Mobil Baru yang Diluncurkan di IIMS 2017

CaruserMagz.com – Setiap tahun penggemar otomotif dan calon pembeli kendaraan di tanah air punya ajang wisata otomotif tahunan, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) yang untuk tahun ini digelar mulai hari Kamis 27 April hingga Minggu 7 Mei 2017.

 
Pameran otomotif ini menjadi ajang diluncurkannya mobil-mobil baru, facelift maupun mobil konsep yang akan dipasarkan pada masa-masa mendatang.

 
Model-model baru maupun penyegaran dari mobil atau motor yang sudah ada di pasaran adalah hal yang menarik bagi calon konsumen maupun penggiat otomotif. Banyak teknologi baru diperkenalkan, seperti mesin yang lebih bertenaga tapi lebih efisien, fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan yang baru dan lain sebagainya.

 
Hal yang paling menarik bagi calon pembeli mobil atau motor baru, adalah program promosi yang biasanya menjadi perang harga di antara produsen mobil saat pameran berlangsung. Sehingga konsumen mendapat potongan harga yang lumayan besar, jika membuat Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) di pameran tersebut.

 
Hal yang menarik lainnya dari pameran otomotif adalah digelarnya hiburan-hiburan yang terkait dengan otomotif, juga tak luput para gadis belia yang cantik-cantik jelita menjadi hiasan wajib bagi setiap mobil atau motor yang dipamerkan.

 
Tak sedikit orang yang lebih fokus pada hiasan tersebut ketimbang kendaraannya, bahkan hal itu menjadi topic berita tersendiri di beberapa media otomotif ternama.

 
Gelaran IIMS 2017 dibuka oleh Wakil Presiden RI, H. M. Jusuf Kalla didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto. Ini adalah yang ketiga kali bagi Jusuf Kalla membuka pameran IIMS, tahun 2016 yang lalu juga dibuka oleh Pak Kalla yang juga merupakan pengusaha otomotif dengan jaringan delaer Toyota miliknya di Indonesia bagian timur.

 
Ini yang ketiga kalinya saya buka acara IIMS, kenapa saya selalu bersedia? Karena di banyak negara termasuk Indonesia untuk melihat kemajuan ekonomi di suatu negara bisa dilihat dari bagaimana penjualan otomotifnya. Selain penjualan saya harap tahun ini industri otomotif bisa lebih maju, terutama teknologinya,” ungkap Jusuf Kalla pada pidatonya saat meresmikan pembukaan IIMS 2017, Kamis (27/4).

 
Di ajang IIMS 2017 ini, cukup banyak mobil baru yang diluncurkan, seperti pada segmen city car, SUV, sport-coupe dan sedan hingga mobil-mobil mewah dengan harga fantastis. Apa saja mobil baru yang diluncurkan di IIMS 2017? berikut daftarnya:

 

1. Honda CR-V 7-Penumpang

 
Honda CR-V 7-penumpang dengan mesin turbo sudah menggema sejak dipamerkan di Detroid Amerika Serikat pada akhir 2016 yang lalu. Akhirnya medium SUV Honda ini jadi juga dibawa ke Indonesia, sehingga menjadi ancaman serius bagi para kompetitor yang juga menjual SUV 7-seater.

 
CR-V generasi kelima ini mengusung perubahan signifikan pada kapasitas penumpang yang menjadi 7 kursi dan teknologi mesin yang kini menggunakan teknologi turbo, sehingga lebih bertenaga sekaligus lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

 

2. KIA All New Rio 2017 (Generasi ke-4)

 
Hatchback segmen-B yang merupakan mobil KIA paling laris di Indonesia ini mendapat penyegaran yang sangat signifikan, khususnya dalam hal desain eksterior dan Interior. KIA All New Rio yang dulunya bernuansa sporty sekaligus cantik, kini dirubah secara total menjadi bernuansa elegan dan ganteng. Hatchback baru ini diperkenalkan secara global pada Paris Motor Show, September 2016 yang lalu.

 
Baca selengkapnya: KIA All New Rio 2017 Diluncurkan

 

3. Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate CKD

 
Mitsubishi Pajero Sport yang akan dijual di Indonesia kini diproduksi di dalam negeri, yaitu di pabrik baru Mitsubishi Cikarang yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 25 April 2017.

 
Pajero Sport yang di pajang di IIMS 2017 ini adalah varian baru sebagai yang tertinggi yaitu Pajero Sport ultimate dengan fitur yang lebih banyak dari versi CBU Thailand. Sehingga Mitsubishi Pajero Sport CKD ini akan lebih canggih dari para kompetitornya seperti Toyota Fortuner.

 

4. Mitsubishi Triton 2017 CKD

 
Selain Pajero Sport, Pabrik baru Mitsubishi juga akan memproduksi Mitsubishi Triton CKD, yang merupakan mobil double cabin dengan platform yang sama dengan Pajero Sport. Triton 2017 CKD akan disediakan dalam 2 pilihan, yaitu double cabin dan single cabin. Sama halnya dengan Pajero Sport, Triton CKD juga dipamerkan dengan tambahan beberapa fitur.

 

5. VolksWagen Polo 1.2 TSi

 
Hatchback mewah asal pabrikan otomotif Jerman ini dipamerkan dengan tampilan baru berupa penambahan body-kit dan fitur infotainment berupa audio-video head unit layar sentuh.

 

6. Mercedes Benz New GLC 300 Coupe

 
Pabrikan mobil premium asal Jerman, diwakili PT Mercedes Benz Distribution Indonesia, meluncurkan tiga produk barunya. salah satunya adalah Mercy New GLC 300 Coupe. Cukup aneh, mobil ini diberi embel-embel nama Coupe, tapi Mercedes mendesain SUV mewah ini dengan 5 pintu seperti mobil hatchback, bukan 2 pintu layaknya mobil coupe pada umumnya.

 
SUV bertenaga 241 HP ini lebih terlihat seperti sedan dibanding seekor SUV dari bentuk aerodinamisnya, namun ground clearance yang tinggi dan kehadiran over-fender memberikan identitas SUV-nya.

 

7. Mercedes Benz New AMG C43 Coupe

 
Mercedes juga memperkenalkan mobil coupe mewahnya, yaitu pendatang baru bernama New AMG C43 Coupe. Mobil sport ini menawarkan kenikmatan mengemudi dengan hamburan tenaga besar dari mesin 3-liter V6 Twin Turbo hingga 367 HP dan torsi 520Nm. Tenaga dan torsi dahsyat tersebut disalurkan ke roda penggerak dengan transmisi 9G-TRONIC.

 

8. Mercedes Benz New E Class

 
Mercedes E-Class baru juga diperkenalkan di ajang IIMS 2017. Mobil mewah yang juga mirip dengan model AMG ini sudah berstatus CKD, sehingga berharga lebih murah. New E Class ini ditawarkan dengan 4 pilihan mesin yang bertenaga dengan rentang dari 184 hingga 333 HP. Bagi peminat mobil sport yang bernuansa elegan, New E Class ini layak dipertimbangkan.

 

9. Audi A5 Coupe

 
Masih berkisar di pabrikan Jerman, tak mau ketinggalan brand premium Audi, yang diwakili PT Garuda Mataram Motor (GMM), juga memperkenalkan mobil coupe barunya yang bernama All New A5 Coupe. Audi menyematkan fitur Audi Virtual Cockpit pada panel instrumen dan Audi Smartphone Interface pada sistem infotainment.

 

10. BMW 740Li  CKD

 
BMW Group Indonesia memamerkan sedan mewah barunya di ajang IIMS 2017 ini, yaitu BMW 740Li. Fitur andalan yang diperkenalkan adalah Remote Control Parking. Sedan ini adalah varian termewah dari BMW Seri-7 yang ada di Indonesia.  

 
Fitur lainnya yang dibanggakan BMW pada mobil ini antara lain: Executive Lounge Seating dan Parking Assistant. BMW 740Li kini resmi berpasport Indonesia, karena dirakit secara lokal di BMW Production Network 2, Sunter, Jakarta Utara.

 

11. Chevrolet All New Colorado

 
Pabrikan otomotif dari negeri Paman Sam juga menghadirkan mobil barunya, yaitu All New Chevrolet Colorado dengan berbagai fitur keamanan dan keselamatan sebagai andalannya. SUV ini ini disediakan dalam dua pilihan trim dan dua pilihan mesin. Teknologi terbaru yang diperkenalkan adalah  Fixed Geometri Turbo (FGT) pada mesin mobil ini.

 

12. Tata Motor

 
Pabrikan otomotif India diwakili oleh PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) juga tak mau ketinggalan memperkenalkan model barunya, yaitu mobil niaga pikup Super Ace, Tata Xenon RX dan bus LP 407.

 
Itulah daftar mobil baru yang diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show 2017. Mobil untuk konsumen menengah ke bawah tentu lebih akan menarik perhatian banyak pengunjung IIMS, seperti Honda CR-V 7-Seater, Mitsubishi Pajero Sport CKD dan KIA All New Rio 2017. Khususnya bagi calon konsumen yang sedang memburu diskon.

 
Selain memajang mobil-mobil baru, model-model baru yang sudah diluncurkan sebelumnya juga dipamerkan seperti duo kembar LCGC Agya Ayla 2017, Suzuki Ignis dan lain sebagainya. Jadi bagi pengunjung yang berencana mengisi SPK pada gelaran ini juga bisa langsung menbandingkan mobil mana yang akan dipilih dan tentunya tawaran diskon yang menggiurkan.

 
Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar