BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Suzuki Jimny 5-Pintu Terdeteksi Uji Jalan, Kabin Lebih Lapang dan Pakai Mesin Hybrid

Suzuki Jimny 5-Pintu - Kamuflase

Share

CaruserMagz.comSuzuki Jimny Generasi-4 yang telah hadir di Indonesia sejak 2019, sudah lama diisukan akan memiliki varian 5-pintu, atau memiliki dimensi yang lebih panjang. Namun itu lebih seperti rumor dan rekaan para seniman render otomotif belaka.

Namun ternyata sosok Suzuki Jimny 5-pintu benar-benar telah terdeteksi sedang diuji jalan di Eropa. Hal itu membenarkan rumor bahwa Jimny memang akan dihadirkan dengan wheelbase lebih panjang.

Off-roader populer yang menjadi mobil impian banyak pecinta otomotif ini, akan kembali menggoda para peminatnya dengan varian 5-pintu yang lebih praktis. Padahal di tengah krisis yang melanda industri otomotif, inden SUV mungil ini telah membuat pabrikannya kewalahan.

Uji jalan Jimny 5-door ini dilakukan di wilayah terpencil di Eropa, namun tidak disebutkan di negara mana. Foto-foto spyshot yang sepertinya sengaja dibocorkan menjadi bahan berharga bagi media otomotif dunia.

Meskipun semua identitas Suzuki ditutup kamuflase, baik di luar maupun di dalam mobil, bentuk khas Suzuki Jimny generasi-4 sangat jelas terlihat.

Semisal dari grill bergaris vertikal di depan, lampu utama bulat, desain velg dengan warna gun-metal, hingga ke bentuk atap dan kaca depan-belakangnya.

Suzuki Jimny 5-Door - Left Side
Suzuki Jimny 5-Door – Left Side

Perbedaan yang terlihat dibanding Jimny 3-pintu yang sudah kita kenal, adalah dari jarak sumbu roda atau wheelbase yang lebih panjang dan jendela tambahan di tengah sisi samping. Selebihnya sama dengan Jimny versi pendek.

Dimensi SUV cakep ini dikabarkan bertambah panjang 225 mm menjadi 3.850 mm dari sebelumnya 3.625 mm, sedangkan dimensi lainnya tetap sama dengan lebar 1.645 mm dan tinggi 1.720 mm.

Suzuki Jimny 5-Pintu - Tampak Samping dalam Kamuflase
Suzuki Jimny 5-Pintu – Tampak Samping dalam Kamuflase

Laporan dari media India menyebutkan bahwa Jimny 5-pintu ini akan memiliki jarak sumbu roda 2.550 mm (100,4 inci), lebih panjang 300 mm (11,8 inci) dari Jimny tiga pintu yang 2250 mm.

Hal itu akan menambahkan ruang kaki secara signifikan untuk penumpang belakang, dan bagasi yang lebih luas untuk barang bawaan. Jadi Jimny ini akan lebih cocok untuk dibawa camping.

Di kokpit, terlihat lingkar kemudi dan dahsboard Jimny yang sudah kita kenal. Namun layar monitor head unitnya nampak jauh lebih besar. Sedangkan metercluster-nya terlihat sama dengan Jimny 3-pintu.

Interior Jimny 5-Door - Kokpit
Interior Jimny 5-Door – Kokpit

Mengenai dapurpacu, Jimny yang lebih panjang ini dikabarkan akan diberi powertrain mild-hybrid, sebagaimana Ertiga hybrid yang memiliki basis mesin yang sama.

Kemungkinan mesin itu adalah mesin K15B 1.462 cc 4-silinder DOHC bertenaga 105 PS pada 6000 rpm dan Torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Mesin tersebut dipadu dengan sistem Mild-Hybrid Suzuki untuk efisiensi yang lebih baik.

Jimny 5-Door - Rear Side
Jimny 5-Door – Rear Side

Suzuki Jimny 5-door ini dikabarkan akan mendapat tambahan nama “Long” mungkin menjadi “Jimny Long” untuk memperjelas kelebihannya dari versi 3-pintu.

Varian Long dari SUV eksotis yang disukai pecinta otomotif di seluruh dunia ini kabarnya akan debut global sekitar akhir 2022 atau awal 2023.

Jimny 5-pintu ini kemungkinan akan diluncurkan bersamaan dengan versi hybrid dari Jimny 3-pintu yang akan hadir dengan perubahan minor pada beberapa bagian dibanding versi 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)