7 Pilihan Mobil Small Hatchback Bekas Berkualitas dengan Harga 100 Jutaan

CaruserMagz.com – Sobat ingin membeli mobil dengan fitur lengkap dan kualitas baik, tapi budget terbatas? Jangan khawatir! tetap ada solusi walau duit sobat tidak cukup untuk membeli mobil baru. Bagi sobat keluarga muda, mahasiswa, lajang agak tajir, atau orang tua yang ingin membelikan anaknya mobil, membeli small hatchback bekas mungkin adalah salah satu solusinya.
Mobil Small Hatchback di Indonesia
Menjamurnya mobil-mobil LCGC mungkin juga jadi solusi, tapi bagi sobat yang tidak suka dengan kualitas LCGC yang seadanya serta fitur yang sangat minim, mobil LCGC tidaklah menarik dan tidak bisa mengakomodir keinginan dan kebutuhan sobat.
Berikut kami rangkumkan mobil small hatchback apa saja yang bisa sobat pilih dengan budget sekitar 100 jutaan rupiah. Kami ambil rentang plus-minus 10 juta, sehingga rentang harganya antara 90 hingga 110 juta.

1. Nissan March 2011 – 2013

Mobil kecil buatan Nissan ini punya tampilan eksterior yang simpel dan banyak yang bilang desainnya girly, sehingga banyak disukai kaum hawa, khususnya remaja. konsepnya yang membulat baik di eksterior maupun interior membuatnya cukup unik.

Nissan March Indonesia-2011-2013
Nissan March 2011 – 2013

Berikut kelebihan dan kekurangan Nissan March:

Kelebihan : Kabin yang lega, bagasi yang luas, nyaman karena bantingan suspensi yang lembut, kursi tebal dan lembut, ada pengaturan ketinggian kursi pengemudi, AC digital pada tipe tertinggi, rem ABS+EBD pada tipe tertinggi.

Kekurangan : Mesin 3 silinder sehingga getaran mesin cukup kasar, head rest kursi belakang tidak memadai, tidak ada cup holder di doortrim pintu belakang, kualitas bahan plastik interior kurang baik, airbags hanya di tipe tertinggi dan hanya untuk pengemudi.
Mesin : 1200 cc, 3 silinder,  Tenaga : 76 HP/ 6000 rpm,  Torsi : 102 Nm / 4000 rpm
Harga : 85 – 110 juta (Tahun Produksi 2011 – 2013)
Baca lebih lengkap review CaruserMagz.com tentang March melalui link ini : Kelebihan & Kekurangan Nissan March

2. KIA All New Picanto 2012 – 2013

Small hatchback karya desainer KIA, Peter Schreyer, ini banyak disebut para reviewer profesional sebagai mobil small hatchback tercantik di kelasnya, tidak hanya di Indonesia tapi juga di Eropa dan negara-negara lain di Asia. Kami pun menyetujui hal itu, desain eksterior KIA All New Picanto yang menawan, rapi dan presisi menunjukkan mobil ini sangat berkelas. Begitupun di bagian interior, kualitas interiornya adalah yang terbaik menurut kami.

KIA All New Picanto Indonesia 2012-2014
KIA All New Picanto 2012-2014

Kelebihan: Desain eksterior yang menawan, kualitas interior yang sangat bagus, build quality yang rapi dan presisi, adanya fitur-fitur unik yang briliant, pelipatan kursi belakang yang bisa rata lantai, mesin 1250 cc 4 silinder yang halus, gesit dan lincah karena tenaga yang besar, peredaman suara dari luar yang baik, head rest yang adjustable pada semua kursi, bantingan suspensi yang lembut.

Kekurangan : Jaringan service yang belum luas, tidak ada airbags, suara ban yang masuk ke kabin, tidak ada cup holder di pintu belakang, audio head unit hanya single din.
Mesin : 1248 cc, 4 silinder,  Tenaga : 87 HP/ 6000 rpm, Torsi : 120 Nm / 4000 rpm
Harga : 95 – 110 juta (Tahun Produksi 2012 – 2013)
Baca ulasan CaruserMagz.com yang lebih lengkap mengenai KIA All New Picanto

3. Mitsubishi Mirage 2012 – 2013

Small hatchback Mitsubishi ini cukup laris dan disukai banyak orang muda. Tampangnya memang terlihat terlalu sederhana dan terkesan kurang kekinian, tapi hal yang menarik dari Mitsubishi Mirage adalah fiturnya yang berlimpah. Karakteristik mesin Mitsubishi yang tarikannya cukup bertenaga juga merupakan hal yang banyak disukai dari mobil ini.
Mitsubishi Mirage Indonesia 2012 - 2015
Mitsubishi Mirage 2012 – 2015
Kelebihan : Banyak fitur canggih seperti AC digital otomatis pada semua tipe, Tombol start-stop mesin pada tipe tertinggi, pengaturan ketinggian kursi pengemudi, Rem ABS+EBD pada tipe tertinggi, kualitas interior yang baik, sasis dari logam yang kuat, tarikan mesin yang baik dan transmisi yang responsif.
Kekurangan : Ban yang tipis membuat mobil ini nampak ringkih, pengendalian yang kurang baik (agak limbung), airbags hanya pada tipe tertinggi dan hanya untuk pengemudi, head rest kursi belakang tidak memadai, tidak ada cup holder di pintu belakang, kursi belakang terlalu tegak sehingga kurang nyaman, mesin 3 silinder yang cukup kasar, peredaman suara yang kurang baik.
Mesin : 1200 cc 3 Silinder  Tenaga : 75 HP / 6000 rpm  Torsi : 100 Nm / 4000 rpm
Harga : 95 – 115 juta (Tahun Produksi 2012 – 2013)
Baca ulasan lengkap CaruserMagz.com mengenai Fitur Mitsubishi Mirage.

4. Suzuki Splash 2010 – 2013

Mobil supermini Suzuki ini cukup unik desainnya. Seperti kebanyakan mobil Suzuki, Splash mempunyai body yang tinggi sehingga memberikan head room yang sangat lega. Bentuk wajah mobil ini banyak disukai kaum wanita karena cukup cantik, walau sebagian orang berpendapat mobil ini nampak aneh dan kurang proporsional bagian belakangnya.

Suzuki Splash

Kelebihan : Mesin 4 silinder yang halus, kualitas interior yang bagus, desain eksterior yang rapi dan presisi, Kursi yang nyaman, kabin yang lega.

Kekurangan : Tidak ada wiper belakang, Odometer yang terpisah diletakkan di atas dashboard cukup mengganggu pemandangan, Tidak ada cup holder di pintu belakang, bagasi yang sempit.

Mesin :  1200 cc 4 Silinder,  Tenaga : 85 HP / 6000 rpm,  Torsi : 113 Nm / 4500 rpm
Harga : 85 – 110 juta (Tahun Produksi 2010 – 2013)

5. Honda Brio 2012

Honda Brio cukup laris meskipun mobil ini cukup mahal untuk ukuran supermini dengan akomodasi tersempit di kelasnya. Faktor brand Honda cukup berpengaruh pada penjualan mobil ini. Tidak dapat dipungkiri desain mobil ini cukup unik, khususnya pada bagian belakang yang seperti dipotong rata.

Honda Brio Indonesia 2012 - 2015
Honda Brio 2012 – 2015

Kelebihan : Pengendalian yang sangat baik, mesin 4 silinder yang halus, fitur keselamatan yang lengkap, tenaga yang cukup besar sehingga gesit dan lincah.

Kekurangan : Kabin yang sempit, desain interior yang tidak menarik atau nampak outdated, kualitas interior yang jelek (plastik kasar), bagasi yang sempit, head rest belakang tidak memadai, head rest depan tidak adjustable, tidak ada cup holder di pintu belakang, value for money yang rendah (mahal).

Mesin :  1200 cc 4 Silinder,  Tenaga : 88 HP / 6000 rpm,  Torsi :109 Nm / 4500 rpm

Harga : 110 – 115 juta (Tahun Produksi 2012)

6. Hyundai i-10

Sepupu KIA Picanto ini mungkin kurang dikenal di Indonesia karena penjualannya yang tidak seatraktif All New Picanto. Harga barunya relatif lebih mahal dan desainnya kurang menarik. Tapi mobil ini bisa jadi pilihan bagi sobat dengan budget sangat terbatas. Karena mobil ini juga mempunyai kelebihan yang cukup menarik.

Hyundai i-10

Kelebihan : Kualitas interior yang baik, kenyaman karena suspensi yang lembut, kabin yang cukup lega, mesin 4 silinder yang halus, kekedapan kabin yang bagus, tenaga besar di kelasnya.

Kekurangan : Jaringan service yang belum luas, inden spare part yang lama, desain yang kurang atraktif,

Mesin :  1248 cc 4 Silinder,  Tenaga : 87 HP / 6000 rpm,  Torsi : 120 Nm / 4000 rpm

Harga : 75 – 110 juta (Tahun Produksi 2010 – 2013)

7. Toyota Etios Valco

Hatchback Toyota ini punya dimensi terbesar di kelasnya, sehingga mempunyai kelegaan kabin yang hampir setara dengan medium hatchack. Sayangnya mobil ini adalah small hatchback yang paling tidak nikmat pengendaliannya dan tidak menarik desain eksterior dan interiornya.

Toyota Etios Valco

Kelebihan : Kabin yang lega, bagasi yang luas, mesin 4 silinder yang halus, jaringan service yang luas sehingga ketersediaan spare part terjamin.

Kekurangan : pengendalian yang tidak menyenangkan pengemudi, desain dashboard yang tidak atraktif, tidak ada tipe transmisi otomatis.

Mesin :  1200 cc 4 Silinder,  Tenaga : 80 HP / 5600 rpm,  Torsi : 104 Nm / 3100 rpm

Harga : 100 – 115 juta (Tahun Produksi 2013 – 2014)
Demikian ulasan CaruserMagz.com mengenai perbandingan small hatchback bekas harga 100 jutaan, semoga membantu banyak calon pembeli mobil, khusunya pembeli pemula yang menginginkan mobil yang berkualitas dan terjangkau. Perlu sobat ingat, artikel ini kami tulis pada bulan Juni 2016, sehingga kemungkinan harga tahun-tahun setelahnya akan lebih rendah, atau dengan budget yang sama, Sobat dapat memilih mobil dengan tahun produksi yang lebih muda.

Jika sobat membutuhkan referensi untuk membeli mobil bekas, bisa membaca artikel kami merikut ini: Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas.

Selamat memilih mobil idaman Sobat dan Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *