Perbedaan Innova 2020 Facelift vs versi Lama

Perbedaan Innova 2020 Facelift Dibanding Versi Lama (2016-2019), Apa Saja Perubahannya?

Review SUV Toyota

CaruserMagz.com – Apa saja perbedaan Innova 2020 Facelift dibanding versi Innova reborn sebelumnya yang dijual mulai 2016 hingga 2019? Mari kita simak perubahan Toyota Innova facelift 2020 yang membuatnya layak dipertimbangkan untuk dibeli. Banyak reviewer dan media mengatakan bahwa perubahan Innova reborn ini setelah 5 tahun hadir tidak signifikan, benarkah demikian? Mari kita bedah secara detail apa saja ubahannya.

Penyegaran pada Innova Reborn ini adalah setelah 5 tahun sejak diluncurkan, siklus generasi mobil Toyota memang relatif panjang. Merujuk pada generasi pertama Innova yang berumur 10 tahun, maka kemungkinan Innova Reborn ini baru akan berganti generasi di tahun 2025.

Apa yang Baru pada Kijang Innova Facelift 2020? Selain merevisi tampilan eksterior, Innova baru ini juga mendapat tambahan beberapa fitur fungsional dan ubahan tampilan di interior. Sehingga walau minim, nuansa kebaruan sangat terasa baik di luar maupun dalam kabin.

Perubahan Eksterior Innova Facelift 2020

Wajah Baru

Fascia depan mendapat ubahan paling signifikan yang membuat Innova Facelift 2020 ini mudah dikenali, walau secara desain keseluruhan masih sama dengan model sebelumnya. Berikut Perbedaan Innova 2020 pada wajah barunya:

Innova Venturer 2020 Facelift - Harga Naik 13 Jutaan
Innova Venturer 2020 Facelift – Harga Naik 13 Jutaan

Grille Baru – Jika dulu grill Innova adalah bentuk trapesium yang sedikit membulat, kini dirubah lebih ramping dan bergaris lebih tegas. Ini membuat tampilannya lebih sedap dipandang dan terasa lebih gagah.

Housing Lampu Sein – Bentuk rumahan lampu sein kini mendapat aksen hitam glossy dan tidak lagi terintegrasi dengan lampu kabut. Sehingga lampu sein ini terlihat lebih bold pada posisi yang umumnya adalah posisi lampu kabut.

Lampu Kabut – Posisi lampu kabut yang sebelumnya terintegrasi dengan lampu sein dipindah ke bagian bawah bumper dengan bentuk bulat. Pada tipe V ke atas, sudah menggunakan LED sedangkan pada tipe G masih halogen.

Bumper Depan – Bentuk keseluruhan bumper depan berubah total karena perubahan grill dan lampu sein. Pada tipe Venturer bagian bawah bumper berwarna full hitam untuk menambah kesan gagah. Sedangkan pada tipe lain, ada aksen sewarna body yang seolah menjadi bumper guard.

Garnish Hitam di Pintu Bagasi

Ubahan di bagian belakang tidak signifikan, namun untuk memberi ciri pada model 2020, Toyota menyematkan garnish plastik hitam pada sekitar housing plat nomor. Namun aksesoris ini hanya ada pada tipe V dan Venturer, sedangkan tipe G masih polos seperti sebelumnya.

Warna Cat Baru

Ada pilihan warna baru pada Innova model 2020 ini, yaitu Phantom Brown Mica Metallic (Coklat Gelap). Namun sayangnya, ada warna sebelumnya yang dihilangkan, yaitu Avant Garde Bronze (Coklat Muda) dan Alumina Jade (Biru Kehijauan), padahal warna Bronze tersebut sangat menarik dan terlihat mewah untuk mobil pribadi.

Velg Baru

Velg mendapat ubahan signifikan dimana tipe G dan V mendapat spoke baru model kipas berukuran 16 inci, sedangkan tipe Venturer model palang yang terlihat lebih simpel berukuran 17 inci. Keduanya terlihat lebih sporty dibanding versi sebelumnya.

Velg Baru pada Kijang Innova 2020 Facelift
Velg Baru pada Kijang Innova 2020 Facelift

Perubahan Interior Innova Facelift 2020

Head Unit Baru

Ubahan di dalam kabin yang cukup signifikan adalah head unit layar sentuh yang lebih besar dari versi sebelumnya. Tipe Venturer, V dan V Luxury dilengkapi head unit layar sentuh 9-inci dengan fungsi radio, bluetooth, USB port, miracast, koneksi smart-phone dan pengingat tanggal ganjil-genap. Sedangkan pada varian G dan G Luxury dibekali layar sentuh 8 inci dengan fungsi radio, bluetooth, USB port, dan mirroring smart phone.

Fitur Pembaca Saldo E-Money dan Pengingat Tanggal Ganjil-Genap

Head unit Kijang Innova kini punya fungsi pengingat tanggal ganjil-genap yang akan sangat berguna bagi pengendaraan di Jakarta, agar tidak terjebak jalur khusus ganjil-genap. Selain itu, Head unit khusus untuk tipe Venturer disediakan fitur NFC yang sudah ada lebih dulu di Corolla Cross, yaitu fungsi membaca saldo kartu e-money.

Dashboard Innova Facelift 2020 - Tipe Luxury
Dashboard Innova Facelift 2020 – Tipe Luxury

Fitur Integrated Air Purifier

Kijang Innova 2020 varian G Luxury, V Luxury dan Venturer kini dilengkapi fitur pembersih udara kabin. Fitur ini punya berbagai nama lain, misalnya di Honda CR-V disebut Nano-e. Prinsip kerjanya adalah dengan melepaskan ion negatif, untuk menangkap kotoran yang pada umumnya bermuatan positif. Namun perlu diketahuin bahwa fitur ini tidak ada kaitannya dengan virus corona, jadi ia bukan pembasmi virus, karena fitur ini sudah ada pada mobil-mobil lain, sebelum wabah covid-19 muncul.

Captain Seat

Jika dulu kursi captain-seat hanya disediakan untuk tipe Venturer, maka pada Innova 2020, sudah disediakan varian G dan V dengan captain seat, yaitu tipe Luxury. Tipe mewah tersebut juga punya warna interior berbeda, yaitu dominan hitam.

Interior Innova Facelift 2020 - Tipe Luxury dengan Captain Seat dan Warna Hitam
Interior Innova Facelift 2020 – Tipe Luxury dengan Captain Seat dan Warna Hitam

Perubahan Warna Jok dan Door Trim

Warna jok dan beberapa bagian doortrim berubah dari merah bata (orange) menjadi coklat gelap. Bahan armrest di doortrim juga berubah dari bahan kain, menjadi soft-pad sehingga lebih mudah dibersihkan. Tipe Luxury juga diberi warna interior berbeda, yaitu hitam untuk menambah kesan elegan.

Fitur Vehicle Stability Control

Selain fitur-fitur interior, tipe G dan V kini telah dibekali fitur Electronic Stability Control, karena kini fitur pengendalian tersebut telah menjadi standar pada semua tipe.

Varian Baru

Tipe Luxury (G dan V)

Untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang ingin memiliki Innova yang lebih mewah, tapi tidak semahal tipe Venturer, Toyota menyediakan tipe Luxury untuk tipe G dan V. Tipe ini telah memiliki beberapa fitur Venturer, seperti Air Purifier dan Captain Seat. Beda harganya dari tipe G dan V standar adalah sebesar Rp 6,2 juta saja.

Tidak Ada Lagi Tipe Q

Tipe Q yang dulu merupakan varian yang lebih mewah dari tipe V kini dihilangkan, mungkin karena digantikan oleh tipe Luxury. Selain itu, Innova tipe TRD Sportivo juga absen dari versi facelift 2020 ini, namun masih dijual dengan bentuk model lama sebelum facelift.

Perubahan Harga

Harga Kijang Innova Facelift 2020 ini naik cukup banyak dari versi sebelumnya, yaitu sekitar Rp 11 hingga 13 jutaan, tergantung varian masing-masing. Lebih lengkap daftar harganya dan perbandingan dengan harga sebelum facelift, dapat dilihat pada artikel kami sebelumnya.

Baca: Daftar Lengkap Harga Toyota Innova 2020 dan Perbandingannya dengan Harga Sebelum Facelift

Fitur dan Kelengkapan Menarik dari Innova 2020

Terlepas dari hal-hal baru dan Perbedaan Innova 2020 facelift tersebut, ada banyak fitur dan kelengkapan lain yang memang sudah ada pada Innova, dan tetap dipertahankan. Antara lain adalah:

  • Rem Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brake-force Distribution dan Brake Assist (EBD+BA)
  • Vehicle Stability Control (VSC)
  • Kamera Mundur dengan petunjuk arah
  • Hill Start Assist (HSA).
  • Ambient Light (Tipe V, V Luxury dan Venturer)
  • Rear Seat Entertainment berupa layar monitor di konsol tengah (tipe V, V Luxury dan Venturer)
  • Captain Seat dengan meja kecil di kabin baris kedua
  • Jok Kulit (Tipe Venturer)
  • AC Digital Auto (tipe V dan Venturer)

Spesifikasi dan Output Mesin

Yang tidak termasuk Perbedaan Innova 2020 Facelift ini adalah masih mengusung mesin yang sama dari versi sebelumnya, yaitu 2 pilihan dapurpacu sebagai berikut:

  • Mesin bensin 2.000 cc bertenaga 139 ps atau setara 137 daya kuda dan torsi 183 Nm (18,7 kgm).
  • Mesin Diesel 2.400 cc VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga maksimum 149 ps atau setara 147 daya kuda dan torsi 359 Nm (36,7 kgm).

Alasan mengapa tetap memilih Innova – Keunggulan

Innova adalah MPV Medium yang tetap paling laris di Indonesia. Ia menjadi pilihan utama masyarakat karena menjadi mobil yang lengkap secara fungsional dan kenyamaan sebagai mobil keluarga. Mungkin ada banyak mobil lain yang lebih mewah dari Innova, namun berbagai faktor membuat Innova tetap unggul secara penjualan, antara lain karena:

  • Rentang varian yang banyak sehingga bisa mencakup segmen yang luas, dari mobil operasional perusahaan, mobil travel atau rental, hingga sebagai mobil pribadi yang mewah.
  • Jaringan dealer dan servis purna jual yang paling luas, sehingga membuat tentram pemilik mobil ini.
  • Merupakan MPV 7-Seater yang nyaman dan lapang, namun bisa dijangkau dengan harga relatif lebih murah dari kompetitor dari brand Jepang lainnya, Korea atau Eropa.
  • Berpenggerak roda belakang, sehingga dipercaya lebih tangguh.
  • Harga jual kembali yang tinggi.

Kekurangan Toyota Innova 2020

Dari sederetan kelebihan dan keunggulan Innova tersebut, beberapa kekurangan masih dinotis oleh para reviewer otomotif. Antara lain:

  • Harga yang dinilai kemahalan untuk ukuran mobil rakyat, karena dengan uang nyaris 500 jutaan, konsumen sudah bisa berfikir memilih mobil di segmen yang lebih tinggi, misalnya Medium SUV seperti Honda CR-V, Fortuner atau Nissan Terra.
  • Kualitas bahan interior yang terkesan kurang mewah dengan plastik keras, karena mobil lain dengan harga Rp 300 – 500 jutaan telah menggunakan bahan soft-touch.
  • Tipe Venturer, fiturnya masih tergolong minin untuk varian termewah, jika dibanding kompetitor baik di segmen yang sama maupun berbeda.
  • Beberapa hal yang dikiritis, seperti: Pelipatan kursi belakang yang masih kesamping, bobot setir yang masih cukup berat, sehingga kurang bersahabat dengan pengemudi wanita, pembalut jok yang masih berbahan fabric pada tipe V.

Demikianlah review mengenai hal-hal baru dan Perbedaan Innova 2020 facelift, khususnya mengenai perubahan yang membedakannya dari versi 2016 hingga 2019. Semoga informasi ini bermamfaat bagi teman-teman yang membutuhkan informasi dan berminat membeli Innova. Sampaikan pada kolom komentar jika Sobat punya pendapat berbeda, atau ada hal-hal baru yang belum kami paparkan di artikel ini.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar