Renault Kwid Matic dengan Teknologi AMT segera Hadir, Pake Kenop Putar di Dashboard

CaruserMagz.com – Baru saja Renault Kwid diluncurkan di Mall Kota Kasablanka – Jakarta, 19 Oktober 2016 yang lalu. Karena Kwid tergolong urban-car (kendaraan perkotaan), langsung banyak pertanyaan apakah akan ada varian bertransmisi otomatis? transmisi manual tidak begitu diminati lagi oleh masyarakat perkotaan yang tiap hari harus bergelut dengan kemacetan jalan raya.
Transmisi Matic AMT Renault Kwid, kenop putar di Center Cluster – Sumber: rushlane.com 

Tidak seperti Datsun Go yang hingga sekarang tidak ada kelanjutan mengenai isu hadirnya varian otomatis, Renault Kwid transmisi matic akan segera diluncurkan di India pada ajang Auto Expo 2016, November ini. Hal tersebut diberitakan oleh rushlane.com pada rilis hari ini, Selasa, 1 November 2016.

Sebelumnya teaser bentuk perangkat pemindah posisi transmisi otomatis Kwid sudah diumumkan oleh Renault India, seperti pada gambar di bawah ini. Tidak lagi menggunakan tuas transmisi seperti kebanyakan mobil matic yang ada, tapi berupa kenop putar ala kompor gas di center cluster, sekitar panel AC.

Teaser Kenop transmisi matic AMT Kwid yang diumumkan oleh Renault
Teknologi transmisi yang digunakan disebut Automated Manual Transmission (AMT) dengan pengoperasian koplingnya diatur oleh computer. Teknologi AMT ini sudah ada pada Suzuki Karimun Wagon-R, namun pada Wagon-R masih menggunakan tuas transmisi ala tiptronic, sedangkan pada Renault Kwid cukup dengan kenop bulat yang memiliki 3 posisi, yaitu R, N dan D. Model kenop ini memberi rasa-rasa mobil mewah seperti Jaguar dan Land Rover untuk Royal Family di UK. Cukup brilliant, bisa bikin pemiliknya merasa tampil beda.

Transmisi matic 5-percepatan Kwid ini disebut sebagai Easy-R AMT. Transmisi ini memiliki fitur “Creep” atau “Crawl” untuk kondisi stop-and-go, yaitu pada posisi gear di D, mobil bisa berjalan pelan walau pedal gas tidak diinjak.

Di India, varian matic ini hanya tersedia untuk tipe RxT yang bermesin 1000cc, 3-silinder, 85hp/91Nm, sama seperti tipe yang dijual di Indonesia. Mengenai selisih harga dengan varian manual, diperkirakan akan berkisar antara 10-15 juta rupiah.

Ini merupakan signal yang bagus untuk peminat Renault Kwid, Crossover mini bermerk Eropa, khususnya bagi yang tinggal diperkotaan seperti Jakarta, Bandung dan kota-kota provinsi lainnya yang cenderung macet jalannya. Tapi harus sedikit bersabar, karena menurut pernyataan pihak Renault Indonesia di beberapa media otomotif, kemungkinan tercepat Kwid matic ini hadir setahun setelah peluncuran pertamanya.

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *