Kia Umumkan Teaser EV6, Mobil Listrik Pertama Berplatform E-GMP

Teaser Mobil Listrik Pertama Kia berplatform E-GMP

CaruserMagz.com – Kia merilis teaser EV6 2022, mobil listrik sepenuhnya pertama berplatform E-GMP, dari brand Korea Selatan yang baru saja mengumumkan transformasi, untuk mengubah kiblat bisnisnya ke era mobil listrik EV.

Kia EV6 ini akan memulai debut pada kuartal pertama sekaligus menjadi debut bagi sang pabrikan dalam mewujudkan fokus baru ke mobil listrik.

Dari teaser EV6 yang dirilis ini, kita menyaksikan mobil listrik berjenis crossover berbadan ramping aerodinamis. Ini akan menjadi small SUV yang gagah sekaligus indah.

Mobil-mobil Kia memang selalu memukau dalam hal desain. Namun ini akan seperti masterpiece yang berbeda, lebih indah, lebih gagah dan lebih menggoda kaum pria maupun wanita.

Teaser Resmi EV Kia - ES6 - Front Look
Teaser Resmi EV Kia – ES6 – Front Look

Di fascia depan, kita melihat lampu Day-time Running Light (DRL) LED yang berbentuk unik, logo baru kia yang cantik dan bentuk kap mesin yang gagah, serta fender berotot yang kekar. Kaca depan landai mengisyaratkan tampilan yang cepat melibas udara.

Di sisi samping, terdeteksi model pintu belakang yang seolah berkonsep coupe. Atap fast-back di belakang dan bodywork yang mengingatkan kita pada model-model crossover Mercy dan BMW terbaru yang seolah menggabungkan buritan sedan dengan tubuh SUV yang kekar.

Kia ES6 2022 - Mobil Listrik Kia diperkenalkan
Kia ES6 2022 – Mobil Listrik Kia diperkenalkan

Tampilan belakang dari teaser EV6 ini menunjukkan seolah seperti paha yang kekar serta bentuk lampu belakang unit yang mencuat di belakang hingga membentuk seperti duck-tail spoiler. Velg berukuran besar dengan desain spoke sporty juga terlihat samar.

Teaser EV6 Kia - Rear end
Teaser EV6 Kia – Rear-end

Nama mobil ini ditampakkan dalam emblem bertuliskan EV6 pada bagian belakang. Hal unik adalah lampu belakang LED panjang, yang kemungkinan adalah lampu sein atau lampu rem dengan model sequential.

Baca juga: Kia Umukan Teaser Lineup Mobil Listriknya

Kia EV6 2022 - Teaser Resmi EV Kia
Kia EV6 2022 – Lampu belakang yang unik

Kia belum mengungkap spesifikasi powertrainnya, namun banyak media memperkirakan bahwa model EV6 ini merupakan saudara dari model EV Hyundai bernama Ioniq-5.

Sehingga bisa diperkirakan bahwa Kia EV6 akan menggendong baterai 58 kWh atau 72,6 kWh, dengan konfigurasi penggerak roda belakang dan ada varian berpenggerak 4-roda, dengan output hingga 302 hp dan torsi sekelas supercar hingga 605 Nm.

Jika jantungpacu-nya akan sama dengan Hyundai Ioniq 5, maka varian berpenggerak 4-roda dapat berakselerasi hingga 100 km/jam dalam 5,2 detik.

Untuk jangkauan jarak tempuh, bisa jadi hingga 480 km (298 mil) dari kondisi baterai penuh hingga harus dicas kembali, berdasarkan hasil uji kendaraan ringan dengan prosedur Worldwide Harmonized.

Kia sebelumnya telah mengumumkan, bahwa penamaam mobil listriknya akan seragam dan konsisten di seluruh dunia, dengan pola yang sederhana.

Untuk mobil listrik sepenuhnya, akan dimulai dengan huruf EV lalu diiringi angka yang menyatakan seri berdasarkan jenis atau urutan dalam lineup-nya. Seperti yang sudah kita lihat ini, akan bernama EV6.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

Tulis Komentar