Honda Civic Gen-11 Ternyata Mengembalikan Ciri Khas Generasi Lawas, Ini Buktinya!

Honda Civic Gen-11 Membawa Ciri Khas Generasi Lawas

CaruserMagz.comHonda Civic Gen-11 Ternyata punya heritage generasi lawasHonda Civic 2022 Generasi ke-11 baru saja diluncurkan di Indonesia pada 28 Oktober 2021, tak lama setelah debut globalnya. Menariknya, Civic generasi baru ini berubah total dari generasi-10 yang sangat sporty.

Menurut pihak Honda, Civic baru ini dibuat lebih sporty dan lebih modern. Namun kebanyakan reviewer otomotif melihatnya lebih ke arah desain yang dewasa dan tingkat ke-sporty-an justru berkurang banyak.

Setelah kami perhatikan lebih detail, ternyata ada aura desain Civic jadul pada Civic gen-11 ini. Ini semacam warisan genetik dari masa lalu yang diwujudkan kembali.

Kami tidak tahu, apakah ada unsur kesengajaan dari para desainer Honda atau semacam assignment dari para petinggi Honda, agar membawa ciri khas desain Civic masa lalu pada versi terbaru ini, atau mungkin ini hanya kebetulan belaka.

Ciri khas desain Civic lawas tersebut ada pada bagian hidung mobil dimana Logo Honda menempel, yaitu kap mesin atau bagian sewarna body yang melengkung ke bawah hingga sejajar dengan lampu utama.

Honda Civic 2022 Gen-11 - Mengembalikan Heritage Legendaris
Honda Civic 2022 Gen-11 – Mengembalikan Heritage Legendaris

Pada Civic terbaru ini, bagian seperti hidung bongkok tersebut tidak sepenuhnya menampung logo huruf H, tapi hanya sebagian saja. Namun itu sudah cukup untuk mengingatkan kita pada ciri khas desain Civic yang legendaris pada Civic Generasi-3 hingga gen-5.

Ciri khas desain Civic yang legendaris tersebut sebenarnya sudah menghilang pada generasi ke-6 hingga ke-10. Namun ternyata kini hadir kembali di generasi ke-11 dengan nuansa yang lebih modern.

Berikut penampakan Civic versi lawas dengan ciri khas tersebut:

Honda Civic Wonder Gen-3 (1983 – 1987)

Honda Civic Wonder Gen-3 (1983 - 1987)
Honda Civic Wonder Gen-3 (1983 – 1987)

Honda Grand Civic gen-4 (1987 – 1991)

Honda Grand Civic gen-4 (1987 - 1991)
Honda Grand Civic gen-4 (1987 – 1991)

Honda Civic Genio Gen-5 (1991 – 1995)

Honda Civic Genio - Gen-5 (1995)
Honda Civic Genio – Gen-5 (1995)

Nah, apakah Sobat Car Users bisa merasakan ciri khas legendaris tersebut? Menurut kami, generasi yang memiliki bagian-bagian yang mirip dengan Civic Gen-11 ini adalah pada generasi ke-5, yaitu pada bentuk headlamp dan grill pada bumper. Hanya saja, tentu secara detail sangatlah berbeda.

Civic Genio merupakan model pertama yang tidak lagi menggunakan bahasa desain mengotak tajam. Tapi sudah aerodinamis, hingga menjadi salah satu model yang long-lasting dan tetap dicintai penggemarnya hingga kini.

Bagimana pendapat Sobat Car Users? Apakah setuju dengan pendapat kami ini? Sampaikan komentar Sobat pada kolom Comment di bawah artikel ini!

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar