BLOG INI DIJUAL (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

Kolaborasi Toyota-Suzuki Diperkuat dengan Membangun SUV Hybrid Kembar di India

Kolaborasi Toyota-Suzuki di India

Share

CaruserMagz.com – Toyota Motor Corporation (TMC) melalui laman resminya Global.Toyota, pada 24 Juni 2022, mengumumkan bahwa kolaborasi Toyota-Suzuki akan diperdalam untuk bidang Pengembangan dan Produksi di India.

Kedua Car Maker Jepang tersebut menandatangani nota kesepahaman untuk aliansi bisnis di India pada tahun 2017 silam, dan saat ini telah banyak model rebadge silang dari masing-masing merek, seperti Suzuki Across yang berbasis Toyota RAV4, dan lain sebagainya.

Toyota dan Suzuki menyatukan kekuatan mereka untuk berkiprah di pasar negeri Boliwood dengan Toyota berfokus pada teknologi elektrifikasi dan Suzuki pada teknologi untuk kendaraan kompak untuk mempopulerkan kendaraan listrik.

Selanjutnya kerjasama tersebut akan diperluas dengan membangun kendaraan bersama. Model pertama dari hasil kolaborasi tersebut adalah SUV hybrid yang dikembangkan oleh Suzuki di Toyota Kirloskar Motor Pvt. Ltd. (TKM) mulai Agustus 2022.

Suzuki ACross SUV - Berbasis Toyota RAV4
Suzuki ACross SUV – Berbasis Toyota RAV4

Maruti Suzuki India Ltd dan TKM akan memasarkan mobil baru kembar di India dengan model masing-masing sebagaimana kolaborasi Toyota-Daihatsu di Indonesia.

Selanjutnya, kedua perusahaan tersebut berencana untuk mengekspor model baru hasil kolaborasinya ke pasar di luar India termasuk Afrika.

Untuk teknologi powertrain, model baru tersebut akan dilengkapi sistem hybrid dengan mild-hybrid untuk versi Suzuki dan strong-hybrid untuk model Toyota.

Kolaborasi diharapkan menyediakan berbagai macam teknologi elektrifikasi kendaraan kepada pelanggan dan berkontribusi pada percepatan elektrifikasi dan realisasi masyarakat netral karbon di India.

Ini juga merupakan wujud investasi dalam perluasan kerjasama di India, dengan komitmen pada inisiatif “Make in India” yang dipromosikan oleh pemerintah India, berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan pada visi mencapai emisi nol GRK bersih pada tahun 2070.

Toyota Glanza dan Suzuki Baleno di India
Toyota Glanza dan Suzuki Baleno di India

Kami sangat senang mengumumkan SUV baru bersama Suzuki, sebuah perusahaan yang memiliki sejarah panjang keterlibatan lokal dalam bisnis India. Saat ini, industri otomotif menghadapi berbagai tantangan seperti elektrifikasi dan netralitas karbon.” kata Presiden Toyota, Akio Toyoda.

Dengan memanfaatkan kekuatan masing-masing Toyota dan Suzuki untuk menyediakan pelanggan India dengan berbagai pilihan, kami berharap dapat berkontribusi pada pengurangan emisi CO2 dan mewujudkan masyarakat di mana ‘tidak ada yang tertinggal’ dan ‘setiap orang dapat bergerak dengan bebas.‘” pungkas Toyoda.

Sementara Presiden Suzuki, Toshihiro Suzuki, menyatakan optimismenya pada kolaborasi Toyota-Suzuki ini.

Produksi SUV baru di TKM adalah proyek yang dapat berkontribusi pada pertumbuhan India melalui penyediaan mobilitas ramah lingkungan yang dibutuhkan oleh pelanggan masa depan. Kami menghargai dukungan dari Toyota, dan pada saat yang sama, akan mengeksplorasi sinergi dan peluang bisnis baru melalui kolaborasi berkelanjutan.” papar Suzuki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)