Perbedaan KIA All New Rio 2017 Indonesia vs Rio Lama, Apa saja Perubahannya?

CaruserMagz.com – KIA All New Rio 2017 generasi ke-empat akhirnya diluncurkan secara resmi ke pasar otomotif Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, di Kemayoran, Jakarta Indonesia, pada Kamis, 27 April 2017.

 
Peluncuran resmi secara global sebenarnya sudah dilakukan KIA Eropa di ajang Paris Motor Show pada September 2016 yang lalu, yang kemudian sekaligus menjadi debut New Rio di pasar Eropa.

 

Lalu apa saja perubahan pada KIA All New Rio 2017 Indonesia dibanding versi lama, berikut ulasan first impression KIA Rio terbaru, yang membedakannya dari Rio versi generasi ketiga.

 
 

Eksterior

 

Design – KIA All New Rio generasi ketiga yang kita kenal adalah mobil stylist beraroma sporty dengan desain futuritik, unik dan sangat cantik. Sedangkan Rio generasi ke-4 ini lebih ke arah desain elegan ala mobil-mobil Eropa seperti VW Golf atau Polo.

 

Rio 2017 ini seperti saudara kembar-nya Hyundai i20 terbaru dengan body yang memanjang, landai dan bergaris-garis lugas tidak lagi meliuk-liuk. Cukup banyak pecinta desain Rio versi lama yang kecewa dengan perubahan ini, menurut mereka Rio baru ini menjadi biasa-biasa saja, tidak punya keunikan seperti versi lama.

 

Aksesoris Eksterior Depan – Terlepas dari pendapat kebanyakan pecinta KIA All New Rio versi lama, desain KIA Rio 2017 ini sebenarnya cukup menarik bagi mereka yang menyukai mobil berdesain elegan.

 

Apabila kita lihat lebih detail, kelengkapan eksterior Rio 2017 ini lebih modern, seperti adanya projector head lamp yang terintegrasi dengan LED-DRL di dalam rumahan lampu utama yang diberi nama bi-function headlamp. Lampu kabut dengan projector tetap dipertahankan, hanya saja ukurannya terlihat sedikit lebih lebar dari versi lama.

 

Fitur Baru – Hal baru bagi KIA Rio Indonesia pada generasi baru ini adalah hadirnya sun roof dan sun shade pada bagian atap kabin depan. Pada bagian samping, lampu sein LED pada spion juga sudah disematkan.

 

Desain velg kini tidak lagi sporty, melainkan lebih elegan dengan multispoke single-tone color berukuran 15 inchi untuk menampung ban berukuran 185/65 R15. Bentuk kaca samping kini terlihat lebih datar, tidak lagi menukik ke depan seperti pada versi lama. Namun kini ada hiasan list chrom sepanjang bagian bawah kaca.

 

Aksesoris Belakang – Pada bagian belakang, lampu terlihat lebih besar dan berbentuk lebih tegas, sayangnya lampu belakang ini adalah lampu halogen biasa, tidak seperti versi Eropa yang lampu belakangnya adalah LED bermotif boomerang. Kemiringan kaca belakang sepertinya sudah tidak selandai versi lama, sehingga visibilitas kebelakang dari kaca spion dalam, akan lebih baik.

 

Bagian atas pintu bagasi masih mengusung bentuk yang mirip spoiler dengan high mounth stop lamp. Antenna masih sama dengan versi lama, bukan shark fin seperti kebanyakan mobil-mobil terbaru.

 

Defoger dan wiper belakang tetap tersedia sebagai standar. Bagian belakang Rio 2017 ini minus chrom, karena tidak ada aksen chrom sama sekali. Hal yang juga absen adalah sensor parkir yang biasanya ada di sisi kanan dan kiri bumper.

 
 

Interior

 

Design – Interior KIA All New 2017 ini dapat dikatakan berubah total dari Rio generasi ke-3. Dimana dashboard Rio 2017 ini sudah menganut desain interior mobil-mobil Eropa terkini, seperti head unit model floating, meter cluster yang terlihat modern dan bentuk exhaust AC yang terlihat lebih elegan. Bentuk setir juga berubah menjadi seperti setir KIA Carens yang bermotof bulagt pada bagian tengahnya.

 

Interior KIA All New Rio 2017
Interior KIA All New Rio 2017

Perbedaan dashboard Rio 2017 ini dari versi lama adalah posisinya yang lebih landai, sehingga membuat pengemudi berpostur tubuh tidak terlalu tinggi merasa nyaman. Warna dashboar dan doortrim tetap mengusung dual-tone hitam-beige, seperti model lawas, hanya saja bentunya kini terasa lebih elegan. Warna kursi Rio 2017 ini tetap berwarna beige seperti model lama.

 

Hal yang sedikit kurang sedap dipandang dari interior Rio 2017 ini adalah head unit yang sudah bergaya floating, seperti tablet yang ditegakkan di dashboard, sayangnya head unit tersebut hanyalah HU 2DIN dengan layar monokrom seperti MID, bukan monitor touch screen yang sudah dilengkapi navigasi seperti Rio versi Eropa. Namun bagi sobat yang tidak begitu suka dengan layar touchscreen, mungkin ini malah lebih bagus.

 

Selain itu, pengaturan AC yang pake kenop model kompor gas, malah terasa tidak lebih baik dari model sebelumnya yang berbentuk lingkaran. Tombol pengaturan ala kokpit pesawat juga sudah menghilang, sehingga kesan canggihnya berkurang. Pengaturan AC Rio 2017 Indonesia ini jauh dari harapan jika melihat versi Eropa yang sudah pake AC Digital dan tetap dengan tombol-tombol ala kokpit pesawat.

 

Kelegaan kabin – pada Rio 2017 ini dapat diacungi jempol karena lebih lapang dari versi lama, padahal versi lama saja sudah terasa lega. Head rest pada kursi baris kedua kini sudah lengkap 3 buah, termasuk untuk penumpang tengah.

 

 
 

Fitur

 

Penambahan fitur pada New Rio 2017 ini cukup signifikan. Seperti sudah ada Sun-roof dan sun-shade pada atap kabin depan, sudah ada telescopic steering, audio switch dan MID switch pada palang setir, dual SRS-Airbags yang pada versi lama hanya single.

 

Untuk masalah keselamatan, KIA All New Rio 2017 ini tidak perlu dikhawatirkan, karena sudah mengantongi 5-bintang NCAP pada test fitur keselamatan. Namun bagian detail seperti sensor parker luput dari Rio 2017 ini, sehingga bagi sobat yang sudah terbiasa dengan bantuan sensor saat parkir, harus memasang sensor parkir aftermarket jika membeli mobil ini.

 
 

Mesin

 

Untuk urusan dapurpacu, KIA All New Rio 2017 ini ditenagai mesin  1.400 cc 4-silinder D-CVVT Kappa, kapasitas yang sama dengan model lawas. Namun tenaganya sedikit berkurang dengan 100 PS saja pada 6.000 rpm, dan torsi 133 Nm pada 4.000 rpm.

 

Tidak ada kabar dari KIA Mobil Indonesia, apakah Rio bermesin turbo seperti di Eropa akan juga dijual di Indonesia, jadi kemungkinan Rio Indonesia hanya disediakan dengan 1 pilihan mesin.

 
 

Pilihan Warna

 

Untuk warna, masih sama seperti model lama, hanya saja kini KIA Rio 2017 juga disediakan pilihan warna kuning. Berikut pilihan warna Rio 2017: Platinum Graphite (seperti Abu-abu Silver), Aurora Black Pearl (Hitam), Silky Silver, Clean White (Putih), Smoke Blue (Biru), Deep Sienna Brown (Coklat Tua), Signal Red (merah) dan Most Yellow (Kuning).

 
 

Harga

 

Untuk urusan harga, KIA All New Rio 2017 ini cukup meningkat dari versi lama, harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta meningkat 30 jutaan rupiah, yaitu 250 juta untuk tipe manual dan 265 juta rupiah untuk tipe matic.

 

Demikianlah hal-hal yang berbeda dari Rio 2017 dibanding versi lama, semoga informasi ini berguna bagi sobat yag ingin membeli hatchback yang kian elegan ini. Sampaikan pendapat sobat pada kolom komentar artikel ini jika ada.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *