ulasan kami sebelumnya: Perubahan pada Honda Mobilio 2017

 

2. Suzuki Ertiga Diesel

 

Suzuki meluncurkan Ertiga varian baru yang menjadi satu-satunya low MPV bermesin diesel dan berteknologi mild-hybrid. Suzuki Ertiga Diesel yang sebelumnya sudah dijual di India, akhirnya dibawa ke Indonesia.

 

Tampilannya tidak berbeda dari New Ertiga, hanya dibedakan oleh emblem hybrid di bagian bokongnya. Hal yang menarik dari Ertiga diesel ini adalah torsinya yang besar hingga 200 Nm dan efisiensi bahan bakar yang sekitar 22 hingga 24 km/liter.

 

Lebih lengkap silahkan baca ulasan ini: Ertiga Diesel Hybrid Diluncurkan

 

3. Mitsubishi XM (Konsep)

 

Mitsubishi ternyata juga naksir dengan pasar low-MPV yang gemuk, hal itu dibuktikan dengan munculnya mobil konsep low-MPV dari Mitsubishi pada ajang GIIAS 2016. Namun kelihatannya calon saingan Toyota Avanza dari Mitsubishi ini mengusung konsep performance, karena modelnya beraroma SUV dengan ground clearance yang tinggi, tongkrongan ala crossover seperti adanya fender, roofrail dan wajah yang mirip-mirip Pajero Sport.
 

 

Calon pesaing berat Avanza yang hingga kini belum jelas nama dan penampakan versi produksinya ini, akan diproduksi di pabrik baru Mitsubishi dengan komponen local mencapai 67%, sehingga wajar Mitsubishi Indonesia dengan konfiden mennyatakan bahwa harga low-MPV ini akan terjangkau dan kompetitif melibas kue penjualan yang sekarang dikuasai duet Toyota-Daihatsu.

 

MEDIUM MPV

 

4. Toyota Innova Venturer

 

Toyota menambah satu lagi varian Innova, yaitu Innova Venturer sebagai varian tertinggi yang diluncurkan pada 16 Januari 2017. Namun kehadiran Venturer menyebabkan Toyota menyuntik mati Innova type Q bermesin Diesel. Venturer hadir dengan berbagai fitur baru dan tampilan eksterior ala crossover seperti adanya over-fender, side skirt dan bumper protector. Taburan chrom pun ditambah menyesuaikan dengan selera konsumen pecinta Innova di Indonesia yang maniak chrom.

 

Pada bagian interior, Innova didandani layaknya mobil mewah seperti pembalut kulit pada kursi dan doortrim, kursi captain-seat pada baris kedua, 7 buah airbags telah disematkan untuk melindungi semua penumpang, AC digital otomatis dan berbagai fitur infotainment terkini. Venturer dihadirkan untuk memenuhi ekspektasi penyuka kenyamanan dan kelegaan kabin Innova, tapi juga menginginkan tampilan eksterior yang gagah.

 

 

5. Nissan Serena 2017

 

Nissan menyegarkan tampilan Serena menjadi lebih stylist dan kekinian. Hi end MPV Nissan ini sudah berpenampilan layaknya Toyota Alphard. Tampilan wajahnya terlihat berada pada kelas yang lebih tinggi dibanding Innova. Serena berkabin lapang dan tentunya berdesain interior luxury dengan kapasitas penumpang 8 orang dewasa.
 

 

Berbagai fitur canggih telah disematkan seperti vehicle stability assist control (VSA), emergency braking system, lane departure warning, around view monitor dan rearview pada kaca spion dalam. Juga ada intelligent park assist dan ProPilot.

Dengan body yang besar, konsumsi bahan bakar Nissan Serena ini dklaim terhemat di kelasnya, yaitu hingga 17,2 km/liter. Mesin penggeraknya berbahan bakar bensin 2000cc 4-silinder, dengan pilihan 2WD dan 4WD.

 

SMALL HATCHBACK

 

6. Nissan March Facelift 2017

 

Nissan March dengan desain girly masih memperpanjang nafasnya di pasar otomotif Indonesia. Pada 13 Februari 2017, Nissan meluncurkan facelift dengan menambah ubahan minor berupa foglamp LED, garnish chrom pada grill bumper dan fitur infotainment dengan monitor layar sentuh 7 inchi.
 

 

Jika di Eropa Nissan March generasi baru telah diluncurkan dengan tampilan sangat atraktif dan dimensi yang lebih bongsor dan bermesin turbo, maka sepertinya Nissan Motor Indonesia (NMI) masih ingin menjual March generasi lama yang disukai kaum hawa ini, entah mengapa Nissan sepertinya kurang agresif dalam berkompetisi di Indonesia.

 

 

7. KIA All New Picanto 2017

 

Hadir di Indonesia pada tahun 2012, KIA All New Picanto menjadi mobil KIA terlaris di Indonesia, bukan hanya karena harganya yang terjangkau tapi juga karena desain yang menawan, kualitas dan kenyamanan yang berstandar Eropa.
 

 

Memang belum ada rilis resmi dari petinggi KIA Indonesia mengenai akan hadirnya KIA Picanto 2017 yang baru saja di luncurkan di Geneva Motor Show 2017. Namun isu itu telah beredar luas di media nasional, bahwa KIA All New Picanto dan New Rio terbaru akan diluncurkan tahun 2017 ini juga.

 

KIA All New Picanto mengalami ubahan cukup signifikan pada bagian wajah dan interiornya. Picanto menjadi makin terlihat modern dengan projector headlamp yang terintegrasi dengan grill tiger-nose dan hiasan LED. Dashboard, setir dan clustermeter berubah total mejadi lebih modern. Akan seperti apa KIA Picanto 2017 yang akan dijual di Indonesia, kita nantikan saja peluncuran resminya.

 

8. Suzuki Ignis

 

Suzuki mengganti Splash yang sudah lama mengaspal di Indonesia dengan hatchback barunya yang cukup atraktif, yaitu Suzuki Ignis. Prototype-nya sudah dipajang pada GIIAS 2016 dan menarik perhatian media cukup besar.
 

 

Ignis bernuansa retro modern dengan gabungan berbagai desain lawas Suzuki, sehingga menghasilkan small hatchback yang sedikit bernuansa crossover dengan ground clearance yang tinggi dan over-fender. Lampu dengan projector headlight dan LED berbentuh huruf U menambah kesan modern.

 

Menariknya fitur-fitur canggih sudah ada pada hatchback ini, seperti rem ABS+EBD, 6 buah speaker, head unit kekinian, audio steering control, dan ISOFIX. Layaknya mobil-mobil Suzuki dengan kualitas dan finishing yang bagus, kesan mewah, lega dan nyaman hadir di Interior Ignis. Desain eksterior dan interior Ignis cukup menjanjikan bagi pecinta small hatchback.

 

MEDIUM HATCHBACK

 

9. KIA All New Rio 2017

 

KIA All New Rio 2017 sudah debut global di Paris Motor Show 2016 dan sudah mulai dipasarkan di Eropa. Kabar yang beredar bahwa New Rio ini juga akan segera hadir di Indonesia pada tahun 2017 ini juga.
 

 

Perubahan yang dilakukan KIA sangat signifikan, sehingga ini bukanlah facelift, melainkan benar-benar generasi baru. KIA Rio 2017 berubah total dari segi desain eksterior interior, dimensi, fitur dan performa. Desainnya menjadi lebih elegan dengan aura Eropa yang lebih kental, ada nuansa Audi dan Volkswagen pada Rio 2017.

 

di sisi interior, New Rio nampak jauh lebih mewah dari versi sebelumnya, dengan desain yang elegan modern dan kabin yang lebih lapang karena dimensi yang lebih panjang dan lebih lebar.

 

 

10. Suzuki Baleno

Suzuki Baleno telah dipajang pada even GIIAS 2016 yang lalu, ini merupakan signal kuat bahwa Baleno akan mulai mengaspal di Indonesia pada tahun 2017. Sebelumnya Baleno adalah sedan, namun kini diubah menjadi hatchback yang cukup menarik desainnya.
 

 

Hatcback yang cukup laris di India ini juga dijual sampai ke Eropa. Jika jadi masuk ke Indonesia, kemungkinan besar juga akan diimpor dari India. Kapasitas mesinnya sama dengan KIA All New Rio, yaitu mesin bensin 1400cc 4-silinder.

 

11. Suzuki Swift 2017

 

Suzuki Swift pun ambil bagian dalam penyegaran tahun 2017 ini. Swift 2017 tetap dengan desain retro-nya namun lebih modern dengan pernak-pernik kekinian dan fitur-fitur canggih. Swift 2017 sudah diluncurkan secara global di Paris Motor Show dan sudah dijual di Eropa dan India.
 

 

Swift 2017 juga santer dikabarkan akan diluncurkan di Indonesia bersama Ignis dan Baleno. Hal yang baru dari Swift 2017 adalah dapurpacunya yang sudah berteknologi turbocharger. Walau dengan kapasitas mesin hanya 1000cc, tenaga dan torsi yang mampu disemburkan lebih besar dari versi non-turbo. Suzuki Swift 2017 telah diluncurkan lebih dahulu di Jepang.

 
Baca: Suzuki Swift 2017 Diluncurkan

 

MINI SUV (CROSSOVER)

 

12. Toyota CHR

 

Toyota CH-R adalah mini SUV yang paling dinantikan banyak peminat SUV kecil mewah, karena penampakannya yang berseliweran di media sangat menggoda. Mobil ini seperti keluar dari pakem Toyota yang kalem dan cenderung ketinggalan dalam hal desain, CH-R terlihat sangat garang dan benar-benar berkesan kekinian, bahkan dapat dikatakan desainnya cukup rumit baik di bagian depan maupun di belakang.
 

 

Menariknya, ada harapan bahwa SUV ini akan diproduksi di dalam negeri, sehingga kemungkinan harganya akan lebih murah jika dibanding impor dalam bentuk CBU. Ini adalah ancaman serius bagi Honda HR-V yang sekarang sedang menjadi juara dikelas small SUV Indonesia.

Toyota CH-R sekarang sudah mulai dipasarkan di Eropa dengan basis produksi di Turki. Pada versi Eropa, terdapat 3 pilihan mesin, yaitu 2000 cc standard, 1800cc dengan teknologi hybrid dan 1200cc dengan turbo. Mesin turbo akan cukup menarik jika juga dibawa ke Indonesia, karena dengan konsumsi bbm yang hemat, tenaga dan torsinya adalah yang terbesar.

 

13. Mazda CX-3

 

Mazda seperti tidak mau ketinggalan untuk memasuki pertarungan di kelas mini crossover ini. santer kabarnya bahwa Mazda akan membawa CX-3 ke Indonesia bersamaan dengan peluncuran Mazda CX-5 terbaru. Ini akan menambah beban kompetisi yang kian berat bagi Honda HR-V, Mitsubishi Outlander dan Nissan Juke.

 

Mazda adalah pilihan paling menarik bagi pecinta fitur-fitur mobil kekinian, karena Mazda CX-3 juga sudah dijejali berbagai fitur canggih, khususnya fitur keselamatan. Dengan desain Kodo Soul of Motion yang sangat aerodinamis dan berbagai fitur penunjang seperti stability control, Mazda CX-3 menjadi mini SUV dengan pengendalian paling fun-to-drive, menjadi mobil impian orang-orang yang hobi mengemudi.

Ada 2 pilihan mesin Mazda CX-3, yaitu bensin SKYACTIV-G 2000cc 4-silinder  yang bertenaga 156 HP pada 6000rpm, torsi 204 Nm pada 2800 rpm dan mesin diesel SKYACTIV-D 1500cc 4-silinder, bertenaga 105 Hp pada 7000 rpm, torsi 270 Nm pada rentang 1600-2500 rpm.

 

14. Suzuki Jimny

 

SUV kecil legendaris asal Suzuki juga dikabarkan akan dihadirkan kembali di Indonesia. Tetap dengan konsep desain lamanya yang tinggi dan mungil. Bagi pecinta Jimny, kehadiran kembali ini bisa mengulang nostalgia dalam Jimny baru yang lebih modern.

 

Namun sayangnya para pecinta Jimny rata-rata adalah orang-orang yang berusia remaja pada era 80 hingga 90an, sehingga pasarnya cukup sempit. Apalagi melihat harga jualnya yang fantastis untuk ukuran SUV mini, yaitu hingga 500 jutaan rupiah.

 
Baca: Suzuki New Jimny akan Dipasarkan di Indonesia?

 
Bagi orang yang tidak begitu maniak dengan Jimny, uang segitu sudah bisa memboyong SUV besar 7 penumpang yang modern seperti Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport. Good luck sajalah pada Suzuki Indonesia, semoga mobil ini laris jika jadi masuk ke Indonesia.

 

15. Datsun Go-Cross

 

Jika crossover yang kami sebut sebelumnya adalah SUV mewah dengan harga 300 jutaan rupiah ke atas. Maka Datsun go-Cross adalah versi LCGC dari crossover yang akan hadir di Indonesia pada tahun 2017 ini. Menariknya, Datsun Go-Cross berkonfigurasi 7 seater sehingga cukup menggoda bagi kalangan konsumen mobil pemula, khususnya kelas ekonomi bawah.

 

Kehadiran Datsun Go-Cross ini seakan menjadi jawaban Datsun atas sepak terjang Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang membantai habis penjualan Datsun Go+ Panca. Go-Cross dijanjikan melalui konsepnya yang dipajang di GIIAS 2016, berpenampilan gagah layaknya crossover dengan over-fender, side skirt dan bumper protector. Tak ketinggalan roofrail dan desain wajah ganteng ala Datsun.

 

Dikabarkan juga mobil Datsun baru ini punya kabin yang lebih lapang dengan kapasita 7 penumpang sesungguhnya. Berbagai fitur kekinian juga telah disematkan sehingga tidak lagi seperti mobil yang belum jadi layaknya Datsun Go+ Panca. Ada pernyataan dari petinggi Datsun Indonesia bahwa semua kekurangan Go+ Panca sudah diperbaiki pada Go-Cross.

 

 

MEDIUM SUV

 

16. Honda CR-V

 

Honda CR-V facelift juga akan hadir di Indonesia. Kami mendapat kabar dari wiraniaga Honda, bahwa New CR-V 2017 akan diluncurkan pada bulan April 2017. di Amerika new CR-V ini telah diluncurkan dan menyusul baru saja diluncurkan new CR-V bermesin diesel turbo di Thailand.

 

Honda CR-V 2017 dikabarkan akan berkonfigurasi 7 penumpang, sehingga layak dipertimbangkan bagi sobat yang membutuhkan SUV 7 penumpang. Pilihan menjadi lebih banyak setelah SUV ladder frame Fortuner dan Pajero Sport, juga monokok seperti Nissan X-Trail, Hyundai Santa Fe dan KIA Sorento.

 
Soal fitur, tidak perlu ditanya lagi, karena Honda CR-V adalah medium SUV andalah Honda yang sudah dijejali fitur canggih, build quality  yang superior dan juga desain yang menawan. Saking terkenalnya di Indonesia, Honda CR-V seperti sudah menjadi stempel status orang kaya untuk para pemiliknya.

 
Sayangnya kabar yang beredar menyatakan bahwa CR-V bermesin diesel belum akan menyapa penggemarnya di Indonesia. too bad jika melihat peta persaingan SUV 7 seater yang sudah ada, apalagi konsumen Indonesia pada kelas menengah ke atas sudah mulai mengidolakan mesin diesel untuk mobil SUV, makanya Mitsubishi Pajero Sport diesel laku keras di Indonesia.

 

 

17. Mazda CX-5

 

Medium SUV mewah asal Jepang ini juga ambil bagian dalam penyegaran di tahun 2017. Mazda CX-5 facelift 2017 ini sudah diluncurkan secara global di LA Auto Show 2016.

 

Fokus perubahan ada pada performa mesin yang diklaim lebih responsif, desain wajah yang lebih disesuaikan dengan KODO-Soul of Motion Design, dan teknologi cat baru yang membuat mobil ini nampak cantik berkilau. Kabinnya disebut lebih lega berkat kreatifitas para desainer Mazda.

 

 

18. Chevrolet Trailblazer

 

All New Chevrolet Trailbalzer diluncurkan secara resmi pada Big Motor Sale di Thailand. Namun sebelumnya SUV besar pesaing Pajero Sport dan Fortuner ini sudah menyapa penggemar otomotif Indonesia di ajang GIIAS 2016 yang lalu.
 

 

Dari tongkrongannya, New Trailblazer ini masih sangat kental nuansa mobil Amerika-nya. Desain mengotaknya terlihat lebih modern dengan headlamp yang tajam, tampilan yang bongsor dan gagah menyiratkan performa yang besar sekaligus konsumsi bahan bakar seperti gajah haus yang sedang minum.

 

Hal yang menarik dari SUV 7 seater asal negeri paman sam ini adalah kenyamanan yang superior, build quality yang sangat bagus dan juga tentunya fitur-fitur canggih kekinian, seperti motor driven power steering, lane departure alert, side blind zone alert, forward collision alert, rear and front parking assist, tire pressure monitoring system, anti rolling protection dan lain sebagainya. Namun sayangnya banyaknya fitur canggih tersebut membuat mobil ini sangat mahal untuk konsumen Indonesia.

 

19. Nissan X-Trail Facelift 2017

 

SUV Nissan yang punya nama Nissan Rogue di Amerika ini sudah diluncurkan secara global di Miami Auto Show 2016. Ubahan signifikan pada X-Trail 2017 adalah pada tampilan wajahnya yang mengusung V-motion chrom yang lebih besar di hidungnya dan perubahan bentuk foglamp housing.

 

Di bagian interior, tidak begitu banyak perubahan, hanya kombinasi warna interior yang dibuat two-tone hitam dan orange-beige. di Amerika, Nissan Rogue juga disedian pilihan varian dengan mesin berteknologi hybrid.

 

 

SEDAN

 

20. Honda New City

 

Mini Sedan legendaris bermesin 1500cc, Honda City resmi mendapat facelift di Thailand. Karena Thailand adalah basis produksi otomotif di Asia, kemungkinan besar Honda City facelift 2017 ini juga akan masuk ke Indonesia.

 

Ubahan yang terlihat pada City baru adalah eksterior yang lebih sporty dan kekinian dengan LED-DRL, desain baru pada grill dan bumper depan. fitur-fitur canggih sudah disematkan seperti: Vehicle Stability Assist Control (VSA), Hill Start Assist Control (HAC), Emergency Brake Assist dan emergency Stop Signal.

 

21. BMW Seri-5

 

Sedan mewah dari Eropa ini juga akan meramaikan deretan mobil baru 2017 di Indonesia. Advanced technology mobil Eropa memang lebih di depan dibanding mobil-mobil Jepang, karena mobil mewah ini menyasar konsumen kelas atas yang tidak memikirkan harga. Sehingga pabrikan BMW bisa leluasa menyematkan berbagai teknologi canggih terkini pada BMW seri-5 ini.

 

BMW seri-5 2017 disebut memiliki kabin yang lebih lega dan mesin yang lebih efisien berkat penggunaan material yang lebih ringan, hingga memangkas bobot sebanyak 62 kg dibanding versi lawas. Selain itu, ada juga pilihan varian berteknologi hybrid plug-in dan teknologi semi-otonom (self driving).

 

Demikianlah list mobil-mobil baru yang telah dan kemungkinan akan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2017 ini. 22 mobil tersebut bukanlah jumlah final, masih ada kemungkinan mobil-mobil lain seperti Mazda yang juga dikabarkan akan membawa Mazda-3, Mazda-5 dan MX-5 Miata.

 

Bagi sobat yang sudah berencana membeli mobil pada tahun ini, semoga artikel ini bisa jadi salah satu referensi untuk menentukan pilihan.

 

salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

3 thoughts on “Daftar Mobil Baru 2017 di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *