Suzuki S-Cross Facelift Indonesia Segera Hadir

CaruserMagz.com – Suzuki SX4 S-Cross merupakan crossover global yang cukup laris di Eropa dan India. Lama setelah debut global di Eropa pada September 2016, akhirnya Suzuki S-Cross facelift hadir juga di Indonesia.

 
Memang belum ada prosesi buka tudung resmi saat artikel ini kami tulis. Namun santer kabarnya sudah menggema di berbagai media mainstream. Dalam hitungan hari, Suzuki SX4 S-Cross facelift 2018 segera diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

 
Crossover andalan Suzuki yang di luar sana disebut facelift 2017 ini, terpaksa disebut facelift 2018 di Indonesia, karena kehadirannya jauh lebih telat dibanding Negara-Negara lain.

 
Suzuki SX4 S-Cross facelift 2018 harusnya berlaga di segmen small SUV. Bersaing dengan Honda HR-V, Nissan Juke dan Mitsubishi Outlander Sport. Namun tampang dan spesifikasi mesin Suzuki S-Cross Indonesia lebih cocok bersaing dengan compact hatchback seperti Honda Jazz, Toyota Yaris Heykers dan Hyundai i20.

 
Facelift pertama dari S-Cross generasi terbaru ini sepertinya hendak memperjelas segmennya, untuk benar-benar berada di pasar compact SUV. Disebut bahwa Suzuki melakukan 12 perubahan yang membedakannya dari Suzuki S-Cross versi sebelumnya.

 
Suzuki SX4 S-Cross facelift 2018 ini akan dijual secara utuh CBU dari India. Jadi tidak akan jauh berbeda dari versi Boliwood. Mengenai perubahan apa saja yang dilakukan Suzuki pada S-Cross baru ini, sudah pernah kami jelaskan setahun silam saat launching di Inggris. Detailnya, silahkan sobat Baca artikel kami ini: Perubahan Suzuki S-Cross Facelift 2017.

 
Melirik versi Eropa, Suzuki S-Cross facelift 2017 disediakan dengan 3 pilihan mesin yang mendapat upgrade signifikan dengan teknologi boosterjet turbocharge, sehingga tenaganya cukup atraktif. Yaitu, Mesin Bensin 1.0-liter – tenaga 111PS, torsi 170 Nm, Mesin Bensin 1.4 liter – tenaga 138PS, torsi 220 Nm, dan Mesin Diesel 1.6 liter DDiS – torsi 320 Nm.

 
Namun ternyata Suzuki S-Cross facelift 2018 Indonesia mendapat mesin yang berbeda, yaitu mesin berkode M15A 1.500 cc 4-silinder dengan tenaga maksimum 109 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui girboks manual 5-percepatan atau otomatis 6-percepatan.

 
Belum ada pengumuman resmi dari PT SIS, berapa banderol harga Suzuki S-Cross facelift ini. Jika melihat harga versi sebelumnya yang pada rentang Rp 256,9 – Rp 259,9 juta, crossover ini lumayan terjangkau dibanding kompetitornya. Kabarnya kenaikan harga hanya sekitar Rp. 7 jutaan saja dari versi lama.

 
Dalam hal harga dan spesifikasi mesin, terlihat bahwa compact SUV Suzuki ini masih akan bersaing dengan compact hatchback. Jadi S-Cross bisa jadi alternatif menarik bagi peminat hatchback seperti Yaris Heykers atau Honda Jazz.

 
Karena dengan budget yang tidak berbeda jauh, sobat bisa memiliki SUV yang nampak gagah, namun suasana interior senyaman sedan layaknya hatchback, desain interior mewah dan bahan berkualitas bagus.

 
Sumber gambar: AutonetMagz.com

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.
Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

One thought on “Suzuki S-Cross Facelift Indonesia Segera Hadir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *