Datsun akan Bangkit Kembali jadi Mobil Listrik Murah?

Datsun akan jadi merek mobil listrik terjangkau

CaruserMagz.comDatsun akan Bangkit Kembali? – Nasib Datsun yang merupakan merek legendaris dalam grup Nissan timbul-tenggelam di kancah persaingan industri otomotif yang kian keras.

Pada April 2022 lalu, Datsun India dinyatakan dihentikan operasionalnya, setelah 9 tahun dibangkitkan kembali dari kematian yang lama pada 2013 silam.

India adalah negara terakhir dimana Datsun masih eksis hingga 2022. Sebelumnya grup Nissan telah menutup umur Datsun di Indonesia dan Rusia pada 2020 lalu.

Namun belakangan, ada isu Datsun akan bangkit kembali yang berarti bahwa kematian Datsun kali ini masih merupakan mati suri.

Dikabarkan oleh Automotive News, seorang sumber dari Nissan menyatakan bahwa aliansi memiliki rencana yang masih dibahas. Salah satunya adalah kemungkinan Datsun jadi merek mobil listrik murah dari grup Nissan.

Datsun Bangkit kembali sebagai merek EV
Datsun Bangkit kembali sebagai merek EV

Dalam aliansinya dengan Renault dan Mitsubishi, Nissan sedang mengembangkan arsitektur mobil listrik untuk menjadi platform bersama. Aliansi ini berencana menghadirkan setidaknya 35 model EV hingga tahun 2030.

Baca:  Elon Musk: Cybertruck Versi Produksi akan Sedikit Lebih Baik

Membangkitkan kembali merek Datsun adalah salah satu opsi yang menarik untuk merambah pasar mobil listrik terjangkau. Karena itu akan menjaga nama besar merek utama yang hanya akan memproduksi mobil di segmen lebih tinggi.

Jika benar isu ini akan terjadi, maka kemungkinan Datsun akan bertarung melawan Wuling, DFSK, Chery dan merek-merek lainnya yang telah menjadi pemain utama di segmen EV murah, khususnya di China, dan tidak lama lagi akan merambah negara-negara Asia lainnya.

Yayan Abdhi

Seorang pekerja swasta di pelosok Sumatera yang mencurahkan kegemarannya pada dunia otomotif dengan menulis blog. "Semoga blog sederhana ini bermamfaat bagi netizen dan industri otomotif Indonesia."

Tulis Komentar