Perubahan Honda BR-V 2019 Facelift, Apa Bedanya dari Versi Lama

CaruserMagz.com – Honda BR-V 2019 Facelift diluncurkan pada Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat dengan perubahan eksterior dan interior. Apa saja perubahan Honda BR-V 2019 dibanding BR-V sebelumnya? Baca ulasan ini hingga tuntas!

 
Honda BR-V menghadapi persaingan berat di segmen Low SUV sejak kehadiran generasi baru dari Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Belum lagi hadirnya penantang baru dari brand China yang lebih menggiurkan dalam hal fitur, tampilan dan harga, membuat BR-V tampak makin tertinggal.

 
Bahkan di laporan Gaikindo untuk bulan Maret 2019, tak satupun Honda BR-V terkirim ke dealer dari pabrik, menandakan kian sedikitnya minat konsumen pada Low SUV Honda ini.

 
Untuk kembali membuat SUV 7-seater ini standing out di pasar yang kian ramai, Honda melakukan penyegaran pada tampilan eksterior BR-V dan berusaha membuat mobil ini terlihat lebih mewah di bagian interior. Apa saja perubahanya? Berikut daftarnya:

 

Fascia Depan

Pada bagian wajah, Honda mengubah desain grille depan dengan warna yang dominan hitam piano untuk BR-V tipe Prestige dan juga bentuk keseluruhan integrasi lampu dan grill yang baru. Sehingga tampilan wajah Honda BR-V terlihat lebih cakep.

Sedangkan pada tipe E CVT, grill Honda BR-V 2019 ini masih didominasi aksen krom yang besar dan banyak. Mungkin untuk tetap mengakomodasi kesukaan orang Indonesia pada krom yang bertaburan di mobil.

Perubahan juga terlihat pada desain bumper depan, under spoiler, desain Daytime Running Light dengan LED yang semuanya baru. Kosmetik di sekitar Fog Lamp juga terlihat baru dengan garnish krom dan plastik hitam yang meliuk-liuk terhubung dengan garnish hitam di sekujur bagian bawah mobil ini.

 

Bagian Belakang

Di bagian belakang Honda BR-V 2019, perubahan terlihat pada desain bumper belakang yang lebih bold dengan underguard silver yang lebih besar, dan reflector yang kini vertikan pada lekukan bumper.

 

Perubahan Honda BR-V 2019 Facelift - Tampak Belakang
Perubahan Honda BR-V 2019 Facelift – Tampak Belakang

Rear spoiler lebih besar

Pada bagian atas pintu bagasi, terlihat spoiler yang lebih besar dari BR-V versi lama. Selain estetika, harusnya tambahan aksesoris aerodinamika tersebut menambah kestabilan mobil karena downforce pada bagian belakang yang bertambah.

 

Logo Prestige

Untuk memperjelas identitas sebagai varian termahal, Honda menyematkan logo Prestige pada sisi kanan pintu bagasi. Dimana pada versi lama, tidak ada logo tersebut.

 

Aksesoris Bagian Samping

Pada side skirt yang dulunya hanya plastik hitam ditambah aksen silver, kini aksen silver tersebut diganti bermotif piano black yang memanjang. Kemudian di bagian bawah pintu yang berdempet dengan side-skirt, diberi aksen krom.

 

Desain Velg Baru

Honda BR-V 2019 diberi velg dengan desain baru dan dibuat berbeda pada tipe Prestige dan tipe di bawahnya. Dimana pada tipe Prestige dibuat frameless, mengingatkan kita pada velg Wuling Almaz. Sedangankan pada tipe standar tetap dual tone dan terlihat sporty.

 

Perubahan Honda BR-V 2019 Facelift - Velg Baru
Perubahan Honda BR-V 2019 Facelift – Velg Baru

Pilihan Warna Baru

Honda menyediakan warna baru yang cukup nyentrik bernama Premium Amber Metallic, yaitu warna pada unit display yang terlihat pada artikel ini. Atau bisa juga disebut dengan warna Bronze Metalik.

 

Head Unit Baru

Perangkat infotainment Honda BR-V facelift sudah seperti tablet yang ditempel di center cluster dashboard, seperti yang ada pada Honda Mobilio RS dan Honda HR-V, yaitu layar monitor 8-inci Floating Capacitive Touchscreen Display. HU tersebut sudah menggunakan teknologi Smart Connectivity, yaitu bisa terhubung dengan smartphone.

Head Unit pada New BR-V 2019 ini memiliki berbagai kapablitas seperti Radio AM/FM, MP3/WMA, Bluetooth, Smartphone Connection, Aux Input dan USB Port, fitur Web Link untuk membuka ragam aplikasi melalui smartphone, dan display cammera parkir.

 

AC Otomatis

Jika pada versi lama AC Honda BR-V hanya digital tanpa automatic climate control, kini Honda sudah meningkatkan kemampuan pengatur suhu kabin tersebut menjadi lebih baik.

 

Lingkar Kemudi

Pada Honda BR-V tipe Prestige, desain setir mengambil model lawas yang ada pada Honda Jazz dan Civic lama. Mungkin ada yang menyukainya, tapi juga akan banyak yang menganggapnya jadi jadul karena bukan barang baru. Sedangkan pada tipe lainnya, tetap menggunakan model setir seperti pada BR-V sebelumnya.

 

Perubahan Honda BR-V 2019 Facelift - Interior Dashboard
Perubahan Honda BR-V 2019 Facelift – Interior Dashboard

Push Start-Stop Engine Button dan Keyless Entry

Untuk membuat Honda BR-V menyamai para kompetitornya, Honda telah menyematkan tombol start-stop engine yang juga sekaligus fitur keyless entry, dimana untuk membuka pintu tidak perlu lagi dengan anak kunci, tapi cukup mengantongi gadget kunci, lalu menekan tombol pada gagang pintu.

 

Garnish Kulit

Beberapa bagian interior yang sering disentuh pengemudi dan penumpang, sudah dibalut kulit sintesis, antara lain: bagian arm rest pada doortrim, tuas transmisi dan lingkar kemudi.

 

Jok Kulit dan Lebih Tebal

Semua kursi Pada Honda BR-V 2019 sudah lebih tebal dari versi sebelumnya dan pada tipe Prestige telah dibalut kulit. Akhirnya Honda menjawab kritik dari pecinta otomotif pada kursi tipis hingga tulang besi pada kursi bisa diraba. Sehingga tentunya semua kursi BR-V 2019 ini jadi lebih nyaman dibanding versi lama.

 

Tidak Ada Lagi Arm-Rest di Konsol Tengah

Jika pada versi lama ada arm rest di konsol tengah kabin depan, maka bagian itu dihilangkan pada versi facelift 2019. Jadi pada bagian ini, bukan peningkatan tapi malah downgrade. Cukup disayangkan karena arm rest akan sangat berguna bagi pengemudi saat perjalanan jauh.

 
Baca juga:
Honda BR-V 2019 Dipastikan mendapat Facelift
Pilih Honda BR-V atau Mitsubishi Xpander?

 
Di sektor mesin, Honda tidak merubah dapurpacu Honda BR-V 2019 dari versi sebelumnya, yaitu mesin 1.5-liter i-VTEC yang menghasilkan tenaga 118 hp (120 PS) pada 6600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4600 rpm. Mesin tersebut adalah yang paling bertenaga dikelasnya, sebelum kehadiran pesaing baru dari brand China, DFSK Glory 560.

 
New Honda BR-V 2019 disediakan dalam empat varian yakni Prestige CVT, Tipe E-CVT dan E-M/T, serta Tipe S dengan transmisi manual 6-kecepatan. Harganya dibanderol dari Rp 238 juta sampai 279.5 juta.

 

Berikut daftar harga lengkap Honda BR-V 2019 Facelift untuk OTR wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya:

– New Honda BR-V S M/T : Rp 238.000.000,-
– New Honda BR-V E M/T : Rp 252.500.000,-
– New Honda BR-V E CVT : Rp 262.500.000,-
– New Honda BR-V Prestige CVT : Rp 279.500.000,-

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Loading...

Yayan Abdhi

Simply an Automotive Enthusiast who loves to express everything by texting.  Karyawan swasta yang menjadikan menulis sebagai hobby dan keseharian.  Semoga blog ini banyak membantu netizen yang membutuhkan informasi seputar otomotif.

Tulis Komentar