BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

VW T-Cross Indonesia, Alternatif Lebih Bergengsi Dibanding Compact SUV Mainstream

VW T-Cross Diluncurkan 23 Februari 2022 di Indonesia

Share

CaruserMagz.com – PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku APM merek Volkswagen di Indonesia meluncurkan VW T-Cross pada Rabu 23 Februari 2022. Sebuah Compact SUV Premium berdesain aristokrat layaknya mobil dari merek Eropa.

VW T-Cross merupakan mobil dari merek Jerman yang berstatus CBU India, sama dengan pendahulunya di segmen hatchback, yaitu Polo dan Golf di Indonesia.

Berbeda dari Hyundai dan Kia yang mobil CBU India-nya tidak sama dengan versi Eropa dan Korsel, VW tidak membedakan bahasa desain mobil CBU India-nya dari versi Eropa maupun Amerika. Sehingga masih sangat kental nuansa Eropa yang lebih bergengsi.

T-Cross dibangun dengan konstruksi berbasis platform MQB (Modular Tranverse Matix). Bahasa desainnya yang minimalis, tegas dan modern memberi kesan lebih aristokrat ketimbang compact SUV dari merek mainstream semisal Honda HR-V, Toyota Raize, apalagi Kia Sonet dan Suzuki S-Cross.

VW Taigun - Tampak Depan dan Belakang
VW Taigun – Tampak Depan dan Belakang

Dari tongkrongannya saja, VW T-Cross sudah terasa lebih bergengsi dan bukan seperti mobil yang berusaha keras terlihat keren dengan bertabur aksesoris lebay.

Detail eksteriornya terlihat modern dengan lampu-lampu serba LED termasuk Daytime Running Lights (DRL).

Tampilan sampingnya terlihat gagah dari velg two-tone 17-inci. Di bagian belakang, senada dengan desain depan yang tegas dan elegan yang membuatnya berbeda saat di jalan.

T-Cross Indonesia disediakan dalam enam pilihan warna, yaitu: Wild Cherry Red, Curcuma Yellow, Candy White, Reflex Silver, Carbon Steel Grey serta Rising Blue.

Di interior, sudah sangat berbeda dari VW sebelumnya yang konservatif dengan dashboard berselera tua, sebagaimana yang kita lihat pada Polo dan Golf. Melainkan sudah jauh lebih modern dan futuristis.

Suasana modern terasa kental dengan instrument cluster full digital, sistem infotainment dengan layar sentuh 10-inci yang dilengkapi Apple Carplay™ dan Android Auto™, dan wireless charger.

Volkswagen Taigun Interior
Volkswagen Taigun Interior

SUV mungil premium ini juga sudah dilengkapi sunroof untuk citarasa kabin yang lebih terang dan sebagai penguat identitas premiumnya.

VW T-Cross Indonesia dipersenjatai mesin 1.000 cc 3-silinder Turbo berteknologi TSI. Tenaga maksimum yang disediakan sebesar 115 PS dan torsi 178 Nm, dengan transmisi otomatis 6-percepatan ke penggerak roda depan. Klaim konsumsi BBM crossover ini adalah 16,44 km/liter.

Secara ukuran, VW T-Cross ini terlihat seperti berada di segmen Sub-compact SUV yang diisi Toyota Raize, Renault Kiger, Kia Sonet dan lainya.

Namun secara harga, ini adalah SUV yang akan bersaingan dengan Mazda CX-30, Toyota Corolla Cross, Toyota C-HR dan Mitsubishi Eclipse Cross.

Volkswagen T-Cross hanya disediakan satu varian di Indonesia dengan banderol harga Rp 488 juta (on-the-road Jakarta). Jadi, jika Toyota Raize, Daihatsu Rocky terasa kurang bergengsi, maka ada VW T-Cross yang berlencana Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)