VW e-Bugster Concept - e-Beetle Dipatenkan

VW Patenkan Nama E-Beetle, Titik Terang VW Kodok Lahir Kembali

Berita HATCHBACK Volkswagen

CaruserMagz.com – VW e-Beetle Dipatenkan – Volkswagen Beetle yang di Indonesia dikenal sebagai VW Kodok telah diskontinyu secara global sejak 10 Juli 2019 lalu. Disinyalir kare tidak mendapat sambutan yang meriah dari konsumen dunia, meskipun model desainnya sudah lebih modern. Namun isu berkembang sejak akhir 2017, bahwa VW Beetle masa depan akan menjadi mobil listrik sepenuhnya (EV).

Titik terang mengenai akan dilahirkan kembalinya VW Beetle sebagai mobil EV sepertinya mulai nampak. Forum VWIDTalk mulai membocorkan serangkaian paten yang menyebut bahwa nama mobil Beetle telah terdaftar kembali dengan moniker e-Beetle. Inisial huruf ‘e’ memberi identitas jelas bahwa itu adalah mobil listrik, karena biasanya mewakili kata ‘electric‘. Jauh sebelum Beetle diskontinyu, VW sempat memperkenalkan mobil konsep Beetle listrik bernama e-Bugster Concept di tahun 2012.

Berdasarkan bocoran informasi tersebut, nama e-Beetle sudah terdaftar pada European Intellectual Property Office (EUIPO), pada paruh awal 2020. Ada banyak kemungkinan dari nama mobil yang telah didaftarkan sebagai paten. Bisa jadi VW Beetle belum akan diluncurkan, tapi paten digunakan dalam usaha riset terhadap teknologi mobil listrik saja.

Volkswagen Beetle EV
Volkswagen Beetle

Kemungkinan lain jika VW Kodok versi listrik ini tidak jadi diluncurkan, paten atas nama e-Beetle tersebut adalah strategi Volkswagen untuk mengamankan nama legendaris produknya yang ikonik, agar tidak diambil pabrikan lain.

Selain e-Beetle, VW juga diketahui tengah mematenkan nama untuk beberapa model lineup mereka yang lain, misalnya e-Golf Classic, e-Karmann, dan e-Kubel.

VW Beetle pertama kali dijual pada tahun 1938 dengan nama Volkswagen Type-1. Awalnya, mobil yang berbentuk seperti kodok dan identik dengan warna hijau ini dibuat untuk jadi kendaraan terjangkau rakyat Jerman, seiring berkembangnya infrastruktur jalan di negara tersebut.

Hal yang juga spesial dari VW Beetle adalah bahwa generasi pertama mobil ini dirancang oleh pendiri Porsche, yaitu Ferdinand Porsche. Itulah mengapa kita melihat ada kemiripan desain antara mobil ikonik Porsche 911 dengan VW Beetle.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar