Mengapa Toyota Kijang Innova Tak Tertandingi untuk Pilihan Mobil Keluarga di Indonesia

Innova tak tertandingi di pilihan mobil keluarga

CaruserMagz.comToyota Kijang Innova adalah mobil legendaris di Indonesia yang hingga saat ini menjadi pilihan utama banyak keluarga. Innova menjadi seperti barometer untuk mobil keluarga yang nyaman dan dianggap berkelas, hingga Kijang Innova tak tertandingi dan banyak orang menjadikannya sebagai mobil impian.

Meskipun tidak juga sedikit bully dan sindiran sadis dari pecinta otomotif atau para hater merek mainstream, yang berusaha memojokkan Kijang Innova sebagai mobil berkualitas rendah, berfitur minim dan berharga kemahalanan. Tapi itu tidak merusak polularitas Innova sama sekali di mata banyak konsumen mobil Indonesia.

Bukan tanpa alasan, hal itu terjadi karena sebenarnya Kijang Innova nyaris tidak memiliki saingan di segmen MPV sedang. Sudah ada beberapa pabrikan yang berusaha membuat kompetitor bagi Innova, tapi itu tetap tidak identik dengan Innova dari banyak hal.

Sebut saja pernah ada Nissan Serena, Nissan Evalia, Mitsubishi Delica, Mitsubishi Grandis, Kia Carnival dan Hyundai Trajet. Namun semuanya tidak bisa bersaing dengan Toyota Kijang Innova karena banyak hal, semisal harga yang terlalu mahal, jaringan servis yang tidak luas, atau kenyamanan yang kurang.

Innova Venturer 2020 Facelift - Harga Naik 13 Jutaan
Innova 2020 Facelift

Alasan Mengapa Toyota Kijang Innova Tak Tertandingi

Lalu mengapa Toyota Kijang Innova tak tertandingi dalam persaingan segmen medium MPV? Beberapa faktor di bawah ini kami kira menjadi pertimbangan utama para konsumen untuk lebih memilih Innova:

1. Harga Terjangkau

Dengan bodi sebesar Innova, kenyamanan kabin yang bagus, luasnya akomodasi dan semua kelengkapan standar yang tersedia pada Innova, harga MPV ini tergolong sangat terjangkau dibanding kompetitornya.

Meskipun pada varian tertinggi, harga Innova Venturer telah melewati angka Rp 400 juta, itu masih tergolong murah jika dibandingkan Kia Sedona, Nissan Serena, atau segmen medium SUV semisal Honda CR-V dan Hyundai Santa Fe. Semua kompetitor itu dibanderol pada rentang di atas Rp 500 juta hingga hampir menyentuh 800 jutaan.

2. Bodi Besar dan Lapang

Meskipun Innova banyak dikritik terkait kualitas bahan interior yang banyak plastik keras dan minim fitur, namun kebutuhan utama konsumen di segmen ini telah terpenuhi dengan lengkap pada Innova.

Sebut saja misalnya kursi yang empuk, kabin yang lapang di setiap baris, fitur keselamatan standar, kenyamanan yang sangat baik dengan suspensi yang empuk, ruang penyimpanan yang berlimpah, bagasi yang luas, pengendalian yang bagus, dan mesin yang bertenaga.

Untuk ukuran yang sama, mobil dari brand lain akan berbanderol sangat mahal hingga hampir 2 kali harga Innova. Belum lagi kabin yang tidak selapang Innova, misalnya pada mobil keluarga dari segmen medium SUV.

Interior Innova Facelift 2020 - Tipe Luxury dengan Captain Seat dan Warna Hitam
Interior Innova Facelift 2020 – Tipe Luxury dengan Captain Seat

3. Mesin Diesel yang Irit dan Bertenaga

Varian yang menjadi favorit dari Innova adalah varian bermesin diesel, karena tergolong irit bahan bakar dan sangat bertenaga. Belum lagi karena harga bbm solar jauh lebih murah dibanding bensin.

Sementara pilihan mobil besar lainnya yang bermesin diesel akan berharga sangat mahal, bahkan ada yang menyentuh Rp 1 M. Sebut saja ada Pajero Sport, Fortuner, Hyundai Santa Fe dan Palisade. Maka Innova sangat unggul dalam persaingan mobil keluarga bermesin diesel.

4. Terbukti Tangguh

Toyota Innova sudah terbukti tangguh di banyak medan jalan. Faktor penggerak roda belakang juga menjadi salah satu keunggulan untuk dijadikan mobil operasional perusahaan, mobil travel atau mobil keluarga.

Bahkan banyak kita dapati Toyota Innova generasi awal dengan odomoter sudah ratusan kilometer, namun masih cukup nyaman dikendarai. Ini adalah bukti durabilitas yang teruji.

5. Level Kenyamanan Tinggi

Kenyaman dengan level mendekati mobil premium adalah selling point yang penting pada Kijang Innova. Bantingan suspensi yang empuk menjadi ciri khas yang dibanggakan para pemilik mobil ini.

Level kenyamanan Innova terasa seperti mobil bersasis monokok, walaupun ini adalah mobil ladder-frame. Level kenyamanan Innova terkenal lebih baik dari segmen medium SUV semisal Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Meskipun dengan bantingan suspensi yang empuk, pengendalian mobil ini tergolong fun. Pengemudi tidak merasa bahwa mobil yang dikendarainya kebesaran, sehingga tetap percaya diri untuk mendahului mobil lain di jalur yang ramai.

6. Layanan Purna Jual dan Ketersediaan Suku Cadang

Layanan purna jual membuat ketentraman hati bagi para pemilik mobil. Toyota adalah raksasa terbesar otomotif di Indonesia, sehingga merek ini memiliki jaringan purna jual hingga jauh di pelosok kota-kota kabupaten.

Hal itu juga membuat banyaknya tenaga pemeliharaan mobil yang sangat familiar dengan seluk-beluk mobil ini. Sehingga perawatan Innova tergolong mudah dan cepat.

Tidak perlu inden berbulan-bulan untuk membeli suku cadang slow moving Innova. Karena suku cadang mobil ini tersedia banyak baik di bengkel resmi, maupun di toko-toko otomotif umum.

7. Resale Value Tinggi

Mobil bekas pasti mengalami penyusutan harga. Namun mobil-mobil Toyota adalah yang paling kecil penyusutannya. Sehingga memiliki mobil ini untuk jangka waktu hingga 10 tahun, masih akan mendapat harga yang cukup baik saat dijual, untuk diganti model terbaru.

Berbeda dari merek lain yang harga mobil bekasnya jatuh gila-gilaan, hingga saat akan mengganti mobil dengan model terbaru, pemilik mobil harus menyediakan uang tambahan yang banyak.

Baca juga: Tips Cerdas Memilih Mobil Keluarga

Itulah beberapa alasan utama yang menyebabkan Toyota Kijang Innova tak tertandingi untuk dijadikan pilihan sebagai mobil keluarga.

Sobat mungkin menyukai mobil mewah dengan kenyamaan setingkat mobil premium, dengan bahan interior serba mewah dan fitur canggih. Namun itu berarti Anda harus menyiapkan uang paling tidak mendekati Rp 1 Miliar.

Namun untuk kebutuhan mobil keluarga yang nyaman dan sudah terasa cukup mewah, tapi bersahabat dengan dompet kepala keluarga dengan penghasilan tidak begitu besar, maka Toyota Kijang Innova adalah pilihan paling logis, khususnya Innova bermesin Diesel.

Demikian, semoga artikel ini bermamfaat bagi Sobat Car Users yang sedang menimbang-nimbang untuk memilih dan membeli mobil keluarga.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar