BLOG INI DIJUAL, HARGA AWAL : RP 500 JUTA (SILAHKAN DITAWAR) HUBUNGI: 0813 7752 5527

All New Honda Civic Generasi-11 Diluncurkan – Ini Spesifikasi, Harga, Fitur dan Review Perubahannya

All New Honda Civic Generasi-11 Tipe RS Turbo

Share

CaruserMagz.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan All New Honda Civic Generasi-11 untuk pasar Indonesia pada Kamis, 28 Oktober 2021, jam 16:30 WIB secara virtual di Channel YouTube resmi ‘Hondaisme‘.

All New Honda Civic RS Turbo ini merupakan generasi ke-11 dari sedan legendaris Honda yang menjadi rival bebuyutan bagi Toyota Corolla. Model tampilannya bukanlah kejutan lagi, karena versi prototipe Honda Civic Gen-11 ini sudah diumumkan setahun yang lalu, yaitu pada November 2020.

Honda mengatakan bahwa mereka ingin meneruskan warisan legendaris yang sudah dicintai banyak penggemar Civic di Indonesia. Sehingga eksistensi medium sedan ini akan terus dilestarikan, walau segmen sedan mulai meredup karena badai SUV-isasi.

Skema pajak PPnBM baru untuk segmen sedan yang membuat harga mobil sedan jadi lebih murah di Indonesia menjadi angin segar untuk melanjutkan eksistensi sedan-sedan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Khususnya bagi kaum berumur yang suka tampil elegan dengan mobil pipih, nyaman dan bertenaga besar.

All New Honda Civic RS 2022
All New Honda Civic RS 2022

Harga honda Civic RS 2022 Gen-11

Sayangnya, meskipun dengan pajak PPnBM yang turun signifikan untuk segmen sedan, itu tidak membuat harga Honda Civic 2022 generasi baru ini jadi lebih murah dari generasi sebelumnya.

Menurut pihak Honda Indonesia, itu karena perubahan signifikan dan penambahan fitur-fitur canggih yang membuat penurunan harga karena pajak tidak bisa menutupi peningkatan biaya produksi Civic Gen-11 ini.

All New Honda Civic Generasi-11 ini dibanderol Rp 567 juta, lebih mahal Rp 34 juta dari versi lama. Jadi jika tanpa skema PPnBM yang turun, mungkin selisihnya akan mencapai angka 100 jutaan.

Harga tersebut tentunya sudah menggunakan perhitungan pajak emisi yang berlaku 16 Oktober kemarin,” ucap Yusak Billy, selaku Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM dalam acara launching Honda City dan All New Civic RS, Kamis (28/10).

Apa saja Perubahan Civic Generasi-11?

Eksterior

Perubahan tampilan luar sangat signifikan mengingat ini adalah generasi baru. Honda Civic generasi-11 ini terlihat lebih kalem atau lebih dewasa dibanding generasi-10 yang bercitra selera anak muda.

Jadi untuk Civic generasi-10 itu brand konsep-nya lebih ke playful sporty. Sedangkan yang sekarang lebih ke sophisticated sporty, kita mau mobil ini lebih diterima oleh lebih banyak kalangan,” ucap Ferdianto Budiono, Product Strategy Manager PT HPM.

Sepertinya Honda menyadari bahwa segmen sedan, apalagi dengan harga di atas Rp 500 jutaan, lebih cocok dengan selera dan kantong orang-orang yang sudah berumur agak banyak, semisal 45 tahun ke atas. Karena pada usia tersebut keuangan sudah sangat mapan dan selera pada mobil lebih suka pada tampilan elegan ketimbang gagah-gagahan.

Kami kira, penyuka desain Civic Turbo Gen-10 banyak yang tidak akan menyukai gen-11 ini. Karena desainnya bertentangan cukup jauh. Kemungkinan Civic 2022 terbaru ini akan cocok dengan selera penyuka Honda Accord, Toyota Camry atau Corolla Altis.

Honda Civic RS 2022 Turbo - Depan-Belakang
Honda Civic RS 2022 Turbo – Depan-Belakang

Wajah Civic RS Turbo gen-11 ini terlihat lebih kalem dengan ornamen yang lebih minimalis dari model sebelumnya. Grill solid-wings dibuat lebih pipih, sementara grill radiator di bagian bawah jadi lebih besar.

Bagian pada hidung yang menampung logo Honda diubah dari dulunya adalah aksen krom, kini jadi sewarna body. Headlamp juga dibuat lebih pipih untuk tampilan yang lebih elegan.

Di bagian samping, terlihat perubahan pada desain spoke velg. Pada bagian ujung belakang kaca dibuat menyipit ke atas, mengingatkan kita pada Honda Accord. Usaha untuk membuat Civic baru ini tetap memiliki aura sporty terlihat dari velg dan housing spion yang berwarna full hitam. Honda juga menyediakan aksesoris modulo berupa side-skirt hitam di bagian bawah pintu dan bumper depan-belakang.

Di bagian belakang, juga terlihat desain yang lebih kalem dibanding versi lama. Lampu belakang jadi lebih normal layaknya sedan pada umumnya, bumper belakang juga lebih clean tanpa ornamen plastik hitam atau kenalpot palsu. Kami kira bokong Civic gen-10 terlihat lebih modern dibanding gen-11 ini.

Interior

Interior Honda Civic Gen-11 benar-benar berubah dari sebelumnya. Ini juga perubahan dari nuansa sporty, menjadi lebih simpel, elegan dan fungsional. Sangat cocot untuk orang yang menyukai suasana elegan dan simplicity yang mewah.

Nuansa modern terasa kental dengan center-cluster berisi AC Digitan dan Floating Touchsreen Head Unit 9-inci, serta instrument cluster full digital berukuran 10,2-inci.

Interior Civic Turbo 2022 Gen-11 - Dashboard
Interior Civic Turbo 2022 Gen-11 – Dashboard

Di bagian tengah dasboard, ada aksen honeycom berbahan logam yang terbentang horizontal memisahkan panel AC dan Head Unit. Bagian ini menyembunyikan kisi-kisi AC sehingga menambah kesan minimalis yang mewah.

Nuansa kemewahan terasa pada jok empuk berbalut bahan kulit suede yang dikombinasikan dengan bahan fabric pada bagian dalam kursi. Ada pembalut kulit dengan jahitan merah pada arm-rest, doortrim, tuas transmisi dan lingkar kemudi. Pengaturan elektrik 8-arah untuk kursi pengemudi dan 4-arah untuk penumpang, dan ada juga aksen iluminasi merah di doortrim.

Kabin Depan Medium Sedan Honda
Kabin Depan Civic Turbo 2022 Gen-11

Dimensi

Ukuran Honda Civic generasi-11 ini bertambah panjang dan lebar, walau terhitung tidak signifikan. Namun perubahan yang dilakukan ditujukan untuk rigiditas pengendalian yang lebih baik, sehingga medium Sedan ini diklaim lebih fun-to-drive.

DimensiSpesifikasiPerubahan
Panjang4.678 mmMemanjang 33 mm
Lebar1.802 mmBertambah 12,7 mm
Tinggi1.415 mmsama
Jarak sumbu roda2.733 mmmemanjang 35 mm
Jarak ke tanah126 mm
Kapasitas tangki47 liter
Ukuran roda215/50 R17

Mesin

All New Honda Civic RS 2022 ini menggunakan mesin yang sama dengan versi sebelumnya, yaitu mesin 1.5-liter DOHC VTEC Turbo, namun mesin tersebut mendapat peningkatan tenaga sebesar 5 ps menjadi 178 ps pada 6000 rpm dan torsi 240 Nm dari sebelumnya 173 ps.

Tipe mesin1.5L 4-silinder VTEC Turbo
Isi silinder1.498 cc (1.5-liter)
Daya maksimum178 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum240 Nm @1.700-4.500 rpm
TransmisiCVT

Demi impresi berkendara yang berbeda, Honda menyediakan mode mengemudi SPORT untuk tenaga maksimal dan mode ECON untuk konsumsi BBM yang hemat. Untuk rasa berkendara yang lebih sporty, ada juga fitur paddle-shifter yang memungkinkan pengemudi mengatur sendiri rasio gear transmisi-nya.

Fitur Honda Civic Generasi-11

Fitur Eksterior

Bagian luar Civic Turbo RS Gen-11 ini dilengkapi beberapa kelengkapan atau fitur kekinian, antara lain sebagai berikut:

  • Full LED Headlight
  • LED Daytime Running Light
  • LED Turning Signal
  • Auto Foldable Door Mirror berwarna hitam
  • Velg 17-inci – Sporty Matte Black Alloy Wheels
  • Shark Fin Antenna – Hitam
  • Door Handle – Hitam
  • Dual Exhaust Pipe Finisher
  • Rear Combi Lamp dengan LED Light Bars
  • Aksesoris Modulo, terdiri dari: Front Grille Garnish, Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, Rear under Spoiler, Door Visor, Trunk Tray dan Rubber Matt. Namun aksesoris Modulo tersebut tidak tersedia sebagai build-in, melainkan harus dibeli secara terpisah di dealer resmi Honda.
Civic RS Turbo Gen-11 - Lengkap dengan Aerokit Modulo
Honda Civic Generasi-11 RS Turbo – Lengkap dengan Aerokit Modulo

Fitur Interior

Kelengkapan dan fitur-fitur di interior adalah yang lebih menarik dari Ciciv RS Gen-11 ini, yaitu antara lain:

  • Cluster-meter 10.2-inci: Interactive TFT Meter Cluster with Customized Display Setting. Fitur ini menampilkan sebagian besar aktivitas pada mobil, seperti Honda SENSING, sistem navigasi, rear seat reminder, hingga indikasi kondisi lampu kendaraan, misalnya headlight, blinker hazard, dan lampu rem saat menyala. Pengendara pun dapat memilih dua tampilan untuk tachometer dan speedometer dengan round display atau pun bar graph display sesuai keinginan.
  • Aksen honeycomb berbahan logam yang membentang pada dashboard meningkatkan kesan mewah.
  • Head Unit 9-inci – Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio.
  • Panel kontrol A/C Dual Zone Auto A/C
  • Door Armrest dengan Red Stitches
  • Jok Kulit dengan Suede-Leather Combi Trimmed Seat with Red Stitches
  • Red Illumination pada doortrim
  • Steering Wheel berbalut Leather Wrapped
  • Shift Knob
  • LED Map Light
  • USB port pada kabin bagian belakang.

Fitur Keselamatan

Honda Civic RS Gen-11 adalah model yang mendapat paket fitur keselamatan terlengkap di jajaran line-up Honda saat ini. Khususnya pada Teknologi Honda SENSING, yang merupakan rangkaian teknologi keselamatan canggih untuk perlindungan komprehensif, yang meliputi sistem peringatan hingga bantuan mengemudi secara otomatis.

Fitur Honda SENSING pada All New Honda Civic RS meliputi:

  • Collision Mitigation Brake System (CMBS)
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
  • Road Departure Mitigation System (RDM)
  • Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow
  • Auto-High Beam
  • Lead Car Departure Notification System (LCDN).
Fitur Honda Sensing
Fitur Honda Sensing pada Civic RS 2022 terlengkap

Fitur keselamatan dan Pengendalian berstandar tinggi:

  • Honda LaneWatchTM untuk memberi visual area blind spot saat akan berbelok
  • 6 Airbags
  • Struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam
  • Teknologi rem ABS, EBD+BA
  • Hill Start Assist
  • Vehicle Stability Assist
  • Electric Parking Brake
  • Auto Brake Hold
  • Emergency Stop Signal
  • Driver Attention Monitor
  • Seatbelt Reminder untuk setiap baris tempat duduk.

All New Honda Civic telah mendapatkan peringkat bintang 5 dalam tes New Car Assessment Program for Southeast Asia (ASEAN NCAP) dengan skor keseluruhan mencapai 83,47 poin, termasuk uji benturan frontal offset, uji benturan samping, dan evaluasi fitur keselamatan.

Fitur Keamanan

Selain fitur keselamatan, fitur-fitur keamanan pada Civic gen-11 ini juga sudah canggih, antara lain adalah berikut:

  • Honda Smart Key Card sebagai alternatif pengganti remote control yang lebih ringkas dan seamless. Kunci yang berbentuk seperti kartu ini dapat mengakses fitur-fitur terkait.
  • One Push Ignition System
  • Smart Entry System
  • Walk-Away Auto Lock – mobil terkunci otomatis jika pemegang kunci menjauh minimal 1,5 meter.

Pilihan Warna

All New Honda Civic RS 2022 ini ditawarkan dengan 4 pilihan warna, yaitu:

  • Ignite Red Metallic – Merah
  • Meteoroid Gray Metallic – Abu-abu
  • Crystal Black Pearl – Hitam
  • Platinum White Pearl – Putih

Paket Servis Perawatan Berkala

Honda menawarkan pada para pembeli Honda Civic generasi-11 ini berupa pake perawatan berkala. Artinya konsumen akan membayar lebih murah dari biaya servis normal untuk suku cadang dan biaya jasa perawatan rutin mobilnya.

Paket perawatan tersebut disediakan dalam dua opsi, yaitu “Paket Hemat 1” yang meng-cover perawatan selama 4-tahun atau 50.000 km dan “Paket Hemat 2” yang mencakup perawatan selama 8 tahun atau 100.000 km.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected!! (Konten ini Dilindungi)