Mobil Hybrid Toyota - Penjualan Mobil Hybrid Indonesia Bertumbuh

Penjualan Mobil Hybrid Indonesia Bertumbuh Pesat, Toyota Jual Segini

Berita Toyota
CaruserMagz.com – Era baru dunia otomotif saat ini adalah fajar bagi kendaraan berjantungpacu motor listrik. Oleh karena itu setiap produsen otomotif sedang gencar memulai elektrifikasi produk-produknya dan mulai memasarkan mobil-mobil berteknologi listrik, yang dalam tahap awal merupakan kombinasi dari teknologi mesin bakar dan listrik yang disebut “Hybrid“.

 
Di Indonesia sendiri, mobil berteknologi listrik mulai banyak dipasarkan berbagai pabrikan otomotif. Baik dengan teknologi hybrid, plug-in Hybrid, maupun full electric (EV).

 
Beberapa pabrikan yang mulai memasarkan mobil berteknologi listrik di Indonesia, antara lain adalah Toyota, Mitsubishi, BMW dan Mercedes-Benz. Ada juga importir mobil mewah yang memasarkan mobil EV seperti Tesla.

 
Toyota adalah brand yang paling banyak menghadirkan pilihan mobil berteknolgi listrik di Indonesia, khususnya hybrid. Total ada empat mobil hybrid Toyota yang dijual di Indonesia saat ini, yaitu Sedan Corolla Altis dan Camry hybrid, Alphard hybrid dan SUV C-HR Hybrid.

 
Pertumbuhan penjualan mobil hybrid dikabarkan oleh petinggi Toyota Indonesia cukup signifikan pada tahun 2019, meningkat 5 kali lipat dari tahun sebelumnya, yaitu mencapai angka lebih dari 50 unit per bulan.

 
Paling penting, tahun ini penjualan mobil hybrid per bulannya naik lima kali lipat dibandingkan sebelum kami kenalkan C-HR, Camry, dan Corolla. Jadi meski masih kecil, tapi per bulannya sudah di atas 50 unit,” ungkap Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM, pada acara tutup tahun Toyota di Jakarta, Kamis (12/12).

 
Oleh karena itu, Toyota berencana menambah varian mobil berteknologi listrik di tahun mendatang, baik hybrid maupun jenis mobil listrik lainnya seperti PHEV dan BEV.

 
Sayangnya hingga kini mobil-mobil hybrid yang beremisi sangat rendah dan punya efisiensi bahan bakar tinggi masih terkena beban pajak yang tinggi, karena dianggap kendaraan mewah serta bermein ganda. Sehingga hanya bisa dijangkau kalangan menengah ke atas.

 
Baca juga:
Soal Mobil Listrik, Mercedes Benz akur dengan BMW
Mengapa Toyota jadi Brand Mobil Terlaris di Dunia?

 
Toyota menawarkan 5 pilihan varian mobil berteknologi listrik di Indonesia, antara lain: C-HR 1.8 Hybrid Single Tone: Rp 523,35 juta; C-HR 1.8 Hybrid Dual Tone: Rp 524,85 juta; Corolla Altis Hybrid AT: Rp 566,3 juta; Camry 2.5 L AT Hybrid: Rp 809,4 juta; dan Alphard Hybrid.

 
Sedangkan Mitsubishi menghadirkan satu saja, yaitu Outlander PHEV 2.4L dengan banderol harga fantastis, Rp. 1,289 miliar. Sehingga secara harga, Outlander PHEV sudah berada di segmen mobil mewah sekelas mobil-mobil Eropa.

 
Pabrikan Eropa yang telah memasukkan mobil berteknologi hybrid ke Indonesia adalah Mercedes Benz dan BMW. Mercedes-Benz membawa sedan E300 e AMG Line dengan harga Rp 1,899 milyar. Sedangkan BMW menghadirkan 3 pilihan, yaitu BMW i3 120Ah: Rp 1,299 milyar; i8 Coupe: Rp 3,619 milyar; dan i8 Roadster Rp 3,989 milyar.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar