Wow! Dashboard Mobil Mercedes akan Dipenuhi Layar Sentuh Raksasa Bernama MBUX Hyperscreen

Mercedes Benz Hyperscreen AI-Powered MBUX

CaruserMagz.com – Mercedes-Benz melalui Channel YouTube-nya pada Kamis, 7 Januari 2021, secara resmi meluncurkan MBUX Hyperscreen, teknologi interface pada mobil listrik sepenuhnya Mercy, berupa layar sentuh raksasa yang meliputi hampir keseluruhan dashboard mobil. Sistem ini mengusung teknologi Mercedes-Benz User eXperiences (MBUX) yang berotak Kecerdasan Buatan atau Artificial Intellegent (AI).

Hyperscreen MBUX ini meliputi keseluruhan sisi dashboard yang menghadap ke pengemudi dan penumpang, termasuk exhaust semburan AC di sisi kiri dan kanannya. Layar besar berbahan Gorilla Glass ini dikelilingi ambient-light yang membuatnya seolah mengapung di panel instrumen.

Hyperscreen MBUX Mercedes Benz
Hyperscreen MBUX Mercedes Benz

Sedangkan layar display yang seolah tak berbatas sebenarnya terdiri dari 3 display, yaitu instrument-cluster di balik lingkar kemudi, layar besar utama di tengah yang akan berisi pengaturan infotainment serta pengontrolan fungsi mobil, dan display khusus untuk penumpang depan.

Dashboard berupa screen massif ini akan pertama kali disematkan pada mobil listrik flagship Mercedes, yaitu model EQS, yang model konsepnya sudah lama kita saksikan wara-wiri di dunia maya. Interior EQS Concept memang terlihat futuristik, namun berbeda dari dashboard versi produksi yang diumumkan ini.

Mercedes-Benz EQS - Mobil Pertama Menggunakan MBUX Hyperscreen
Mercedes-Benz EQS – Mobil Pertama Menggunakan MBUX Hyperscreen

Dari desainnya yang berupa touchscreen secara keseluruhan, maka sudah pasti pengoperasiannya dilakukan dengan sentuhan. Namun Mercedes tentu tidak akan membiarkan itu menjadi salah satu kelemahan mobilnya, karena teknologi MBUX berbasis AI bisa dioperasikan dengan perintah suara. Pengguna mobil ini cukup menyebutkan ‘Hi Mercedes‘ untuk meminta mobil memehuni keperluannya.

Dengan Hyperscreen MBUX, visi desain kami menjadi kenyataan. Kami menggabungkan teknologi dan desain dengan cara yang menarik, seraya menawarkan kemudahan penggunaan yang belum pernah ada sebelumnya bagi pelanggan. Kami menyukai kesederhanaan, kami telah mencapai level baru MBUX, ” ujar Kepala Desain Daimler, Gorden Wagener.

Layar Sentuh full mobil listrik Mercedes Benz masa depan dengan AI MBUX
Layar Sentuh full mobil listrik Mercedes Benz masa depan dengan AI MBUX

Hal yang menarik adalah layar khusus untuk penumpang depan. Display yang juga besar tersebut bisa menyediakan informasi yang bisa dipersonalisasi oleh penumpang sendiri, tanpa mengganggu penglihatan pengemudi. Mercedes menyebutnya sebagai ‘Co-Driver Display‘.

Display-nya didesain sedemikian rupa sehingga tontonan atau informasi yang dilihat penumpang tidak mengalihkan perhatian pengemudi. Jika kursi penumpang kosong, layar tersebut hanya akan menampilkan animasi bintang-bintang sebagai fungsi dekoratif saja.

Co-Driver Display - MBUX Hyperscreen
Co-Driver Display – MBUX Hyperscreen

Hal yang lebih menarik dari sekedar tampilan yang seolah membawa kita ke masa depan, adalah teknologi Artificial Intelligent (AI) MBUX yang merupakan otak dan sistem syaraf mobil. Sebagaimana dijelaskan oleh Sajjad Khan selaku Member of the Board of Management of Mercedes-Benz AG.

AI secara terus menerus mempelajari penggunanya hingga seolah sangat mengenal pemiliknya. Hasilnya, sistem cerdas ini akan memberi saran pada penggunanya mengenai berbagai kondisi berkendara yang dapat diterima atau ditolak pengguna dengan satu klik pada layar.

Kebiasaan pengguna akan diingat oleh sistem mobil, kemudiaan di kondisi dan saat yang sama, MBUX akan mengingatkan penggunanya. Misalnya, jika user sering menelpon teman atau pasangan dalam perjalanan pulang pada jumat malam, sistem MBUX akan mengingat untuk menelpon orang tersebut jika pengguna tidak melakukannya di jumat malam tertentu. MBUX juga mengenali profil penggunanya, sehingga saran-saran tidak akan aktif saat orang lain yang mengemudikan mobil.

Contoh lainnya adalah kondisi berkendara, misalnya MBUX mengingat posisi GPS pengguna biasa parkir, menggunakan fungsi Vehicle Lift-up untuk meninggikan ground-clearance mobil, hingga merekam jejak kebiasaan jalur mengemudi. MBUX akan menyarankan jika mendapati posisi GPS yang sama.

Mercedes Hyperscreen - 1 Perangkat untuk semua Fungsi Mobil
Mercedes Hyperscreen – 1 Perangkat untuk semua Fungsi Mobil

Baca juga: Desain Interior Baru Mercedes S-Class Punya Layar Super Besar

Untuk semua fungsi tersebut, MBUX hyperscreen ini dilengkapi perangkat keras dengan spesifikasi super-tinggi. Pemprosesan data dilakukan di CPU dengan 8-core, RAM 24 GB dan bandwidth memori RAM 46,4 GB per detik. Total ada 12 aktuator di belakang layar sentuh untuk haptic feedback. Tidak main-main, itu adalah spesifikasi super-computer yang sangat besar.

Menurut Ola Kallenius, selaku Chairman of the Board of Management Daimler AG dan Mercedes-Benz AG, MBUX Hyperscreen ini hanyalah permulaan dari cara Mercedes menyediakan interaksi yang lebih intuitif antara pengguna mobil dan teknologi digital.

Artinya teknologi ini akan terus dikembangkan hingga pada level yang kita lihat di film-film fiksi ilmiah atau bahkan yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya.

Luar biasanya itu akan segera kita saksikan dalam waktu dekat di tahun 2021 ini juga dengan peluncuran model EQS, mobil listrik termewah Mercedes, bukan teknologi masa depan yang masih sangat jauh. Menurut Sajjad Khan, MBUX Hyperscreen ini tidak eksklusif untuk model EV, tapi sangat mungkin diterapkan juga pada model flagship Mercedes lainnya semisal Sedan S-Class.

Tulis Komentar