Keunggulan Xpander Dibanding Stargazer dan Veloz, Walau Kalah Canggih di Fitur Safety

Gambar Resmi Mitsubishi Xpander Facelift 2022

CaruserMagz.comKeunggulan Xpander yang Tetap Menarik Dibanding Stargazer – Kehadiran Hyundai Stargazer tak dapat dipungkiri seperti ancaman besar bagi Mitsubishi Xpander.

Pasalnya, Stargazer menambah panjang daftar ketinggalan Xpander dalam hal fitur-fitur canggih, setelah sebelumnya diasapi Toyota Veloz dengan fitur TSS dan T-Intouch-nya.

Mitsubishi Xpander yang pada awal kehadirannya menetapkan standar baru yang lebih tinggi di segmen LMPV dalam hal kenyamanan, build quality dan fitur-fitur, kini tertinggal dalam hal fitur keselamatan dan konektifitas.

Namun Xpander Facelift 2022 masih memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya. Beberapa keunggulan itu adalah ciri khas Xpander yang sulit ditandingi Stargazer dan Veloz.

Sehingga masih ada peluang Xpander untuk tetap dipilih oleh konsumen yang lebih membutuhkan atau menginginkan hal-hal yang merupakan poin plus Xpander.

Berikut kami rangkumkan keunggulan Xpander yang tidak ada pada Hyundai Stargazer atau Toyota Veloz, yang kemungkinan tetap memikat hati konsumen.

Mitsubishi Xpander Putih
Mitsubishi Xpander Putih

Meski Kalah Canggih, Keunggulan Xpander Tetap Menarik dalam Hal-hal Berikut:

Desain Gagah – MPV Bercitarasa SUV

Mitsubishi Xpander adalah satu-satunya LMPV yang bercitarasa SUV dalam hal desain eksterior dan interiornya. Keunggulan khas tersebut tentu memiliki penggemar yang tidak sedikit, karena faktor kegagahan desain berperan besar bagi sebagian konsumen dalam membuat keputusan.

Tampilan eksterior Xpander terlihat lebih gagah dari semua kompetitornya. Karena posturnya yang tinggi dan bentuk keseluruhannya yang lebih jantan.

Sedangkan Stargazer, Veloz, Ertiga, apalagi Wuling Confero, sangat kental nuansa MPV dan van-nya. Bahkan Stargazer dan Veloz lebih berkesan cantik dibanding gagah.

Mengingat pembuat keputusan dalam menentukan mobil yang akan dibeli di kebanyakan keluarga Indonesia adalah kaum laki-laki, sedangkan laki-laki tentu lebih menyukai tampilan kendaraan yang gagah ketimbang cantik.

Modifikasi New Xpander jadi SUV
Modifikasi New Xpander Modif jadi SUV

Suspensi Lebih Empuk

Para reviewer otomotif, dari kalangan jurnalis dan influencer banyak yang menilai bahwa suspensi Xpander adalah yang ternyaman di kelas LMPV. Stargazer yang baru saja hadir tetap tidak mampu menandingi kenyamanan suspensi Xpander.

Baca:  Andika Kangen Band Kritik Pedas Avanza, Begini Tanggapan Toyota Indonesia

Uniknya, suspensi empuk Xpander tidak secara signifikan mengurangi kestabilannya untuk bermanufer. Sedangkan Stargazer dan Veloz memiliki suspensi yang sedikit kaku untuk pengendalian yang lebih baik.

Spesifikasi Suspensi SUV

Pada versi Facelift 2022, shockbreaker Xpander telah diupgrade menjadi setipe dengan milik Pajero Sport dalam hal ukuran, sehingga lebih kokoh dan memiliki karakter kaki-kaki SUV yang sanggup menerjang jalanan tidak rata.

Mungkin karena pada versi sebelumnya, shockbreaker Xpander banyak dikeluhkan bermasalah seperti mudah bocor dan murah rusak. Bahkan Mitsubishi pernah melakukan recall terkait komponen tersebut.

Ground Clearance Tertinggi

Xpander memiliki ground clearance tertinggi di kelasnya, yaitu 220 mm. Sedangkan Veloz 205 mm, Ertiga dan Stargazer 185 mm. GC yang tinggi tersebut menjamin daya jelajah yang lebih baik di jalanan tidak rata, berlubang-lubang atau bahkan off-road.

Sehingga dalam hal kemampuan menempuh perjalanan jauh dengan kontur jalan tidak menentu, Xpander akan lebih handal dibanding kompetitornya. Hal itu memberi rasa tenang pada pemilik mobil, untuk menempuh perjalanan hingga ke pelosok daerah.

Kursi Empuk, Tebal dan Besar

Konstruksi kursi di Xpander lebih proper dibanding semua kompetitornya, karena sandaran kursinya berukuran lebih panjang dan mampu menampung tubuh penumpang berpostur tinggi sekalipun.

Baca:  Aksesoris Resmi Mitsubishi Xpander Disediakan dalam 3 Paket, Ini Daftar Harganya

Sedangkan Veloz dan Stargazer memiliki sandaran kursi yang pendek, sehingga penumpang dengan tubuh tinggi tidak tertopang dengan sempurna hingga bahunya.

Kontur kursi Xpander juga lebih empuk dibanding Veloz, Avanza dan Xenia, sehingga lebih nyaman untuk perjalanan jauh.

Interior Kabin New Xpander Sport - Facelift 2022
Interior Kabin New Xpander Sport – Facelift 2022

Posisi Mengemudi Commanding

Posisi mengemudi Xpander lebih commanding dibanding kompetiornya yang berpostur rendah. Hal tersebut baik bagi visibilitas dan rasa percaya diri pengemudi dalam berkendara dijalanan yang kurang mulus.

Sedangkan pada Stargazer dan Veloz, posisi pengemudi seperti lebih tenggelam karena posisi duduk yang rendah. Itu memang lebih nyaman, tapi mungkin sebagian besar pengemudi LMPV lebih suka posisi duduk yang commanding.

Visibilitas Penumpang Baris Kedua

Visibilitas penumpang baris kedua ke arah depan dan samping mobil lebih baik pada Mitsubishi Xpander ketimbang pada Stargazer dan Veloz. Bagi sebagian penumpang, posisi yang sejajar atau lebih tinggi dari kabin depan memberi rasa lebih aman, ketimbang posisi yang seperti tenggelam di dalam kabin mobil.

Kualitas Bahan Interior

Untuk urusan kualitas bahan interior, sejak awal kehadirannya Xpander memang terasa jauh lebih premium dibanding LMPV Toyota dan Daihatsu. Pilihan warna hitam pada plastik interiornya juga membuatnya tampak lebih solid.

Sedangkan pada Stargazer, nuansa plastik keras terasa kental karena warna plastik interior yang abu-abu. Sementara pada Avanza dan Veloz, kualitas plastik interiornya terasa kurang solid, bahkan terasa ringkih di beberapa sisi.

Beda Interior tipe Sport vs Ultimate - Facelift 2022
Beda Interior Xpander Sport vs Ultimate – Facelift 2022

Kelebihan Fitur Tertentu

Untuk urusan fitur, walau kalah canggih dari rival barunya seperti Stargazer dan Veloz yang memiliki paket ADAS, Mitsubishi Xpander tetap memiliki beberapa fitur fungsional yang tidak dimiliki kompetitor, yaitu antara lain:

  • Fitur Iddle Start-Stop Engine – Mesin mobil akan mati saat mobil berhenti cukup lama. Fitur ini sangat membantu umtuk lebih menghemat bahan bakar.
  • Fitur Cruise Control – Kelebihan Xpander dibanding Veloz adalah bahwa ia memiliki Cruise Control yang sangat berguna mengurangi keletihan kaki dalam perjalan jauh di jalur toll. Fitur ini juga dimiliki oleh Stargazer.
Baca:  Hapus CR-V dari Daftar Mobil Impian! Kubur Impian Punya CR-V karena Dua Alasan Ini

Jaringan Servis Purna Jual

Dalam perbandingannya versus Stargazer, Mitsubishi memiliki lebih banyak jaringan dealer dan servis purna jual dibanding Hyundai. Sehingga lebih memberi rasa aman bagi konsumen dalam hal perawatan mobil, khususnya bagi konsumen yang tinggal di kota kabupaten atau lebih ke pelosok.

Walau Hyundai merupakan merek yang telah lama eksis di dunia, namun di Indonesia ia tetap tergolong baru dan tidak sepopuler Mitsubishi. Faktor popularitas berperan cukup penting untuk menghadirkan rasa tenteram di hati konsumen.

Kesimpulan

Dari ulasan panjang di atas, maka Xpander tetap memiliki poin-poin keunggulan yang membuatnya tetap layak dipertimbangkan untuk dibeli.

Jika bersaing dengan varian menengah ke bawah dari Veloz, Avanza, dan Stargazer atau semua varian Ertiga dan Wuling Confero, Xpander tetap memiliki value for money yang lebih tinggi berkat kenyamanan, fitur-fitur dan ketangguhan kaki-kakinya.

Demikian, jika Sobat Pembaca memiliki pendapat berbeda, atau ingin menambahkan poin-poin keunggulan Mitsubishi Xpander, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar artikel ini.

6 Responses

  1. Tohir says:

    Kok tak ada yg berani kasih adaptif cruiscontrol… Yg sampai kecepatan nol… Ya… Apa mahal fitur itu ya…

    • Yayan Abdhi says:

      Kemungkinan iya, mahal. Karena mobil yang sama-sama pake ADAS, tapi salah satunya punya Adaptive Cruiser Control (ACC) berselisih harga cukup jauh, semisal beda BR-V HS versus HR-V Termurah yang sudah pake ACC, bisa selisih 20 jutaan.

  2. Deny Salim says:

    Setuju.. Memang Xpander lebih menarik dari segi desain eksterior dan interiornya. Terasa lebih tinggi levelnya dari kelas LMPV. Semoga Mitsubishi bakal kasih fitur sensing-sensingan dan konektifitas hp. Velozz, Starngegass, ertigong, apalagi konpero, semua nampak kemayu.. tak suke liatnye..

  3. Boim says:

    Merek Jepang menang merek doank! Urusan kualitas dan fitur mobil Korea jauh lebih baik. Sampe kapan merek Jepang bakal terus pelit fitur?? fitur minim, body kaleng, harga selangit… sombong amat lah merek Jepang…!!

    • Antoni says:

      anjaaayyyyy… Sales Hyundai/MG/Wuling/Kia detected. Atau jangan-jangan fans berat merek non-jepang yang baru bercita-cita beli mobil bekas Korea atau Wuling ini.. hihihihi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *