Tesla Model 3 Dikirim ke Konsumen Akhir Juli 2017, Dipastikan Elon Musk

CaruserMag.com – Elon Musk selaku CEO Tesla Motors telah mengumumkan waktu distribusi Tesla Model 3, sedan entry level mereka. CEO Tesla tersebut menyatakan bahwa produksi Tesla Model3 gelombang pertama akan selesai pada hari Jumat 7 Juli 2017.

 
Elon Musk menambahkan bahwa 30 unit pertama akan diserahkan pada konsumen pada Jumat 28 Juli 2017, dalam seremoni khusus di Santa Barbara, California. Setelah itu, produksi akan ditingkatkan secara eksponensial. Direncanakan 100 unit akan dikirim ke konsumen pada Agustus dan 1.500 unit pada September.

 
Ekspektasi yang diharapkan adalah hingga 35.000 unit hingga akhir 2017. Namun Elon Musk memperkirakan, bahwa hanya 20.000 unit saja yang bisa dicapai hingga Desember 2017. Jumlah itu masih sangat jauh dari daftar inden yang sudah mencapai angka 400.000 calon pembeli yang memesan sedan ini.

 
Tesla Model 3 diperkenalkan ke publik kurang lebih setahun yang lalu pada April 2016. Model 3 akan bersaing dengan sedan  premium segmen-D, seperti BMW 3-Series dan Mercedes-Benz C-Class.

 
Bentuk eksterior sedan ini ada kemiripan dengan pendahulunya yang berbadan lebih bongsor, yaitu Model S dengan body fastback (garis atap meluncur hingga ke bagian belakang) dan handel pintu model flush. Hanya saja Lampu depannya terlihat lebih besar dan tidak ada celah/lubang pada moncong depannya. Ketiadaan mesin di kap depan memungkinkan Model 3 memiliki fitur ‘frunk‘, yang meningkatkan kepraktisan sedan ini.

 
Interior Tesla Model 3 ini terlihat sangat simpel, tidak seperti pada umumnya mobil masa kini yang dipenuhi cluster instrumen di balik lingkar kemudi, panel-panel control seperti AC dan lain sebagainya, para engineer Tesla memadatkan semua fungsi instrument dan display pada layar monitor 15 inci yang terlihat seperti monitor PC yang besar.

 

Tesla Model 3 - Interior
Tesla Model 3 – Interior simpel dan mewah.

Semua pembacaan kendaraan, seperti speedometer, tachometer, rpm mesin dan tingkat daya baterai, termasuk pengaturan temperatur kabin, semua ada pada layar sentuh horisontal berukuran 15 inci tersebut. Monitor ini didedikasikan sebagian besar untuk navigasi dan fungsi infotainment.

 
Konsol tengah juga terlihat polos dengan 2 cupholder dan compartment dengan penutup model flush. Tidak ada tuas atau tombol transmisi terlihat disana. Hal yang memberi identitas mewah adalah full panoramic sunroof yang luas dengan kaca pada atap seolah bersambung sampai ke kaca belakang.

 
Hingga mendekati peluncuran, detail powertrain penggerak mobil ini belum diumumkan. Pada introduksi di tahun 2016 lalu, Musk mengatakan bahwa dengan kondisi baterai terisi penuh, Model 3 mampu menempuh jarak minimal 346 km. Sedangkan performanya bisa menuntaskan 0 hingga 100 km/jam kurang dari 6 detik.

 
Tesla menyiapkan supercharging support yang mampu mengisi ulang baterai dengan lebih cepat sebagai standar. Fitur Autopilot dan standar keselamatan juga disematkan pada sedan ini.

 
Sejak mobil ini sudah mulai bisa dipesan hingga saat ini, daftar inden Model 3 telah mengular tidak kurang dari 400.000 calon pembeli. 30 pelanggan pertama yang beruntung akan mendapatkan mobil mereka saat acara khusus di Santa Barbara, California pada 28 Juli 2017.

 
Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

One thought on “Tesla Model 3 Dikirim ke Konsumen Akhir Juli 2017, Dipastikan Elon Musk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *