CaruserMagz.com

Blog Otomotif Mobil & Motor Indonesia

Belajar mengemudi mobil - cara belajar nyetir yang mudahJune 17, 2016

Tips: Hal-hal yang harus Dikuasai saat Belajar Mengemudi Mobil

CaruserMagz.com – Hai Sobat pengguna mobil atau yang akan membeli mobil, atau yang akan jadi sopir. kali ini CaruserMagz.com ingin berbagi tips mengenai “hal-hal yang harus dikuasai saat belajar mengemudi mobil“.

 

Karena ini merupakan kemampuan dasar yang penting bahkan bisa dikatakan wajib dimiliki setiap orang di zaman sekarang, sekalipun kita tidak atau belum memiliki mobil.

 

Jika Sobat berselancar di internet, sebenarnya sudah banyak tips yang ditulis oleh para blogger, ahli otomotif dan lain sebagainya mengenai cara belajar menyetir atau mengemudikan mobil ini. Pada kesempatan ini kami hanya berusaha menyampaikan point-point yang jangan sampai terlewatkan saat Sobat belajar mengemudi mobil.

 

Tanpa berpanjang lebar lagi, pada dasarnya berikut ini tahapan belajar mengemudi mobil yang penting Sobat jalani, agar menjadi pengemudi yang handal:

 

1. Pastikan ada pemandu

Jika sobat belajar dengan mobil sendiri, jangan nekad belajar sendirian. Carilah orang yang sudah mahir mengemudi sebagai pemandu, sehingga sobat terhindar dari kesalahan. Jika sobat punya uang, sebaiknya brlajar mengemudi pada tempat kursus mengemudi yang profesional.

 

2. Memilih mobil yang tepat

Mobil yang akan digunakan untuk belajar, kami sarankan sebaiknya dengan mobil bertransmisi manual dan berbadan cukup besar, misalnya Toyota Innova atau Avanza, agar memahami cara menyetir lebih sempurna dan lebih mudah saat harus menyetir mobil yang lebih kecil.

 

3. Ketahui cara menggunakan fitur dan pengendalian

Mengenal dan mengetahui cara menggunakan fungsi dari kelengkapan dan fitur-fitur yang dikendalikan sopir dari kursi pengemudi. Seperti instrument-instrument di balik kemudi, lampu sein, tuas kendali wiper kaca, tombol-tombol power windows dan spion elektrik serta berbagai indikasi.

 

4. Menghidupkan mesin mobil

Berlatihlah menghidupkan mobil, ada mobil yang hanya cukup dengan memutar kunci ada pula yang harus menginjak pedal kopling atau rem terlebih dahulu. Pahami hal tersebut, jika tidak sobat akan kebingungan mengapa mobilnya tidak mau dihidupkan.

 

5. Berlatih memindahkan posisi gear transmisi manual

Lakukan berulang-ulang memindahkan posisi gigi transmisi dalam keadaan mobil berhenti, sampai yakin faham dan bisa melakukannya.

 

6. Berlatih berjalan lurus sambil memindahkan posisi transmisi

Berlatihlah menyeimbangkan antara tekanan gas dan saat melepas pedal kopling, agar mesin tidak mati. cobalah berjalan perlahan pada gigi 1 dan 2 dan 3.

 

7. Berlatih berbelok ke kiri dan ke kanan

Jika sudah bisa menjalankan mobil maju dan mundur, mulai berlatih menguasai setir dengan belajar di lapangan yang luas. jika bisa, buatlah pembatas-pembatas di lapangan untuk belajar mengarahkan mobil dengan posisi yang tepat.

 

8. Berlatih mengurangi kecepatan dengan smooth

Hal ini penting, agar sobat terhindar dari tabrakan saat mulai berlatih di jalan raya. Hal ini juga membantu untuk menghindari pengereman mendadak saat panik.

 

9. Berlatih berjalan lambat melewati polisi tidur

Gundukan polisi tidur sangat membantu dalam menguasai keseimbangan antar kopling dan gas pada posisi gigi 1 dan 2, hingga bisa melewatinya dengan lembut tapi mesin tidak mati. Hal ini akan sangat berguna pada saat harus terjebak kemacetan.

 

10. Berlatih berjalan pada kondisi stop and go di tanjakan

Ini sangat penting dan jangan sampai terlewatkan, karena kondisi di tanjakan sangat beresiko, khususnya pada pengemudi pemula. Banyak pengemudi pemula yang mobilnya mundur dan menabrak mobil di belakangnya karena ketidakpahaman menghadapi kondisi macet di tanjakan.

Untuk lebih detail mengenai trik saat terjebak macet di tanjakan, sobat bisa membaca artikel kami berikut ini: Trik menghindari kecelakaan saat terjebak macet di tanjakan

 

11. Berlatih parkir

Bagi pemula, memarkirkan mobil merupakan latihan yang cukup sulit, perlu pengalaman yang banyak, sehingga perlu diulang-ulang dan jangan cepat puas, karena kondisi lahan parkir sangat beragam.

 

12. Berlatih di Jalan Raya

Jika sobat sudah bisa menguasai 10 tahapan di atas, mulaiah berlatih di jalan raya. Mulailah dari jalan yang sepi, kemudian jika merasa sudah yakin, baru masuk ke jalan yang cukup ramai.

 

Penutup

Demikian tahapan-tahapan atau keahlian yang wajib dilatih saat belajar mengemudikan mobil, semoga tulisan kami ini membantu sobat yang baru akan atau sedang belajar mengemudi.

Hal yang perlu sobat ingat adalah “Practice makes perpect” dan “Alah bisa karena biasa“, maka sering-seringlah berlatih, makin sering sobat mengemudi, maka akan makin mahir.

Satu hal lagi yang sangat penting, jadilah pengemudi yang baik. Jauhi kebiasaan-kebiasaan buruk dalam mengemudi dan perhatikan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Baca tips kami mengenai kebiasaan atau cara mengemudi yang harus dihindari dalam artikel kami sebelumnya: “Kebiasaan Buruk Pengemudi yang harus Dihindari“.

 

Salam otomotif and be a good Caruser!
Yayan Abdhi

2 thoughts on “Tips: Hal-hal yang harus Dikuasai saat Belajar Mengemudi Mobil

  1. hai Gardaoto Admin, jika ingin menaruh back link di blog ini, silahkan ajukan permohonan seperti yang kami jelaskan di halaman Partnership. Mohon tidak mengirimkan komentar spam terus-menerus.

Tulis Komentar