Suzuki Ertiga Generasi ke-2 Hadir pada 2018, Begini Tampangnya!

CaruserMagz.com – Suzuki Ertiga merupakan low MPV yang banyak diminati masyarakat Indonesia, karena menjadi pilihan menarik selain Toyota Avanza. Dirasa sudah cukup lama, Suzuki dikabarkan akan menghadirkan Ertiga generasi kedua pada tahun 2018.

 
Kehadiran Mitsubishi Xpander yang menghadirkan standar lebih tinggi bagi segmen low MPV, cukup berpengaruh pada mengendurnya minat konsumen Indonesia pada Suzuki Ertiga.

 
Hal tersebut dirasa memang harus membuat pemain lama seperti Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Daihatsi Xenia dan Honda Mobilio, mendapat pembaruan yang signifikan. Bahkan segmen low SUV pun cukup mengendur dengan kehadiran Xpander.

 
Tidak di Indonesia, melainkan di India ternyata pihak Maruti Suzuki sudah selesai merancang Suzuki Ertiga generasi kedua yang rumornya akan diluncurkan pada awal tahun 2018 di Indonesia. Sedangkan di India, Ertiga generasi baru ini baru akan sampai pada Agustus 2018.

 
Suzuki Ertiga generasi baru tersebut sudah melalui uji jalan di India dalam balutan kamuflase. Dari foto-foto spyshots yang beredar, IAB’s automotive illustrator Shoes Kalania membuat rendering digital Ertiga 2018 seperti pada gambar di atas.

 
Berdasarkan rendering tersebut terlihat bahwa Ertiga generasi kedua lebih maskulin dibanding generasi sebelumnya. Wajahnya sedikit mengingatkan kita pada Toyota Fortuner generasi pertama. Sedangkan shape tubuhnya mirip Toyota Innova generasi pertama.

 
Ertiga 2018 ini tampil dengan wajah baru yang merubah aura manis generasi sebelumnya jadi lebih ganteng. Lampu utama yang persegi dibuat terintegrasi dengan grill beraksen chrom horizontal. Bumper juga berubah total jadi lebih agresif. Keseluruhan moncong bagian atas tersebut sedikit beraura SUV menurut kami.

 
Di bagian samping, bentuk kacanya masih mirip dengan Ertiga lama. Hal yang baru adalah desain velg dengan spoke lebih ramai dan ukuran lebih besar.

 
Dikabarkan oleh media-media India bahwa Ertiga generasi kedua ini akan memiliki dimensi yang lebih panjang, yaitu 4.296 mm. Namun dengan platform Heartech, menurut Indianautosblog, bobotnya seharusnya jadi lebih ringan dan kestabilan meningkat.

 
Belum ada kabar mengenai dapurpacu varian bensin untuk Ertiga generasi baru ini. Namun ada kemungkinan peningkatan untuk varian diesel dengan menggunakan mesin 1.5-liter milik Suzuki Ciaz.  Jika masih menggunakan powertrain sama dengan yang sekarang, mesin bensin-nya adalah 1.4-liter bertenaga 90 PS.

 
Baca juga: Bagus Mana, Pilih Ertiga atau Mobilio?

 
Semoga saja Suzuki meningkatkan performa Ertiga generasi kedua ini, sehingga mampu bersaing dengan kompetitor seperti Xpander dan Mobilio yang bertenaga di atas 100 ps. Hal yang kami perhatikan adalah banyak ekspektasi masyarakat Indonesia bahwa Ertiga punya tenaga lebih besar agar mereka tidak ragu untuk melahap daerah perbukitan.

 
Jika benar Suzuki Ertiga generasi baru akan seperti gambar di atas, bagaimana pendapatmu sobat? Sampaikan harapan sobat mengenai Ertiga pada kolom komentar!

 
Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.
Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *