BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Xpander Cross Facelift 2022 Terungkap, Perubahan Apa yang Baru?

Paten Desain Mitsubishi Xpander Cross Facelift - Rear

Share

CaruserMagz.com – Sosok Mitsubishi Xpander Cross Facelift terpantau dari paten desain mobil Mitsubishi yang diumumkan website Pangkalan Data Kekayaan Intelektual, Kemenkumham RI, pada Juni 2022.

Xpander Cross Facelift 2022 sebenarnya telah diluncurkan berbarengan dengan Xpander facelift versi MPV. Namun perubahan hanya pada sisi interior dan sangat minor pada sisi eksterior.

Mungkin menanggapi konsumen yang tak puas dengan facelift yang nanggung tersebut, Mitsubishi mengambil langkah cepat untuk memenuhi eskpektasi konsumen Indonesia.

Pasalnya perubahan minim eksterior pada Xpander Cross tidak menaikkan ratingnya di angka penjualan. Euforia kebaruan tidak terasa, hingga Xpander versi LSUV tersebut masih kalah telak dari Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Paten Desain Mitsubishi Xpander Cross Facelift - Rear
Paten Desain Mitsubishi Xpander Cross Facelift – Rear

Dari gambar paten desain Xpander Cross Facelift ini, beberapa influencer otomotif dan seniman render memperkirakan penampakannya dengan kelir selayaknya pilihan warna Xpander Cross saat ini.

Hasilnya cukup menarik, banyak improvement yang dilakukan Mitsubishi dari segi desain. Hingga Xpander Cross ini terlihat lebih kalem dan level kelebayan aksesoris-nya jauh berkurang.

Perkiraan eksterior Xpander LSUV - Ber.Kendara
Perkiraan eksterior Xpander Cross Facelift – Ber.Kendara

Perubahan yang terlihat antara lain kami resume-kan sebagai berikut:

  • Over-fender sedikit lebih tipis dari sebelumnya, sehingga jadi lebih normal. Fender versi lama terlihat berlebihan hingga terkesan lebay.
  • Bumper depan dan belakang diubah jadi lebih bold, dalam hal ini kami kira dosis kelebayan bumper bertambah dari sebelumnya.
  • Posisi foglamp diubah jadi lebih ke pinggir, dimana sebelumnya lebih ke tengah.
  • Head lamp berubah jadi model Thor-hammer sebagaimana yang ada pada Xpander MPV.
  • Desain lampu belakang dan pintu bagasi mengikuti New Xpander facelift.
  • Clading hitam di sisi samping dan belakang dikurangi dosis-nya , sehingga terlihat lebih normal.
  • Motif gerigi pada side-skirt dihilangkan, sehingga terlihat lebih elegan dan berkurang kelebayannya.
Render Xpander Cross Facelift - by Ber.Kendara
Render Xpander Cross Facelift vs lama – by Ber.Kendara

Kami menyukai perubahan ini, karena membuat Xpander Cross jadi lebih normal sebagai mobil keluarga. Tidak lagi seperti mobil hasil modifikasi mandiri dari pemilik mobil yang lebay hanya karena ingin terlihat gagah.

Perubahan yang kami sukai adalah pada over-fender, side-skirt dan clading di belakang. Perubahan-perubahan itu cukup signifikan mengurangi dosis kelebayan Xpander Cross.

Namun perubahan pada desain bumper depan dan belakang yang jadi lebih besar menurut kami kurang serasi dengan perubahan pada bagian yang lain. Roofrail yang tetap besar juga kami kira sebaiknya diganti jadi lebih minimalis, agar berkesan lebih elegan.

Render Mitsubishi Xpander Cross Facelift 2022
Render Mitsubishi Xpander Cross Facelift 2022 – sumber: Indra_Fathan

Di bagian dalam kabin, tidak ada informasi apakah akan ada perubahan tambahan. Namun kami kira tidak akan ada ubahan lagi, karena sebelumnya sudah berubah signifikan.

Kelebihan Xpander Cross dari Xpander versi MPV adalah bahwa kursinya sudah dibalut kulit sintetis berwarna gelap dan warna interior dominan gelap, sehingga tidak mudah terlihat kotor.

Sedangkan pada Xpander Ultimate, pemilik mobil harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti pembalut kursi, termasuk bagian-bagian interior yang berwarna cerah seperti doortrim dan dashboard.

Interior Crossover Mitsubishi
Interior Xpander Cross Facelift 2022

Belum ada informasi resmi, kapan Xpander Cross anyar ini akan diluncurkan. Banyak yang berpendapat bahwa peluncuran resmi akan berlangsung di ajang GIIAS 2022 yang akan dihelat 11-21 Agustus 2022 mendatang.

Namun bisa jadi itu baru pengenalan saja, sedangkan model produksi pertama dari LSUV ini akan berlabel tahun keluaran 2023. Kita tunggu saja kabar resmi dari PT MMKSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)