Spesifikasi dan Fitur Honda CR-V 7-Seater yang Diluncurkan Di BIMS 2017 Thailand

CaruserMagz.com – Honda New CR-V 2017 7-Seater merupakan generasi kelima dari Medium SUV terlaris Honda. Diperkenalkan secara global di Detroit Amerika Serikat pada akhir 2016 dan mulai diproduksi secara masal juga di Amerika, kini All New CR-V 2017 resmi memasuki pasar otomotif Asia dengan peluncuran pada Bangkok International Motor Show 2017. Menarik untuk ditelisik, apa saja hal-hal yang baru dari spesifikasi, fitur dan performa New CR-V 2017.

 
Dari generasi pertama hingga keempat, Honda CRV selalu berkonfigurasi 5 seater. Sehingga segmen pasarnya hanya bersaing di medium SUV mewah, seperti Mazda CX-5, Hyundai Tucson, KIA Sportage, Suzuki Grand Vitara dan lain sebagainya.

 
CRV dengan 3 baris kursi merupakan suatu breakthrough yang bagus dari Honda, mengingat kapasitas 7 penumpang sudah menjadi kebutuhan pokok pengguna mobil di Asia, khususnya di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan larisnya SUV 7 seater seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan XTrail dan Hyundai Santa Fe.

 
Kembali ke Honda CR-V 2017, mari kita simak apa saja spesifikasi dan fiturnya:

 

Dimensi

 
Secara keseluruhan dimensi New CR-V 2017 ini adalah PxLxT = 4.587 x 1.855 x 1.689 mm. Dibandingkan dengan CRV versi sebelumnya, dimensi tersebut 5 mm lebih panjang, 35 mm lebih lebar dan 39 mm lebih tinggi. Wheelbase atau jarak antar poros roda depan dan belakang juga ditambah 40 mm lebih panjang. CR-V 2017 memiliki ground clearance yang variatif, yaitu 198 mm untuk tipe 2WD dan 208 mm untuk varian AWD.

 

Mesin

 
Di Thailand CR-V 2017 disediakan dua pilihan mesin, yaitu  varian bermesin bensin 2.400 cc dan diesel 1.600 cc. Untuk mesin bensin, Honda masih menggunakan mesin 2.4L i-VTEC tanpa turbo dengan transmisi CVT yang memberikan tenaga maksimum 175 HP dan torsi 225 Nm. Perbedaannya dari Honda CR-V lawas, ada pada transmisi CVT yang diklaim lebih irit konsumsi bahan bakar.

 
Untuk varian bermesin Diesel Honda membekali CR-V 2017 ini dengan mesin 1.6L i-DTEC turbodiesel yang menghasilkan tenaga maksimum 160 HP dan torsi cukup besar 350 Nm, tenaga tersebut disalurkan ke roda penggerak dengan transmisi otomatis 9-percepatan.

 

Eksterior

 
Honda CR-V 2017 bertabur LED pada lampu-lampunya, seperti pada lampu utama depan, lampu jauh dan lampu sein. Lampu belakang dengan bentuk keseluruhan bercabang-3, tapi dari belakang seperti huruf-L memanjang hingga ke pillar-D, lampu belakang ini juga LED.

 

Penampakan Belakang Honda CRV 2017

 
Bentuk keseluruhannya tidak berbeda dengan CR-V 2017 yang sebelumnya sudah dijual di benua Amerika. Hal-hal yang baru antara lain ada pada desain bumper depan dan belakang, jeroan aksen chrom pada wing-face dan tentunya desain velg yang baru.

 

3. Interior

 
Hal yang baru dari interior Honda CR-V 2017 yang diluncurkan di Thailand tentunya adalah 3-baris tempat duduk yang bisa menampung hingga 7 orangpenumpang. Sayangnya kabin paling belakang tidak begitu lega, hingga lebih cocok untuk anak-anak saja. Hal ini juga terjadi pada kompetitornya, seperti Nissan XTrail.

 

Kursi Baris ke-tiga Honda CRV 2017

 
Baca Juga: Honda CR-V 2017 Dirilis di Amerika

 
Di kabin depan, pengemudi dan penumpang dapat mengatur posisi kursinya dengan fitur power adjustable seats, baik untuk maju-mundur maupun ketinggian kursi. Pengaturan sliding dan reclining ada pada kursi baris kedua. Untuk mempermudah akses ke baris ketiga, kursi baris kedua bisa dilipat full ke depan.

 
Kursi baris ketiga dapat dilipat dengan konfigurasi 50:50 untuk menambah ruang bagasi. Sedangkan untuk memberi kesan rata lantai saat kursi belakang dilipat penuh, kompartmen lantai di bagasi dapat dinaikkan sehingga mempermudah peletakan barang bawaan. CR-V 2017 ini tetap mempunyai power back door untuk mempermudah membuka pintu bagasi.

 
Interior CRV 2017 ini dominan berwarna hitam dengan beberapa trim silver dan juga panel model kayu berwarna terang. Lingkar kemudi dibalur kulit hitam sehingga nyaman digenggam. Begitu pun dengan kursi, semunya sudah dibalut cover jok dari bahan kulit yang berkualitas tinggi, sehingga terasa mewah dan nyaman.

 

Dashboard Honda CRV 2017 Tipe Tertinggi – Tanpa Tuas Transmisi

 
Hal yang baru terlihat pada dashboard Honda CR-V 2017 adalah tidak adanya tuas transmisi pada center-cluster tipe otomatisnya, fungsi pemindahan gigi diambil alih oleh tombol-tombol pilihan posisi transmisi. Namun ini hanya untuk tipe tertinggi, sedangkan tipe standard, masih menggunakan tuas seperti versi lawas.

 
Multimedia infotainment system menggunakan layar sentuh TFT 7 inchi, bagusnya Honda masih memikirkan kemudahan pengoperasiannya dengan tetap menyediakan tombol putar untuk pengaturan volume audio. infotainment system tersebut juga sudah applikatif untuk Apple CarPlay dan Android Auto pada tipe termahal. Layar full TFT juga digunakan untuk speedometer di balik lingkar kemudi, sehingga terasa kian mewah.

 

Dashboard Honda CRV 2017 Tipe Standar – dengan Tuas Transmisi

 

Harga

 

Di Thailand Honda CR-V 2017 ini dijual dengan harga sebagai berikut:
Honda CR-V Tipe 2.4 E         : 1.399.000 Bath.
Honda CR-V Tipe 2.4 EL 4WD    : 1.549.000 Bath.
Honda CR-V Tipe 1.6 DT E      : 1.549.000 Bath.
Honda CR-V Tipe 1.6 DT EL 4WD : 1.699.000 Bath.

 
Tertarik menantikan kehadiran medium SUV mewah dari Honda ini di Indonesia? Kemungkinan CRV 2017 ini akan segera diluncurkan juga di tanah air pada April 2017, bisa di even IIMS 2017 atau secara terpisah. Informasi terakhir, harga NJKB-nya sudah terdaftar di situs kementerian perdagangan. Kami juga sudah menerima pemberitahuan dari wiraniaga Honda, bahwa peluncuran di ibukota-ibukota provinsi akan digelar juga pada bulan April 2017.

 
Sayangnya varian CRV 7-seater yang akan dihadirkan di Indonesia baru yang bermesin bensin saja, sedangkan diesel belum ada kabar lebih lanjut. Hanya saja, menariknya salah satu varian CR-V 2017 di Indonesia akan memiliki mesin yang sama dengan versi Amerika, yaitu 1.500cc dengan turbo yang lebih garang dari varian 2.400cc berdasarkan data pada pendaftaran NJKB.

 
Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *